Home » Kongkow » Tips & Trik » Guru Pemula? Tenang Saja, Kami Punya Tips-nya!

Guru Pemula? Tenang Saja, Kami Punya Tips-nya!

- Rabu, 03 Juli 2019 | 12:00 WIB
Guru Pemula? Tenang Saja, Kami Punya Tips-nya!

Untuk yang berencana menjadi guru, tepuk tangan dari kami! Kami bangga dengan orang-orang yang sudah membulatkan tekadnya untuk mengabdi pada dunia pendidikan.

Di awal mula mengajar, tentunya akan terasa sangat nervous. Mungkin masih ada keraguan pada diri sendiri seperti “kira-kira murid ngerti ngga ya?”, “cara mengajarnya udah bener belom ya?”, “tadi terlihat kaku ngga ya selama mengajar?” dan... keraguan-keraguan lainnya.

Tenang saja! Kami punya tips untuk guru pemula yang akan mulai mengajar. Dengan mengikuti tips berikut, pasti bisa membantu untuk siap mengajar seperti meski baru hari pertama. Yuk dibaca!

Berencana menjadi guru? Pasti bisa! 

1. Siapkan Materi

Siapkan materi, supaya lebih siap! 

Siapkan materi belajar dari jauh hari, dengan begitu bisa mempermudah untuk mengevaluasi apakah materi yang sudah dibuat sudah sesuai atau belum. Bisa juga meminta saran dari teman yang juga pengajar sebagai panduan untuk penyusunan materi.

Pastikan juga sudah menguasai semua materinya ya! Jadi akan selalu siap memberikan jawaban terbaik untuk pertanyaan yang diajukan oleh murid. Kalau nantinya ada pertanyaan yang belum bisa dijawab, jangan asal jawab ya! Lebih baik dicatat dulu saja pertanyaannya, nanti pada pertemuan berikutnya baru berikan penjelasan yang tepat. Oke?

2. Latihan, latihan dan latihan!

Latihan dulu yuk! 

Supaya nanti tidak canggung saat mengajar pertama kali, tidak ada salahnya untuk mencoba latihan dulu. Bisa dicoba dengan latihan di depan kaca atau kalau mau lebih baik lagi ada volunteer yang siap jadi teman untuk latihan. Waktunya singkat saja, yang penting bagaimana nantinya menampilkan diri di depan calon murid bisa tergambarkan.

Setelah latihan, coba meminta feedback juga dari teman apa saja yang bisa diperbaiki. Nah, kebayang kan nanti saat mengajar akan seperti apa?

3. Sebelum mengajar pastikan perut terisi!

Jangan lupa makan sebelum mengajar 

Dengan perut yang sudah terisi, akan membantu untuk meningkatkan konsentrasi lebih baik lagi sehingga akan tetap fokus saat mengajar. Jadi, jangan lupa makan yang cukup ya!

4. Mulai dari perkenalan diri

Perkenalkan diri diawal 

Saat pertemuan pertama dengan murid, coba perkenalkan diri sendiri terlebih dahulu. Tujuannya supaya murid tidak akan merasa asing dengan kehadiran guru barunya.

Persiapkan perkenalan diri dengan baik ya, karena first impression akan menentukan bagaimana calon murid menilai pengajar barunya. Saat memperkenalkan diri, tunjukkan diri sebagai pribadi yang ramah namun tetap tegas sehingga murid akan merasa nyaman tapi di saat bersamaan tetap hormat pada pengajarnya. Jangan lupa berikan senyum terbaik untuk mereka juga, ya!

5. Berikan Contoh

Beri contoh untuk materi pelajaran 

Adakalanya, ada materi yang sulit dipahami yang membuat murid sulit mengerti. Untuk antisipasi hal ini, pastikan sudah mempersiapkan contoh dari materi tersebut dengan kehidupan nyata yang sering terjadi sehari-hari sehingga membantu murid lebih mengerti.

7. Selipkan Humor

Buat murid tertawa 

Meski proses belajar butuh keseriusan, tapi jangan lupa untuk selipkan humor dan tetap santai saat mengajar. Dengan adanya humor, bisa mencairkan suasana dan meningkatkan konsentrasi murid. Apalagi ketika murid sudah mulai terlihat bosan bahkan ngantuk. Nah! Saat yang tepat untuk mengeluarkan jurus humor. Biar murid kembali fresh untuk memperhatikan pelajaran lagi. Ayo tertawa bersama :)

7. Apresiasi Usaha Murid

Ingat! Selalu beri apresiasi untuk murid ya! 

Selalu ingat untuk memberikan penghargaan kepada murid yang berusaha. Misalnya untuk murid yang secara aktif bertanya atau mencoba menjawab pertanyaan. Jangan hiraukan benar atau salahnya dari pertanyaan atau jawaban yang diberikan, selama murid sudah mencoba itu merupakan hal positif. Dengan sikap ini, tujuannya untuk mendorong murid lainnya untuk proaktif juga di kelas.

8. Akhiri Dengan Senyuman!

Keep smile :) 

Setelah selesai, akhiri jam belajar dengan senyuman ya! Dengan tersenyum, itu bisa menunjukkan diri sebagai pengajar yang friendly dan menyenangkan. Ini juga menunjukkan bahwa pengajar juga menikmati saat-saat mengajar dengan murid. Smile!

Itulah tips-tips mengajar untuk pemula dari kami. Hal terpenting adalah sudah menyiapkan semuanya dengan matang. Mau nanti bagaimana hasilnya, yang penting sudah memberikan yang terbaik.

Dengan sering mengajar, seiring waktu akan terbiasa dan semakin mahir. Jadi jangan khawatir ya! 

Cari Artikel Lainnya