0
25
0
Kuliah Merantau? 5 Daftar Barang yang Wajib Dibawa, Awas Ketinggalan
3 weeks 'ago'

Di kota perantauanmu nanti jarak rumahmu tentu akan sangat jauh, kamu nggak mau kan, kalau harus menempuh waktu berjam-jam bahkan berhari-hari hanya untuk mengambil barang yang ketinggalan?

Nah, oleh karena itu di bawah ini adalah daftar barang wajib yang tidak boleh kamu lupakan di kota asalmu ketika merantau, catat ya!

1. Berkas-berkas penting

Berkas-berkas seperti ijazah, akta kelahiran, kartu keluarga, dan lainnya tentu tidak boleh kamu lupakan. Apalagi karena kamu merantau untuk kuliah, kamu harus memastikan semua berkas yang diperlukan untuk daftar ulang maupun untuk jalannya perkuliahan harus ready di dalam tas kamu.

2. Pakaian "terpilih"

Pilihlah pakaian sesuai kebutuhan kamu, seperti pakaian kuliah, pakaian santai, hingga semi formal, pastikan kamu memilih yang seperlunya saja.

3. Peralatan belajar

Usahakan membawa keperluan belajar seperlunya, agar kamu tidak usah berkeliling lagi ketika kehilangam salah satu alat tulismu.

4. Alat elektronik

Jangan lupakan alat elektronik sperti laptopsmartphonecharger, modem, dan lainnya. Yang sekiranya penting dalam perkuliahanmu nanti. Biar gak terlalu membawa banyak barang, beberapa peralatan elektronik yang belum kamu punya bisa dibeli saat di tempat baru.

5. Kenang-kenangan

Bawalah benda-benda yang akan mengingatkanmu tentang kota asalmu. Karena menjadi perantau, tentu perasaan rindu rumah atau homesick akan pasti menghampirimu.

Nah, setelah tau apa yang wajib kamu bawa. Sekarang buatlah checklist dari barang-barang di atas dan persiapkan dari jauh-jauh hari sebelum kamu pergi merantau. Untuk memastikan, satu hari sebelum berangkat cek ulang dengan mencentang cheklist yang telah kalian buat.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow