0
44
0
Hati-Hati! Kebiasaan Sehat Ini Ternyata Bisa Merusak Gigi
4 months 'ago'

Kesehatan tubuh dapat terjaga apabila seluruh organ tubuh dapat dijaga dengan cara yang baik dan benar, sehingga seluruh anggota tubuh bisa melakukan fungsinya secara normal termasuk juga organ pengunyah makanan yaitu gigi. Namun mungkin Anda akan terkejut karena sebenarnya beberapa makanan dan minuman sehat pun juga bisa berakibat buruk untuk gigi. Ada beberapa makanan yang sebenarnya sehat ternyata bisa merusak gigi, dan beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

Makan buah

Buah sangat kaya serat dan bisa memenuhi nutrisi tubuh, namun juga mengandung gula. Serat bisa membersihkan gigi, namun gula merupakan makanan bakteri yang bisa merusak gigi. Jadi, untuk mengatasinya, Anda bisa minum air putih setelah makan buah apa pun, baik yang manis maupun yang asam. Jangan langsung menggosok gigi, karena justru bisa mengikis enamel gigi jika dilakukan setelah makan buah.

Minum jus

Meskipun minum jus termasuk kebiasaan sehat karena memberikan asupan nutrisi lengkap untuk tubuh, namun tidak bisa dipungkiri bahwa jus juga memiliki kandungan gula, terutama jus kemasan. Meski memang tidak seburuk makan cokelat, namun minum jus manis bisa menjadi asupan nutrisi juga untuk bakteri di mulut. Gula akan menyebabkan karang dan gigi berlubang. Untuk mengatasinya, minum air putih atau berkumur setelahnya untuk menghilangkan gula di mulut.

Mengunyah permen karet

Banyak yang bilang mengunyah permen karet akan membersihkan gigi. Namun kebanyakan permen karet justru mengandung sorbitol atau gula buatan yang bisa merusak gigi, membuat gigi berlubang dan bahkan kegemukan. Jadi untuk mengatasinya, daripada membersihkan gigi dengan permen karet, lebih baik sikat gigi Anda atau tidak perlu mengunyah permen karet.

Nah, itulah kebiasaan sehat yang sebenarnya bisa merusak gigi.

Follow Us On :
Ranking
1
2
3
4
5
Lencana
utakatikotak
Upload Quis Badges
utakatikotak
Upload Quis Badges
utakatikotak
Upload Quis Badges
utakatikotak
Upload Quis Badges
utakatikotak
Upload Quis Badges
Kongkow