999 +
0
35
0
Selamatkan Gaji Kamu dari Keborosan, Lakukan 5 Hal Sederhana Ini
4 months 'ago'

Dari sekian banyak momentum yang bisa dilakukan kala mendapat gaji, berbelanja menjadi salah satu kegiatan menyenangkan khususnya bagi perempuan. Hingga kadang terbersit pemikiran "padahal masih di awal bulan, tapi kok tiba-tiba sudah habis saja?"

Waduh gawat nih, jangan sampai kebiasaan itu terus berlanjut ya! Buat kamu yang kesulitan menahan diri untuk tidak boros, cobalah memperhatikan tips-tips berikut ini.

1. Buat to do list

Pentingnya membuat to do list bukan cuma kamu lakukan saat akan liburan saja, saat gajianpun kamu tetap harus membuat rincian apa saja yang akan kamu lakukan. To do list juga membuatmu bisa berpikir dua kali untuk membeli sesuatu dan kamu putuskan saat sudah mendapatkan uang tersebut. Contoh, kamu ingin membeli sepatu A namun karena sepatu kamu masih bagus, jadi kamu tunda, atau kamu alokasikan untuk membeli sandal karena sandalmu saat ini sudah tidak bisa digunakan.

2. Atur nominal keluar masuk

Jika sedang tidak dalam keadaan darurat, ada baiknya kita menanamkan perilaku pengeluaran harus lebih kecil dari pemasukan. Memang akan terasa berat jika belum terbiasa, namun kamu sudah bisa mencobanya pelan-pelan. Contohnya, jika kamu terbiasa menghabiskan sebagian besar pendapatan di awal bulan, cobalah untuk menahan keinginan membeli ini itu sampai ke tengah bulan atau akhir bulan. Atau, kamu sudah bisa membagi-bagi mana saja yang akan kamu sisihkan untuk kebutuhan rutin, untuk keinginan kamu, dan sisanya kamu simpan.

3. Membuat dua rekening

Jika mengatur dengan beberapa kebutuhan membuat kamu pusing, kamu tetap bisa menjaga agar uangmu tidak hangus dalam sekejap dengan menggunakan dua rekening. Sistem penggunaan yang satu ini cukup efektif jika kamu termasuk yang tidak suka mengatur-atur terlalu banyak hal, sebab kamu cukup menggunakan satu rekening untuk keperluan sehari-hari, dan satu lagi adalah simpanan yang tidak boleh kamu ganggu gugat kecuali dalam keadaan mendesak.

4. Menggunakan m-banking

Kehadiran mobile banking memang mempermudah segala urusan tanpa membuat kita repot bolak-balik ke bank, tapi karena kemudahan itu pula justru membuat kita berpikir bahwa uang yang kita keluarkan nominalnya sedikit. Hati-hati ya, karena justru kemudahan itu bisa membuat kamu semakin boros. Saran, lebih baik menggunakan m-banking khusus untuk pembayaran tertentu saja yang tidak bersifat rutin. Dan biasakan untuk selalu mengecek mutasi agar kamu bisa mengetahui pengeluaran apa saja yang sudah kamu gunakan.

5. Hindari kartu kredit

Penggunaan kartu kredit memang sangat amat mempermudah dalam transaksi, bahkan kamu tidak perlu pusing memikirikan nominal belanjaan saat akan membayarnya. Namun benarkah demikian? Nyatanya, ada banyak yang tidak bisa mengatur cicilan kartu kredit mereka yang membengkak dan malah menyiksa diri dengan melepas gaji begitu saja tanpa kita gunakan untuk keperluan lain terlebih dahulu.

Yang terpenting adalah sisihkan dulu uang yang kamu dapatkan baru kemudian belanjakan, jangan sebaliknya.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow