Home » Kongkow » Kesehatan » 7 Manfaat Konsumsi Air Rebusan Kulit Jeruk

7 Manfaat Konsumsi Air Rebusan Kulit Jeruk

- Selasa, 25 Juni 2019 | 13:10 WIB
7 Manfaat Konsumsi Air Rebusan Kulit Jeruk

 

7 Manfaat Konsumsi Air Rebusan Kulit Jeruk

Ilustrasi kulit jeruk (Pixabay)

Kulit jeruk diketahui sama bernilainya dengan buahnya. Kamu bisa merasakan manfaat kesehatan dari kulit jeruk dengan cara mengonsumsi air rebusan kulit jeruk. Kulit jeruk mengandung berbagai phytochemical yang dapat mencegah penyakit, memperbaiki kerusakan DNA, dan menghilangkan karsinogen (zat yang bisa menimbulkan kanker) dari tubuh.  Nah, lalu, bagaimana caranya jika ingin merasakan manfaat kulit jeruk?

Caranya cukup mudah. Siapkan 1 sendok teh kulit jeruk cincang atau ditumbuk dan secangkir air. Kemudian, tuangkan secangkir air dalam panci, tambahkan kulit jeruk cincang. Rebus dan matikan apinya. Diamkan selama 10 menit. Saring air ke dalam cangkir. Minuman dari rebusan kulit jeruk siap diminum. Diketahui, 100 gram kulit jeruk mentah mengandung 72,5 air, energi 97 kkal dan juga mengandung 1,50 gram protein, 0,20 gram lemak, 25 gram karbohidrat, dan 10,6 gram serat serta mineral lainnya. Dikutip dari Jawapos yang Dilansir dari NDTV, berikut adalah manfaat kulit jeruk lainnya untuk kesehatan di antaranya,

1. Cegah Kanker

Para peneliti mengungkapkan, bahwa kulit jeruk memiliki sifat antikanker. Polymethoxyflavones (PMFs), sejenis flavonoid yang terdapat dalam kulit jeruk, yang bermanfaat menghambat pertumbuhan dan melawan sel-sel kanker. Kulit jeruk juga bekerja dengan mencegah karsinogenesis dari penyebaran ke organ lain dan menurunkan kemampuan sel kanker untuk bergerak melalui sistem peredaran darah. Kandung Polymethoxyflavones dalam kulit jeruk juga dinilai membiliki manfaat mencegah sel kanker berkembang. 

2. Mendukung Kesehatan Jantung

Seperti diketahui, kulit jeruk kaya flavonoid yang dapat menjaga kolesterol dan tekanan darah. Juga, polymethoxyflavones (PMFs) dalam kulit jeruk memiliki efek penurun kolesterol yang kuat.

3. Hilangkan Radang

Peradangan kronis adalah akar penyebab berbagai penyakit seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan penyakit Alzheimer. Flavonoid dalam jeruk mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menjaga peradangan.

4. Mengatasi Tukak Lambung

Minum alkohol berlebihan dan merokok menyebabkan tukak lambung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kulit jeruk secara efektif dapat mengurangi tukak lambung pada tikus. Hesperidin yang ditemukan dalam kulit jeruk keprok dan jeruk, diketahui memiliki aktivitas antiulcer.

5. Mengatasi Diabetes

Kulit jeruk adalah sumber serat makanan yang baik yang dikenal untuk mengatur kadar gula darah. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Natural Product Research menunjukkan bahwa, ekstrak kulit jeruk dapat membantu dalam pengobatan nefropati diabetik.

6. Obati Gangguan Pencernaan

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Food Chemistry menemukan bahwa ekstrak kulit jeruk kering dapat digunakan untuk mengobati berbagai gangguan pencernaan. Itu karena kulit jeruk memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

7. Lawan Bakteri Gigi

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical and Experimental Dentistry menemukan bahwa ekstrak kulit jeruk ternyata efektif melawan patogen karies gigi karena sifat antibakteri dan antimikrobanya. 

Cari Artikel Lainnya