0
57
0
√Cara Prospek Budidaya Ikan Komet Di Aquarium
4 months 'ago'
Cara Budidaya Ikan Komet
Berikut ini terdapat beberapa cara prospek budidaya ikan komet, antara lain:

Teratur Memberi Makanan
Selain itu kalian juga harus menjaga masalah makanan ikan komet, wajib bagi kalian untuk sungguh-sungguh dijaga.

Untuk pemberian makan ikan komet, jangan berlebihan memberikannya secara berlebihan. Kalian cukup memberikan mereka makan 1 kali dalam 1 hari. Jangan lupa untuk selalu membuat menyiapkan makanan ikan komet baik yang alami ataupun buatan seperti pelet. Kalian dapat memberikan mereka makan secara teratur. Apabila kalian merasa ikan komet masih lapar, tidak ada salahnya kalian memberikan mereka makanan lagi. Tapi ingat untuk memberikannya secara teratur yang sesuai takar makanannya.

Mempersiapkan Aquarium Buat Ikan Komet
Tidak hanya air saja, tapi kalian juga harus menyiapkan aquarium buat budidaya ikan komet. Untuk aquarium kalian dapat memilah aquarium kolam ikan. Kondisi tersebut tidak menjadi masalah, karena yang terutama ukuran aquariumnya. Untuk ukuran minimum apabila ingin budidaya ikan komet sekitar 60 x 40 x 60 cm.

Pemilihan Induk Ikan Komet
Perbandingan ikan jantan dan ikan betina yang akan dipijahkan di dalam satu akuarium adalah 1:2. Ikan jantan ditandai dari adanya bintik bulat di sirip dada yang terasa kasar, sedangkan pada ikan betina terasa halus. Ikan komet jantan yang siap dikawinkan akan keluar cairan putih saat perutnya diurut, sementara ikan betina akan mengeluarkan cairan kuning bening.

Ikan komet yang siap dipijahkan juga bisa dilihat dari tingkah lakunya. Ikan tampak lebih agresif dan saling berkejaran satu sama lain. Setelah didapatkan ikan indukan yang tepat, segera masukkan ikan-ikan tersebut ke akuarium pemijahan.

Berlatih Memilah Ikan Komet Jantan dan Betina
Sesudah memilah induk yang baik, pada saat ini untuk memilah induk jantan dengan indum betina. Ikan jantan yang telah dewasa gonadnya, apabila kalian urut pada bagian perutnya. Kalian akan menilik keluarnya cairan putih sperma. Lalu pada bagian sirip dadanya, umumnya diperoleh bintik-bintik bulat menonjol, apabila kalian sentuh akan terasa kasar.

Lain kondisnya dengan ikan komet betina, yang dibagian sirip dadanya juga memempunyai bintik-bintik. Namun, apabila kalian memegangnya akan terasa halus.

Induk betina dengan gonad yang dewasa, apabila kalian urut bagian perutnya. Pada lubang urogenitalnya justru akan mengeluarkan cairan kuning seperti warna kuning telur.

Proses Pemijahan Ikan Komet
Ikan-ikan komet indukan dimasukkan ke aquarium pemijahan pada saat sore hari. Kemudian proses pemijahan ikan komet secara alami akan berlangsung waktu malam hari sampai dini hari. Umumnya telur-telur akan terlihat menempel pada eceng gondok saat pagi harinya.
Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow