Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Manfaat Madu untuk Menumbuhkan Akar Tanaman

Manfaat Madu untuk Menumbuhkan Akar Tanaman

- Jumat, 05 Juli 2019 | 11:00 WIB
Manfaat Madu untuk Menumbuhkan Akar Tanaman

Madu sudah dikenal dari zaman dahulu kala sebagai makanan yang berfungsi sebagai obat dan sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan antiseptik dan antijamur alami pada madu membuatnya dapat digunakan sebagai hormon untuk mempercepat pertumbuhan akar. Bahkan, manfaat madu ini bisa melawan serangan hama penyakit sehingga tanaman Anda tetap sehat.

manfaat madu

Foto: Shutterstock

Bila Anda berminat untuk mencoba menggunakan madu untuk menumbuhkan akar, cobalah cari tahu resep madu dan cara pembuatannya. Madu yang digunakan sebaiknya madu asli bukan madu hasil olahan atau mendapatkan tambahan zat tertentu pada proses pengemasannya. Komposisi yang digunakan adalah madu dan air dengan perbandingan 1 : 3. Tambahkan satu bagian madu ke dalam 3 bagian air yang telah dididihkan dan didinginkan. Aduk sampai tercampur merata. Masukkan ke wadah yang tertutup rapat dan letakkan di tempat yang kering, tetapi tidak terkena cahaya matahari langsung.

Cara menumbuhkan akar menggunakan madu

  1. Siapkan tanaman

Panjang batang tanaman yang akan ditanam adalah sekitar 15—30 cm dengan hasil potongan memiliki sudut kemiringan 45 derajat, yaitu ujung batang yang akan ditancapkan pada media tanam adalah runcing.

  1. Siapkan media tanam

Anda dapat menggunakan media tanam berbasis tanah atau nontanah. Bila Anda menggunakan media tanam tanah, buatlah lubang dengan pensil atau jari tangan Anda. Pastikan media tanamn Anda gembur dan lembap. Bila Anda menggunakan media tanam rockwool, jenuhkan dulu rockwool dengan air sebelum digunakan. Pastikan ukuran rockwool dan lubang pada rockwool dapat menopang tanaman tadi.

  1. Penanaman

Celupkan ujung batang tanaman ke dalam campuran madu tadi, kemudian tanamlah di media tanam yang telah disiapkan. Jika mau, Anda dapat menutup media tanam dengan plastik yang diberi lubang udara untuk menghindari gangguan hama. Untuk media tanam air, segera setelah mencelupkan ujung batang pada madu, letakkan di media tanam air.

Cari Artikel Lainnya