Home » Kongkow » Materi » Pengertian dan Prinsip Konsep Geografi

Pengertian dan Prinsip Konsep Geografi

- Rabu, 03 Juli 2019 | 22:06 WIB

Pengertian Konsep Geografi

Konsep geografi adalah sebuah bagan atau skema dari prosedur, objek atau semua sesuatu yang berkaitan dengan ilmu geografis. Konsep dasar geografis ialah dasar penting untuk mengenali keadaan atau gejala geografis. Penjelasan konsep geografi sering berhubungan dengan peredaran, jalinan, manfaat, struktur, model dan prosedur terjadinya.
Prinsip-Prinsip Geografi

Kamu telah memahami bahwa studi geografi mengamati interaksi timbal balik antara alam dan manusia secara lengkap. Prinsip geografi dibutuhkan untuk membantu penelitian dan kajian beragam gejala geosfer. Prinsip-prinsip ini memerankan dasar pada deskripsi, analisis dan pengungkapan gejala, aspek variabel dan kejadian geografi. Berikut ini terdapat 4 prinsip pada geografi, yakni sebagai berikut:

Prinsip Peredaran atau Perkembangan

Prinsip peredaran berkenaan dengan perkembangan gejala geosfer di muka bumi. Geografi meyakini prinsip ini karena adanya peredaran gejala geografi yang tidak serupa dan tidak menyeluruh di muka Bumi ini. Fenomena geosfer melingkupi fenomena alam dan fenomena sosial. Kamu dapat meneliti berbagai gejala geosfer dan sirkulasinya.

Prinsip Interelasi

Interelasi ialah memiliki ketergantungan atau interaksi antar gejala geosfer. Ketergantungan tersebut telah terjadi pada fenomena, fakta, atau kejadian di satu tempat atau kawasan yang berlainan. Banyak gejala geosfer yang mempunyai ketergantungan satu sama lain, seperti lahan di kawasan gunung api dipakai untuk pertanian karen kulaitasnya yang subur. Penggunaan lahan untuk pertanian membuat kebanyakan penduduk beraktivitas sebagai petani.

Prinsip Deskripsi

Prinsip deskripsi bermakna ulasan atau sketsa suatu gejala geosfer. Setiap analisis mengenai berbagai fenomena geosfer perlu diuraikan secara detail bersumber pada kejadiandan dokumen yang ada. Penjelasan fenomena geosfer telah dilakukan melalui catatan, grafik, katalog, gambar dan peta.

Prinsip Korologi

Korologi ialah ilmu yang berhubungan dengan kawasan dipermukaan bumi. Setiap kawasan mempunyai karakteristik yang berbeda. Prinsip korologi mengamati fenomena dan kejadian geosfer dengan mengawasi penyaluran, kedekatan dan hubungan pada ruang yang ditempati.
Baca Lainnya : √Dekrit Presiden 5 Juli 1959: Latar Belakang, Isi, Tujuan dan Dampaknya
Konsep Dasar Geografis

Terdapat 15 konsep dasar geografis, antara lain sebagai berikut:

Konsep Dasar Lokasi

Lokasi ialah konsep geografis yang berbentuk wilayah atau kawasan gejala geografis terjadi.

Konsep Dasar Jarak

Jarak ialah konsep dasar geografis berbentuk bagian atau bidang yang merangkaian antara dua kawasan atau dua fenomena dan dihitung melewato hitungan lama maupun waktu. Dalam konsep jarak mempunyai berfungsi berarti dalam kehidupan sosial, ekonomi maupun politik.

Konsep Dasar Morfologi

Morfologi ialah rancangan dasar geografis yang menyatakan bentuk luar dari batu-batuan yang membangun bentuk morfologi permukaan bumi, dataran tinggi, pegunungan, lembah dan lain-lain.

Konsep Dasar Keterjangkauan

Keterjangkauan ialah langkah yang mampu diraih dengan maksimal dari suatu kawasan ke kawasan lain. Keterjangkauan tidak hanya dengan memisahkan juga terkait pada fasilitas maupun pelayanan.

Konsep Dasar Pola

Pola ialah rancangan geografis berbentuk struktur, pola dan peredaran gejala atau peristiwa permukaan bumi baik dari fenomena alam maupun fenomena sosial.

Konsep Dasar Aglomerasi

Aglomerasi ialah rancangan pedoman yang merupakan adanya suatu gejala yang mengelompok sebagai satu bentuk pola.

Konsep Dasar Nilai Kegunaan

Nilai kegunaan ialah rancangan dasar geografis yang berhubungan dengan nilai guna suatu kawasan yang telah dikembangkan sebagai energi yang menopang pertumbuhan suatu kawasan.

Cari Artikel Lainnya