0
28
0
Terlihat Sama, Ini Perbedaan Gula Jawa, Gula Aren dan Gula Palem
4 weeks 'ago'

Gula Merah

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Gula merupakan penambah rasa yang semua orang pasti mengenalnya. Tak hanya mengenal, beberapa orang adalah pengonsumsi gula secara aktif baik untuk minuman, masakan dan camilan Bicara mengenai gula, ada banyak jenis gula di luar sana. Mulai dari gula pasir, gula batu, gula jawa, gula aren, gula palem, gula jagung dan sejenisnya.

Dari banyak jenis gula yang ada, ada beberapa gula yang memiliki penampilan serupa atau nyaris sama. Gula tersebut adalah gula jawa, gula aren dan palem. Meski bentuk dan warnanya nyaris sama, gula-gula ini memiliki perbedaan yang signifikan. Penasaran apa perbedaan ketiga gula tersebut? Simak yang berikut ini.

Gula Jawa

Gula Jawa merupakan gula yang dengan mudah ditemukan di pasaran. Rasanya yang manis dan aromanya yang khas menjadikan gula ini sangat disukai masyarakatl. Gula jawa terbuat dari sari pohon kelapa atau getah palma. Cara membuatnya yakni dorebus hingga mendidih dan membentuk karamel yang kemudian dicetak. Bentuk gula jawa umumnya kecil silinder. Biasanya, gula jawa digunakan untuk bumbu tambahan berbagai masakan tradisional Jawa seperti gudeg, jajanan pasar getuk, gemblong dan masih banyak lagi.

Gula Aren

Yang kedua ada gula aren. Gula aren merupakan gula tradisional terbuat dari nira pohon enau dan diolah secara tradisional yang kemudian dicetak di batok kelapa. Beberapa gula aren juga dicetak seperti gula jawa. Jika dibandingkan dengan gula jawa, warna gula aren lebih terang yakni kuning kemerahan. Tekstur gula aren lebih empuk dan rasanya lebih manis. Biasanya, gula aren digunakan sebagai saus cendol, kolak, minuman kunyit sama, wedang ronde, isian klepon dan masih banyak lagi.

Gula Palem

Gula palem merupakan adalah gula yang terbuat dari nira atau sari batang palem. Aroma gula palem lebih wangi dan khas jika dibandingkan dengan gula jawa maupun gula aren. Teksturnya lebih empuk dan terkadang menyerupai gula pasir yang dipadatkan. Gula palem sering juga disebut sebagai gula semut atau gula pasir cokelat.

Meski terlihat sama atau nyaris serupa, gula jawa, gula aren dan gula palem adalah jenis gula yang berbeda. Jangan salah sebut lagi ya . Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow