999 +
0
30
0
Jangan Lupa! Cuci Rutin Sedotan Pakai Ulang Kita!
3 weeks 'ago'

Ilustrasi : Istimewa

Gerakan mengurangi potensi timbulan sampah (Less Waste) sekecil apapun kini menjadi perhatian banyak masyarakat kita, terutama anak anak muda yang tengah gandrung menggunakan sedotan pakai ulang atau dikenal juga dengan Reuseable Straw. Ada banyak jenis sedotan pakai ulang yang bisa kita gunakan, mulai dari sedotan stainless steel, sedotan silikon, sedotan kaca, hingga sedotan bambu. Sedotan-sedotan tersebut dibuat dengan menggunakan material yang tidak mudah rusak sehingga dapat digunakan berkali-kali. Meski sedotan-sedotan tersebut tidak mudah rusak, kita tetap perlu merawatnya dengan baik agar sedotan tetap awet, bersih, dan tidak membahayakan kesehatan. Kita tentu nggak mau kalau sedotan yang kita guna ulang malah menjadi sarang kuman, No! Jika masih ada di antara sobat Greeners yang belum tahu cara merawat dan membersihkan sedotan guna ulang, kita punya beberapa tips nih! Mau tahu apa saja tipsnya? Yuk simak tulisan di bawah ini!

Cuci Rutin Sedotan Pakai Ulang Kita. / Foto : Greeners.Co

1. Cuci Sedotan Dengan Air Mengalir

Setelah selesai digunakan, langsung cuci sedotan pakai ulang dengan air mengalir supaya sisa minuman tidak mengendap di dalam sedotan. Mencuci sedotan dengan air yang mengalir dapat mendorong sisa minuman untuk keluar dari dalam sedotan dengan mudah. Taruhlah sedotan di bawah air yang mengalir dari keran, dan biarkan air mengaliri bagian dalam dan bagian luar sedotan. Lakukan hingga sedotan terlihat cukup bersih.

2. Gunakan Sabun Pencuci Piring dan Sikat Kecil Untuk Membersihkan Bagian Dalam Sedotan

Supaya sedotan menjadi lebih bersih lagi, bagian dalam sedotan juga sebaiknya dibersihkan dengan menggunakan sikat khusus sedotan. Gosok bagian dalam sedotan dengan sikat sampai benar-benar bersih dengan menggunakan sedikit saja sabun pencuci piring. Masukkan sikat dari salah satu sisi lubang sedotan sampai muncul di sisi yang lainnya untuk memastikan bahwa seluruh kotoran di dalam sedotan sudah keluar. Jangan lupa juga untuk membilas bagian luar sedotan ya!  Sedotan juga bisa dibersihkan dengan cara direndam di dalam air hangat yang telah ditetesi sabun pencuci piring. Merendam sedotan di dalam air hangat dapat menghancurkan residu yang mengeras atau tertinggal di dalam sedotan.

3. Gunakan Soda Kue

Jika masih menemukan noda membandel menempel di dalam sedotan, gunakan soda kue untuk membersihkan noda-noda tersebut. Bubuhkan sedikit soda kue pada sikat, lalu gosok bagian dalam sedotan dengan menggunakan sikat tersebut. Lakukan hingga bagian dalam sedotan benar-benar bersih tanpa noda.

4. Bilas Sedotan Sampai Benar-Benar Bersih

Setelah dibersihkan, bilas sedotan hingga benar-benar bersih. Jika memungkinkan, bilas sedotan dengan air hangat atau air panas selama beberapa menit supaya sedotan kembali steril dan sisa-sisa sabun pembersih dapat hilang sepenuhnya.

5. Keringkan Sedotan

Setelah selesai dicuci, pastikan sedotan sudah benar-benar kering sebelum sobat Greeners menyimpannya kembali. Jika sedotan pakai ulang disimpan dalam keadaan basah, sedotan bisa berjamur dan rusak. Keringkan sedotan dengan cara menaruh sedotan dalam posisi berdiri supaya air di dalam sedotan bisa menetes. Pastikan lubang bawah sedotan tidak tertutup ketika sedotan sedang dikeringkan. Setelah kering, simpan sedotan di tempat yang aman supaya tidak mudah rusak.

Nah, tidak sulit kan untuk merawat dan membersihkan sedotan pakai ulang? Ayo kita rawat sedotan pakai ulang sebaik-baiknya supaya sedotan selalu bersih dan juga sehat bagi penggunanya.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow