999 +
0
92
0
5 Inspirasi Bingkisan untuk Kamu yang Peduli Lingkungan
5 months 'ago'

inspirasi bingkisan

Ilustrasi. Foto: pixabay

Memberikan bingkisan menjadi cara yang efektif untuk berbagi kebaikan. Bingkisan biasanya diberikan untuk orang terkasih, seperti orang tua, suami/istri, anak, teman dan pasangan kekasih. Nah bagi kamu yang ingin memberikan bingkisan anti mainstream sekaligus memperhatikan aspek lingkungan, 5 inspirasi bingkisan berikut ini dapat menjadi referensi. 

inspirasi bingkisan

Ilustrasi. Foto: pixabay

1. Makanan dan minuman yang dibuat sendiri

Sebagian orang memberikan hadiah berupa berbagai macam makanan dan minuman ringan yang disatukan dalam bentuk bingkisan atau parcel. Parcel biasanya dibungkus dengan bungkus plastik ditambah hiasan pita plastik. Meskipun terlihat cantik, bungkus dan pita plastik tersebut umumnya tidak digunakan kembali dan berakhir menjadi sampah. Daripada menimbulkan sampah plastik lebih banyak, kita bisa memberikan makanan dan minuman yang kita buat sendiri. Jika membuat kue kering, hasilnya bisa ditaruh dalam wadah stoples, atau untuk makanan basah bisa memakai tempat/wadah makanan yang dapat dipakai ulang. Nah untuk minuman kita bisa menempatkannya dalam botol berulang kali pakai atau tumbler. Cara ini tentunya lebih ramah lingkungan dan bernilai.

2. Barang antik atau barang bekas

inspirasi bingkisan

Kalau kamu mempunyai barang bekas atau antik dengan kondisi yang masih baik, daripada dibiarkan menumpuk tidak terawat lebih baik dijadikan hadiah. Sebelumnya, pastikan barang tersebut bersih dan layak untuk diberikan. Membungkusnya dengan kain atau kertas kado bekas akan membuat tampilan bingkisan ini semakin menarik dan mengurangi timbulan sampah. 

3. Perlengkapan makan ramah lingkungan

inspirasi bingkisan

Peralatan makan dan minum pakai ulang cocok untuk dijadikan bingkisan untuk mendorong kebiasaan ramah lingkungan. Perlengkapan makan dan minum ini antara lain botol minum BPA Free atau tumbler, wadah atau tempat makan ramah lingkungan yang dapat dipakai ulang, sedotan stainless atau bambu, dan set alat makan yang terdiri dari sendok, garpu dan sumpit yang materialnya terbuat dari stainless ataupun kayu.

4. Tanaman hias

inspirasi bingkisan

Tanaman hidup dapat dijadikan bingkisan yang indah secara estetika dan tentunya baik untuk lingkungan. Kehadiran elemen alami ini akan membuat ruangan terasa lebih sejuk, hijau dan tenang. Memberikan tanaman hias dalam terarium akan menjadi bingkisan yang lebih bermanfaat ketimbang memberi bunga plastik.   

5. Paket Wisata

inspirasi bingkisan

Daripada menghabiskan uang untuk membeli hadiah berupa barang yang berpotensi menjadi sampah dikemudian hari, memberikan paket perjalanan atau wisata bagi orang yang terkasih dapat menjadi alternatif. Dengan berwisata akan banyak tercipta pengalaman yang berkesan dan terus terekam dalam ingatan. Agar tujuan ramah lingkungan dapat tercapai saat berwisata, ingat selalu prinsip ini: “Jangan mengambil apapun kecuali gambar, jangan meninggalkan apapun kecuali jejak, jangan membunuh apapun kecuali waktu”.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow