0
79
0
Inilah 5 Manfaat Konsumsi Gula Merah bagi Kesehatan Tubuh
4 months 'ago'

Gula menjadi salah satu bahan pemanis yang tak dapat dipisahkan kegunaannya dalam kegiatan sehari-hari. Biasanya Anda mengkonsumsi minuman teh manis, kue, makanan manis lainnya yang tidak lain menggunakan gula sebagai bahan pembuatannya.

Dari berbagai macam jenis gula, pernahkah Anda mengkonsumsi gula merah? Gula yang sering kali digunakan sebagai bahan pembuatan kue tradisional khas Jawa ini memiliki rasa khas dan bentuknya yang berwarna coklat. Namun, tahukah Anda bahwa tidak hanya menjadi sebagai pemanis makanan, gula juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh?

Kandungan nutrisi dan vitamin dari gula merah nyatanya dapat mendatangkan beberapa manfaat baik bagi kesehatan Anda. Apasajakah itu? Dilansir dari laman livestrong.com, berikut 5 manfaat gula merah untuk kesehatan.

Mencegah dan Mengobati Jerawat

Gula merah yang digunakan sebagai masker ataupun mengkonsumsinya secara teratur setiap hari terbukti dapat mengatasi masalah jerawat membandel. Beberapa nutrisi yang terkandung pada gula merah sangat dipercaya mampu mengatasi dan mencegah munculnya jerawat di wajah ataupun tubuh.

Mencegah Asma

Sifat anti alergi alergi yang ada pada gula merah menjadi salah satu dasar kenapa gula tradisional ini dikatakan bisa mencegah bahkan menyembuhkan penyakit asma. Konsumsilah secara rutin namun dengan catatan tidak berlebihan.

Mencegah Anemia

Mengalami kurang darah atau anemia? konsumsi gula merah setidaknya 1 gram setiap hari bisa bantu Anda dapatkan tubuh sehat serta jauh dari masalah anemia. Gula merah yang dipercaya mengandung sumber zat besi yang baik ini mampu mengatasi masalah kurang darah.

Mencegah batuk dan demam

Jika banyak yang mengatakan bahwa kebanyakan makan gula dapat menyebabkan batuk, gula merah justru mampu mencegah batuk serta demam. Caranya cukup diseduh tau dicampurkan ke menu makanan. Gula merah ini bisa membantu Anda untuk mengencerkan dahak dan membuat batuk cepat reda.

Membantu mengatasi sariawan

Tidak hanya mencegah batuk, gula merah juga mampu mencegah sariawan secara alami, hal tersebut dapat dimaksimalkan dengan tambahan bahan alami yaitu kunyit asam. Caranya segelas kunyit asam dimasak dengan gula merah. Fungsi dari kunyit untuk mencegah peradangan sedangkan gula merah untuk mendinginkan suhu tubuh.
 

Follow Us On :
Lencana
Kongkow