0
40
0
Hingga Saat Ini, Guru yang Berjiwa Pendidik Masih Kurang
5 months 'ago'

Malas merupakan musuh besar bagi kita saat mengerjakan sesuatu. Siapa sih yang tidak pernah merasa malas saat harus menyelesaikan tugas? Entah itu tugas sekolah, pekerjaan, skripsi, atau tugas lainnya. Rasa malas tersebutlah yang akhirnya membuat kita menunda - nunda tugas tersebut dan akhirnya kita menjadi kewalahan saat deadline semakin dekat.

Ingin menghilangkan rasa malas tersebut? Yuk, simak tips - tips berikut:

1.Pikirkan konsekuensinya

Pikirkan dan bayangkanapa akibat yang harus ditanggung bila Anda selalu menunda - nunda tugas. Semakin Anda malas, semakin Anda tunda tugasnya, maka tugas akan semakin menumpuk saat waktu deadline semakin dekat. Atau bahkan tugas Anda tidak dapat terselesaikan sehingga Anda dikeluarkan dari tempat kerja atau kuliah. Mengerikan bukan? Jadi, saat rasa malas mulai melanda, ingat baik - baik hal mengerikan tersebut agar semangat Anda bangkit lagi.

2. Jangan cari - cari alasan

Salah satu hal yang sering kita lakukan saat kita malas adalah mencari alasan untuk menunda mengerjakan tugas kita. Ada saja alasan yang sengaja kita buat, seperti belum ada mood, sakit, ada masalah, dan alasan - alasan lainnya. Dan karena alasan tersebut Anda jadi menyesal sendiri ketika deadline sudah dekat.

3. Pikirkan "Makin cepat dikerjakan, makin banyak waktu luang tersisa"

Semakin cepat Anda menyelesaikan tugas, semakin banyak waktu luang yang Anda dapatkan nantinya. Anda bisa memanfaat waktu luang untuk mengecek kembali hasil pekerjaan dan memperbaikinya jika ada kesalahan. Anda juga dapat manfaatkan waktu luang untuk mengerjakan hal - hal lainnya. Jadi, saat teman - teman Anda kewalahan menyelesaikan tugas menjelang deadline, Anda sudah bisa bersantai.

4. Buat motivasimu sendiri

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi rasa malas adalah dengan memotivasi diri kita sendiri. Anda harus mendorong diri Anda untuk menjauhi rasa malas tersebut. Ingat - ingat hal - hal positif yang bisa membuat Anda bersemangat untuk segera menyelesaikan tugas. Tuliskan hal positif tersebut di secarik kertas dan pasang di meja kerja. Anda juga dapat meminta motivasi dari orang - orang terdekat seperti keluarga, teman, atau pacar.

5. Singkirkan gadget atau hal yang mengganggu kegiatan
Handphone atau tablet juga bisa mengalihkan perhatian Anda dari tugas. Konsentrasi akan menjadi pecah dan akhirnya asyik browsing dan update di jejaring sosial. Hal lain seperti folder lagu, film, atau game di dalam computer atau laptop juga dapat mengalihkan konsentrasi Anda. Simpanlah terlebih dahulu gadget Anda ke dalam tas. Folder - folder penggangu dapat Anda pindahkan ke dalam flashdisk agar Anda tidak dapat mengaksesnya saat bekerja.

Semoga tipsnya dapat mengatasi malas Anda!

Follow Us On :
Lencana
Kongkow