Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 5 Cara Meningkatkan Semangat Kerja, Kamu Pasti Bisa Kok!

5 Cara Meningkatkan Semangat Kerja, Kamu Pasti Bisa Kok!

- Senin, 01 Juli 2019 | 10:00 WIB
5 Cara Meningkatkan Semangat Kerja, Kamu Pasti Bisa Kok!

Demi meraih kebahagiaan dalam hidup, tentu kita membutuhkan semangat dalam bekerja. Beban pekerjaan yang menumpuk setiap harinya ditambah situasi dan kondisi jalanan yang semakin tidak menentu membuat sebagian besar karyawan merasa bosan dan penat.

Oleh sebab itu, kita harus menumbuhkan semangat dalam kerja, agar mampu mencapai hasil yang maksimal. Yuk cari tahu gimana sih caranya semangat dalam bekerja.

1. Jatuh cintalah dengan pekerjaanmu

Hal pertama yang harus kamu tanamkan dalam bekerja adalah mencintai pekerjaannya. Bila sudah memiliki rasa ini, dijamin seberat apa pun pekerjaan yang kamu jalani, pasti bisa teratasi.

Carilah kebahagiaan selama bekerja, misalnya berteman baik dengan rekan kerja dan mengikuti berbagai aktivitas di luar pekerjaan seperti olahraga bersama. Lakukan semua hal yang membuat kamu bahagia dan semangat bekerja kembali.

2. Lakukan relaksasi saat bekerja

Bekerja dengan kerasa dan serius sih boleh saja, jangan sampai lupa untuk beristirahat sejenak. Tubuh kita juga butuh jeda untuk mengembalikan semangat dan kenyamanan selama bekerja.

Cobalah untuk berjalan ke pantry membuat segelas kopi atau teh hangat. Nikmati setiap tegukannya, pikiran tenang mampu mengembalikan semangatmu dalam bekerja. Kamu juga bisa melakukan peregangan otot biar gak tegang. Bila kondisi tubuh sudah pulih produktivitas kamu saat bekerja bisa lebih baik lho.

3. Ciptakan suasana bekerja yang nyaman seperti di rumah

Suasana kantor yang begitu kaku terkadang menjadi salah satu penyebab menurunnya semangat bekerja. Oleh sebab itu, kamu bisa mengubah suasana meja kerjamu sama seperti di rumah lho, misalnya menaruh beberapa bingkai foto keluarga dan sahabat di sudut meja, beri hiasan tanaman hijau yang mampu meneduhkan mata, dan taruh boneka serta bantal.

Dengan begitu, suasana meja kerja kamu gak lagi kaku. Kamu bisa lebih semangat bekerja layaknya di rumah.

4. Kurangi kebiasaan jajan berlebih

Jajan menjadi salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap karyawan. Tren memesan makanan via aplikasi online memang sudah menjadi gaya hidup yang sulit dipisahkan. Mulai dari makanan berat sampai camilan, semuanya dipesan. Tapi kamu tahu gak sih, kebiasaan yang satu ini justru memiliki dampak buruk terhadap produktivitas kerja lho.

Kekenyangan karena terlalu banyak mengonsumsi gula justru akan membuat kamu lemas, loyo dan tidak bersemangat. Oleh sebab itu, mulai sekarang yuk bijak saat jajan. Tentukan jajanan sehat yang kaya akan protein, serat dan antioksidan sehingga pikiran kamu bisa kembali fokus.

5. Jalin hubungan dengan rekan kerja

Menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja merupakan hal yang paling ampuh untuk membuat kamu bersemangat dalam bekerja. Keinginan untuk datang ke kantor jauh lebih tinggi, karena tak sabar berinteraksi dengan rekan kerja.

Nah, itulah cara menumbuhkan semangat bekerja yang bisa kamu lakukan. Kamu lebih sering melakukan yang mana nih?

Cari Artikel Lainnya