0
18
0
5 Prodi Soshum Paling Diminati di SBMPTN 2019, Ada Pilihanmu?
3 weeks 'ago'

Resmi ditutup pendaftarannya pada Senin (24/6) lalu, total peserta SBMPTN 2019 tercatat sebanyak 714.652 orang. Berdasarkan data yang dihimpun oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), sebanyak 345.896 atau 48,40 persen pendaftar memilih prodi sosial humaniora.

Berikut ini adalah lima prodi sosial humaniora yang paling banyak diminati di SBMPTN 2019. Makin tinggi jumlah pendaftar persaingan jadi lebih ketat, nih! Adakah prodi pilihanmu di bawah ini?

1. Ilmu Hukum

Prodi Ilmu Hukum langganan menduduki peringkat teratas di ranah soshum tiap penyelenggaraan seleksi penerimaan mahasiswa baru. Jumlah peminatnya yang terus meningkat dari tahun ke tahun diimbangi dengan ketersediaan kuota yang ikut ditambah.

Beberapa perguruan tinggi negeri favorit yang memiliki Prodi Ilmu Hukum terakreditasi A adalah Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran dan Universitas Gadjah Mada.

2. Manajemen

Setelah Ilmu Hukum, Prodi Manajemen menduduki posisi terfavorit kedua dari segi jumlah peminat di SBMPTN 2019. Institut Pertanian Bogor (IPB) menjadi salah satu kampus Manajemen negeri terbaik di Indonesia.

Selain itu ada juga Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) Institut Teknologi Bandung, jumlah pendaftarnya pada SBMPTN tahun lalu hampir mencapai 5.000 orang.

3. Psikologi

Prodi Psikologi terbagi menjadi dua, ada yang masuk ranah soshum dan berada di bawah bidang ilmu saintek. Beberapa perguruan tinggi negeri yang membuka Prodi Psikologi Soshum adalah Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Diponegoro.

Psikologi termasuk dalam lima besar prodi soshum terfavorit yang banyak diminati di SBMPTN 2019. Daya tampungnya cukup besar, Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada tahun ini menyediakan 102 kursi bagi peserta yang lolos seleksi.

4. Komunikasi

Ilmu Komunikasi juga gak pernah absen dari daftar prodi soshum favorit tiap seleksi mahasiswa baru berlangsung. Universitas Padjajaran menjadi kampus terfavorit untuk Ilmu Komunikasi, tahun lalu pendaftarnya hampir mencapai 5.000 orang.

5. Akuntansi

Selain Manajemen, Akuntansi yang juga berada di bawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis termasuk dalam deretan prodi soshum terfavorit. Persaingannya ketat di tiga perguruan tinggi negeri unggulan seperti Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Padjajaran.

Apakah salah satu program studi di atas masuk dalam daftar pilihanmu saat pendaftaran kemarin? Kelimanya diprediksi masih menjadi prodi favorit pada penyelenggaraan SBMPTN tahun depan, lho.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow