999 +
0
22
0
Biopack, Wadah Telur Yang Bisa Menjadi Tanaman
3 weeks 'ago'

Foto : georgebosnas.com

Banyak cara kreatif yang bisa dilakukan untuk mengurangi timbulan plastik sekali pakai. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh seorang desainer asal Yunani, George Bosnas, yang baru saja meluncurkan Biopack. Biopack adalah sebuah wadah karton telur yang terbuat dari campuran bubur kertas dan benih tanaman, sehingga menjadikan kemasan telur ini sangat ramah lingkungan. Menariknya, setelah digunakan, wadah karton ini dapat ditanam langsung ke tanah untuk menumbuhkan tanaman.

Menurut Bosnas, inspirasi di balik Biopack berasal dari berbagai permasalahan yang ada dalam proses daur ulang sampah plastik. Komunitas dan warga di seluruh dunia memang berusaha untuk melakukan daur ulang produk sekali pakai, proses yang sebenarnya cukup rumit dan mahal, namun malah biasanya tidak ramah lingkungan seperti yang diperkirakan. Proses yang sulit dari awal hingga akhir, daur ulang ( atas produk sekali pakai, red.) sejatinya melibatkan banyak organisasi, termasuk transportasi, pemilahan, pemrosesan, dan konversi bahan menjadi barang baru untuk, sekali lagi, diangkut kembali ke pasar.

Melalui pemikiran Bosnas, bentuk daur ulang yang paling benar dan paling ekologis, adalah mengambil produk sekali pakai dan secara alami mengubahnya menjadi bentuk lain secara ekologis pula, sehingga bermanfaat positif bagi lingkungan. Biopack adalah kemasan yang dirancang untuk menjadi produk ekologis di setiap tingkatan. Gagasan dan tujuan utama Biopack ini adalah menciptakan produk yang benar-benar ramah lingkungan.

Foto : georgebosnas.com

Biopack terbuat dari campuran bahan yang terdiri dari bubur kertas yang sudah dibersihkan, tepung, pati dan benih tanaman yang sudah tergabung di dalamnya. Setelah telur digunakan, alih-alih membuang wadah atau mengirimkannya untuk didaur ulang, wadah karton ini dapat ditanam ke tanah. Dengan sedikit penyiraman, bekas kemasan Biopack secara alami akan menumbuhkan benih yang terkandung di dalamnya menjadi tanaman hijau, proses ini akan memakan waktu sekitar 30 hari.

Menurut Bosnas, kemasan berkelanjutan Biopack ini tidak hanya menciptakan sistem siklus penuh yang mengubah sebuah bekas kemasan menjadi tanaman, tetapi dengan menanam tanaman jenis ‘legumes’ yang terkandung di dalam Biopack, dapat membantu meningkatkan kesuburan tanah. Melalui produk Biopack yang inovatif dan sederhana ini Bosnas telah memenangkan kontes ‘Young Balkan Designers’ tahun 2019.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow