0
75
0
Selain Jadi Arsitek, Ini 5 Prospek Kerja bagi Lulusan Arsitektur
5 months 'ago'

Kalau kamu hobi menggambar dan menguasai sains, jurusan teknik arsitektur bisa menjadi jurusan yang cocok untukmu! Karena bila kamu memilih jurusan tersebut, kamu akan mempelajari ilmu matematika, fisika, seni dan teknologi.

Jurusan teknik arsitektur adalah jurusan yang mengajarkan cara mendesain bangunan secara estetis, dengan memikirkan ketahanan bangunan dan aspek lainnya. Jurusan arsitektur yang telah terakreditasi A bisa kamu temui di Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Sebelas Maret (UNS), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), dan ITENAS.

Untuk prospek kerja bagi lulusan arsitektur sangat banyak. Selain menjadi arsitek, 5 prospek kerja berikut juga cocok untuk para lulusan teknik arsitektur, lho!

1. Developer

Untuk kamu yang berminat membuat perumahan, developer bisa jadi pilihan untukmu. Developer atau pengembang adalah sebuah perusahaan atau instansi perorangan yang bertugas membuat sebuah perumahan. Kamu bisa memilih untuk menekuni profesi ini secara individu atau kerja tim, loh!

2. Kontraktor

Kalau arsitek adalah orang yang membuat desain bangunan, maka kontraktor adalah orang yang membuat desain bangunan tersebut menjadi nyata alias membuat bangunan. Kontraktor akan terkait kontrak dengan klien. Kontraktor juga bertugas memikirkan perencanaan anggaran dana pembangunan, penggunaan bahan bangunan, durasi waktu pembangunan, dan lainnya.

3. Pegawai Negeri Sipil

Lulusan arsitektur juga bisa bekerja di instansi pemerintah, loh! Seperti menjadi Pegawai Negeri Sipil yang bekerja di kementrian pekerjaan umum, pemukiman dan prasarana wilayah, dinas tata kota, perencanaan wilayah dan masih banyak lagi.

4. Guru atau Dosen Arsitektur

Bagi kamu yang tertarik di bidang pendidikan, menjadi dosen atau guru arsitektur bisa menjadi pilihanmu. Selama menjadi dosen atau guru arsitektur, kamu juga bisa mendaftar jadi pegawai negeri sipil loh! Sebaiknya, sebelum menjadi pengajar, kamu memiliki pengalaman kerja di bidang arsitektur terlebih dahulu, supaya penguasaan materi dan pemahamanmu di dunia rancang bangun semakin bertambah.

5. Bekerja di media

Bekerja di media, seperti menjadi penulis atau jurnalis khususnya di media yang berkaitan dengan dunia rancang bangun dan arsitektur juga bisa menjadi pilihan para lulusan arsitektur.

Itulah beberapa prospek kerja yang bisa menjadi pilihan para lulusan arsitektur. Jadi, kamu tertarik ambil jurusan arsitektur?

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow