0
26
0
7 Manfaat Penting Tanaman Marjoram, Bisa Bikin Tidur Nyenyak Loh!
3 weeks 'ago'

Ternyata punya segudang manfaat

7 Manfaat Penting Tanaman Marjoram, Bisa Bikin Tidur Nyenyak Loh!zdrowie.tvn.pl

Selama berabad-abad, marjoram telah menjadi makanan pokok masakan Eropa. Rasanya terkait erat dengan oregano. Bahkan, oregano diklasifikasikan sebagai "marjoram liar" yang menunjukkan betapa dekatnya mereka satu sama lain. Dikenal secara ilmiah sebagai Origanum majorana, marjoram adalah tanaman asli dari distribusi geografis yang sangat terbatas karena hanya ditemukan di Turki dan Siprus. Biasanya, tanaman ini diambil daunnya untuk dimasak. Tanaman ini pun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut di antaranya.

1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

7 Manfaat Penting Tanaman Marjoram, Bisa Bikin Tidur Nyenyak Loh!english.newstracklive.com

Marjoram dapat meningkatkan fungsi pencernaan. Saat dikunyah, marjoram akan meningkatkan produksi air liur sebagai awal mula proses pencernaan. Lalu, marjoram pun meningkatkan sekresi sari-sari lambung di perut dan meningkatkan pengosongan lambung. Hal itu pun membuat makanan masuk ke usus lebih cepat. Karena fungsinya ini, marjoram sangat berguna untuk memperbaiki nafsu makan, terutama untuk yang susah makan

2. Mendukung kesehatan jantung

7 Manfaat Penting Tanaman Marjoram, Bisa Bikin Tidur Nyenyak Loh!health.harvard.edu

Marjoram juga bermanfaat besar bagi jantung dan seluruh sistem peredaran darah. Itu berkat banyaknya nutrisi antioksidan. Nutrisi ini membantu mengurangi dampak oksidatif dan inflamasi pada struktur kritis. Itu sebabnya aterosklerosis (radang pada pembuluh darah) tidak terjadi dengan cepat. Sifatnya yang menenangkan juga dapat membantu kondisi jantung hiperspastik sehingga memungkinkan untuk mengurangi denyut nadi. Di daerah asli marjoram tumbuh berlimpah pun penduduknya memiliki tingkat penyakit kardiovaskular yang relatif lebih rendah. Hal tersebut dibandingkan dengan rata-rata di seluruh dunia.

3. Meningkatkan kontrol glukosa darah

7 Manfaat Penting Tanaman Marjoram, Bisa Bikin Tidur Nyenyak Loh!ehealth.eletsonline.com

Untuk pengidap diabetes tipe 2, marjoram mengandung enzim spesifik yang berkontribusi untuk meningkatkan pembacaan glukosa darah. Hal tersebut nantinya akan meningkatkan kesensitivitasan insulin. Perkembangan resistensi insulin adalah rintangan utama yang dihadapi penderita diabetes.

4. Meningkatkan kualitas tidur

7 Manfaat Penting Tanaman Marjoram, Bisa Bikin Tidur Nyenyak Loh!nutritionreview.org

Apakah kamu kesulitan tidur? Jika demikian, kualitas tidur akan membaik dengan memakan daun marjoram. Mungkin efeknya tak langsung signifikan, namun kamu akan merasa ada perubahan jika mengonsumsi dalam jumlah banyak. Kamu pun bisa menggunakan minyak atsiri marjoram di sekitar rumah atau mengoleskannya ke tubuh bagian atas. Kamu bisa melakukannya dengan pijatan yang menenangkan untuk tidur. Jika kamu mencari pilihan alami dan aman untuk membantumu tidur, pilihlah marjoram.

5. Mengatur siklus menstruasi

7 Manfaat Penting Tanaman Marjoram, Bisa Bikin Tidur Nyenyak Loh!vw.ufik.co

Marjoram memiliki manfaat pada kesehatan hormonal wanita, yaitu membantu mengatur kesehatan menstruasi. Itu karena marjoram bersifat emmenagogue atau merangsang menstruasi. Marjoram pun membantu wanita mengatasi gejala PMS, bahkan menopause pada lanjut usia.

6. Mencegah infeksi kulit

7 Manfaat Penting Tanaman Marjoram, Bisa Bikin Tidur Nyenyak Loh!newsorbiter.com

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, marjoram memiliki sifat antimikroba yang dapat mencegah infeksi. Kamu bisa mengaplikasikannya pada luka atau memar kecil. Marjoram pun bisa mempercepat proses penyembuhan alami dan meminimalkan bekas luka.

7. Sebagai diuretik alami

7 Manfaat Penting Tanaman Marjoram, Bisa Bikin Tidur Nyenyak Loh!mstrust.org.uk

Tak lama setelah mulai mengonsumsi marjoram, kamu akan melihat salah satu efek yang paling menonjol, yaitu meningkatnya intensitas buang air kecil. Manfaat ini sebenarnya cukup berguna, terutama orang dengan batu ginjal. Diuretik alami ini juga berguna untuk membantu mengelola kondisi yang ditandai dengan volume darah yang lebih besar, seperti pada pasien dengan gagal jantung.

Itu tadi manfaat dari marjoram. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, sering-sering mengonsumsi marjoram!

Follow Us On :
Lencana
Kongkow