Home » Kongkow » Tips & Trik » 11 Tips untuk Membuat Sebuah Kontes di Instagram Menjadi Lebih Menarik

11 Tips untuk Membuat Sebuah Kontes di Instagram Menjadi Lebih Menarik

- Selasa, 02 Juli 2019 | 10:00 WIB
11 Tips untuk Membuat Sebuah Kontes di Instagram Menjadi Lebih Menarik

Kontes Instagram merupakan salah satu ide brilian untuk menarik lebih banyak orang, meningkatkan keterlibatan followers, serta mengembangkan bisnis kita. Namun, jika kita tidak berhati-hati, kontes yang kita buat justru bisa menarik orang yang salah dan menjatuhkan bisnis kita.

Tujuan dari suatu kontes Instagram yang kita buat seharusnya bukan hanya untuk menaikkan jumlah follower semata, melainkan harus benar-benar bisa meingkatkan kesadaran orang-orang terhadap bisnis kita dan membuat mereka dapat terlibat aktif. Jadi sebelum kita memulai mambuat kontes Instagram, ada baiknya untuk menyimak ‘11 tips untuk membuat sebuah kontes di Instagram menjadi lebih menarik’ yang telah kami rangkum untuk Anda:

  1. Persiapan Sebelum Memulai Kontes

Hal pertama dan terpenting adalah, kita harus memastikan untuk melakukan segala sesuatunya dengan mengikuti aturan yang berlaku di Instagram. Kita harus memahami dan menaati kebijakan yang ditetapkan oleh Instagram agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Seperti yang harus benar-benar digarisbawahi adalah kontes yang kita buat harus menyertakan aturan, ketentuan, dan persyaratan, serta kita harus memastikan bahwa kontes yang kita buat tidak disponsori atau berafiliasi dengan pihak Instagram.

  1. Gunakan Hashtag Bermerek

Setiap kontes yang kita buat haruslah memiliki suatu hashtag bermerek. Hashtag ini akan sangat membantu kita dalam melacak entri serta percakapan mengenai hadiah yang diberikan. Bila kita hanya menggunakan hashtag yang bersifat generik seperti #contest, itu hanya akan mempersulit kita karena tentunya di luar sana ada ribuan postingan atau kontes yang dibuat menggunakan hashtag yang sama. Namun tidak merta kemudian kita tidak menggunakan hashtag yang bersifat generik tersebut sama sekali. Kita masih perlu menggunakannya agar kontes yang kita buat tetap muncul saat orang-orang baru pertama kali mencoba mencarinya. Untuk lebih memperjelas lagi, kita harus memisahkan antara hashtag generik dengan hashtag bermerek menggunakan jeda baris untuk membagi caption. Baris pertama digunakan untuk informasi mengenai kontes termasuk hashtag bermerek. kemudian daftar hashtaggenerik bisa ditulis pada bagian bawah.

  1. Buat Foto atau Video Semenarik Mungkin

Bicara Instagram berarti kita bicara mengenai konten visual, termasuk juga ketika membuat sebuah kontes. Konten grafis dari kontes yang kita buat haruslah benar-benar menarik dan eye-catching. Jika hanya terlihat seperti gambar yang dibuat asal-asalan, tentu tidak akan bisa menarik orang untuk melihat lebih jauh.

  1. Berikan Hadiah yang Benar-benar Relevan

Salah satu kesalahan paling umum yang biasanya dibuat oleh si pembuat kontes adalah memberikan hadiah yang tidak ada hubungannya dengan merek atau bisnis mereka karena mereka pikir hal tersebut akan bisa menarik lebih banyak minat orang untuk berpartisipasi. Memberikan hadiah uang tunai mungkin akan membuat kita mendapat lebih banyak entri, tetapi kita tidak akan pernah mengalami peningkatan kualitas.

Hadiah yang bersifat generik cenderung menarik para pemburu hadiah yang tidak tertarik pada produk atau bisnis kita dan hanya ingin mendapatkan sesuatu secara gratis. Alih-alih menggunakan hadiah klise yang sebenarnya tidak ada hubungannya dengan bisnis kita, alangkah lebih baik kita memikirkan hadiah yang benar-benar unik dan berhubungan erat dengan produk kita seperti memberikan voucher atau giveaway produk kita. Cara ini sekaligus bisa meningkatkan awareness orang-orang terhadap produk kita serta memberikan mereka kesempatan untuk mencoba produk bisnis kita.

  1. Proses Partisipasi yang Mudah

Saat orang akan mengikuti kontes yang kita buat, semua harus dibuat sesederhana dan semudah mungkin. Menyediakan terlalu banyak cara yang berbeda untuk mengikuti kontes justru kan membingungkan dan membuat kita lebih sulit untuk melacak data social media yang berguna. Kita juga harus menyatakan secara jelas seluruh aturan yang berlaku. Caranya adalah dengan menyertakan pedoman kontes dalam caption serta menyediakan halaman khusus di situs kita di mana semua informasi akan dicantumkan.

  1. Gunakan User-Generated Content (UGC) sebagai Entri

UGC sendiri merupakan suatu konten yang dihasilkan dari user suatu produk itu sendiri, seperti fitur ‘like’ pada Facebook, ‘check in’pada Path atau hanya sekedar review. Berbicara mengenai entri, kita memiliki beberapa pilihan yang berbeda mengenai bagaimana orang akan ikut serta dalam kontes yang kita buat. Beberapa perusahaan lebih memilih untuk mempekerjakan orang untuk membalas posting sementara yang lain cukup meminta user untuk menyukai foto atau me-repost suatu gambar.

Umumnya, semakin sedikit kita meminta orang untuk melakukannya, semakin banyak entri yang akan kita dapatkan. Misalkan para peserta yang mengirimkan sebuah gambar harus melibatkan merek kita, seperti produk atau logo entah bagaimana caranya. Semua foto yang masuk akan meningkatkan jumlah UGC dari bisnis kita di Instagram.

UGC sendiri sangatlah efektif. Menurut survei yang dilakukan oleh Ipsos MediaCT dan Crowdtap, UGC memiliki dampak 35% lebih berkesan dan 50% lebih dipercaya dibandingkan jenis media lainnya. Alih-alih mengisi feed di Instagram kita dengan tulisan self-promotion, akan jauh lebih baik membiarkan orang-orang mempromosikan produk kita dengan cara mereka masing-masing.

  1. Jangan Membuat Kontes yang Terlalu Panjang

Berapa lama seharusnya suatu kontes Instagram berlangsung? Sampai saat ini, belum ada jawaban pasti mengenai pertanyaan tersebut. Secara umum, biasanya durasi kontes yang efektif adalah sekitar satu minggu. Jangka waktu tersebut dirasa cukup unuk membuat orang menemukan dan mengikuti kontes yang kita buat. Apabila jangka waktu kontes dibuat terlalu lama, orang nantinya cenderung tidak memiliki rasa urgensi, sehingga dikhawatirkan orang menjadi menunda-nunda bahkan bisa jadi lupa untuk mengikuti kontes.

  1. Melakukan Voting Publik

Menentukan pemenang suatu kontes Instagram bisa melalui banyak cara. Salah satu yang layak dicoba adalah melakukan votingpublik karena dapat meningkatkan keterlibatan masyarakat. Selain itu, hal tersebut memungkinkan peserta kontes untuk menyebarkan konten dari kontes yang kita buat dan memberitahu teman-teman mereka untuk memilih mereka.

  1. Promosikan Kontes Instagram yang Kita Buat pada Profil Kita

Tidak setiap orang akan secara aktif melihat secara rinci postingan yang sudah kita buat sebelum-sebelumnya untuk menemukan kontes kita. Misal kita memposting kontes pada hari Senin sedangkan hari-hari selanjutnya kita sering memposting foto lain, hal ini akan membuat postingan konten kita tertutup oleh postingan yang lain. Untuk mengatasi hal ini, kita dapat menyertakan satu atau dua kalimat yang ringkas mengenai kontes yang kita buat ke dalam profil kita dan bisa juga menambahkan link di profil untuk informasi lebih lanjut. Menulis mengenai kontes di dalam profil juga merupakan ide yang baik untuk bsinis yang sering mengadakan kontes tiap tahunnya.

  1. Membuat Kontes yang Menyenangkan

Hindari membuat suatu kontes Instagram tanpa alasan yang jelas. Kontes yang kita buat haruslah direncanakan dan dipikirkan dengan baik yang haruslah dimulai dari sebuah momen menyenangkan dan ide-ide yang menarik. Kita dapat melakukannya dengan menyiapkan tema yang matang untuk kontes kita dan bukan sekedar hal yang bersifat umum dan biasa seperti ‘like foto ini untuk dapatkan…’. Berpikir ‘out of the box’ mengenai konten dalam kontes yang kita buat.

  1. Gunakan Tools yang Benar-benar Tepat

Mengelola suatu kontes di Instagram bisa menjadi cukup rumit. Karena belum adanya fitur ‘giveaway built-in’ di Instagram, membuat kita harus melakukan semuanya secara manual. Seperti mencari entri, melacak orang-orang, serta memantau percakapan. Namun saat ini sudah banyak dijumpai tools yang mempermudah proses tersebut seperti Wishpond, Woobox dan GleamTools ini secara khusus dibuat untuk mengelola suatu kontes foto dan menyediakan fitur integrasi hashtagTools lain yang juga dapat mempermudah kita untuk memonitor percakapan berlangsung mengenai kontes yang kita buat adalah Sprout SocialTools ini memiliki banyak fitur untuk mengelola sebuah kontes Instagram. Misalnya, kita dapat dengan cepat membalas semua komentar bahkan melacak semua hashtag spesifik dari kontes yang kita buat.

Dari penjelasan di atas, kini apakah Anda siap untuk membuat sebuah kontes di Instagram? Apakah Anda pernah membuat sebuah kontes sebelumnya tapi kurang berhasil ataukah Anda ingin mencobanya untuk pertama kalinya? Semoga dengan tips dan trik di atas mampu memberikan nilai tambah bagi kontes yang kita buat untuk bersaing dengan kontes lain yang sejenis. Apabila dilakukan dengan tepat, suatu kontes Instagram bisa menjadi lebih dari sekedar cara agar orang-orang bisa mendapatkan suatu barang secara gratis, tapi juga dapat menjadi media pemasaran yang efektif untuk mengembangkan bisnis kita, serta membangun komunitas yang kuat di Instagram.

Cari Artikel Lainnya