0
78
0
Lima Tumbuhan Aneh yang Dikira Banyak Orang Berasal dari Planet Lain
5 months 'ago'

Kehidupan lain selain di bumi memang membuat semua orang penasaran. Saking penasarannya banyak orang yang berimajinasi tentang gimana sih bentuk kehidupan selain di bumi. Mulai dari planet, hewan, hingga membuat kita semua penasaran. Bentuk-bentuk aneh yang sering kita lihat di film Hollywood sudah menjadi acuan kalau kehidupan di planet lain bentuknya memang aneh-aneh. Sebelum berimajinasi lebih jauh, berikut penjelasannya tumbuhan aneh yang di kira datang dari planet lain.

1. Jamur Jari Setan

Clathrus Archeri nama latin untuk tumbuhan aneh pertama yang akan kita bahas kali ini.  Salah satu jamur dengan bentuk aneh ini sering disebut dengan nama Jari Setan. Tumbuhan asal Australia dan Selandia Baru ini dijuluki dengan nama Jari Setan karena bentuknya yang berwarna merah dan baunya yang sangat busuk. Nah, jamur ini mulai dari berbentuk telur lalu mengeluarkan jari-jari dengan jumlah empat sampai tujuh ruas hingga mekar sepenuhnya. Beberapa orang memang pernah makan tumbuhan yang satu ini.  Untuk yang sudah mekar memang aman, tapi kalau masih dalam bentuk telur akan berbahaya. Bahkan, bisa menyebabkan sesak nafas dan kejang-kejang.

2. Bunga Mulut Monster

Tumbuhan aneh asal Afrika Selatan ini juga dikenal dengan nama Hydnora Africana. Salah satu tumbuhan parasit yang tidak bisa berfotosintesis. Selain jadi parasit untuk tumbuhan lain, tumbuhan ini juga memiliki bau busuk seperti tinja manusia. Lalu bagian tumbuhan yang seperti mulut monster ini ternyata bunganya. Jadi tidak semua bunga harus cantik dan harum juga. Kekurangan dari tumbuhan ini memang banyak, sudah parasit dan bau, tapi jangan salah ternyata tumbuhan ini memiliki buah didalam tanah yang dapat dijadikan obat untuk penyakit disentri, ginjal, kantung kemih, bahkan jerawat. Jadi jangan menilai sesuatu dari luarnya saja ya, ternyata tumbuhan ini juga mempunyai manfaat.

3. Jamur Gigi Berdarah

Memang jamur memiliki bentuk yang aneh-aneh, yang satu ini juga keluarga jamur-jamuran. Namanya Hydnellum Peckii atau Jamur Gigi Berdarah. Cairan merah mirip darah dipermukaan jamur ini berasal dari proses otmosif yang dinamakan Guttation, dimana saat tanah terlaku basah air terdorong naik ke atas melewati permukaan jamur. Pigmen dalam jamur ini yang membuat cairannya berwarna merah.  Meskipun terlihat agak menyeramkan cairan berwarna merah ini mengandung senyawa Atrometin yang digunakan sebagai pengencer darah atau anti bakteri.

4. Mata Boneka

Nama tanaman ini adalah White Baneberry atau Mata Boneka.  Tanaman ini memiliki buah yang berwarna putih dengan ujung berwarna hitam. Mirip banget sama mata boneka ponseling yang sering kita lihat ditoko mainan. Meskipun tergolong buah berry, tapi Baneberry ini adalah buah berry dengan kandungan racun Cardiogenic yang sangat tinggi. Tentunya buah ini tidak boleh di konsumsi oleh manusia, saking beracunnya buah Baneberry ini bisa membuat jantung balita berhenti. Kalau melihat tanaman ini di sekitar rumah kamu mending dibabat habis saja deh, itu pun kalau kamu berani.

5. Kakabeak

Tumbuhan yang satu ini ditemukan oleh William Dampier pada tahun 1969 yang katanya juga bunga tercantik yang pernah dilihat. Kakabeak atau Swainsona Formosa adalah tumbuhan khas dari Australia yang bisa ditemukan diseluruh negara bagian Australia kecuali Victoria. Tumbuhan cantik dengan bunga berwarna merah dan bagian menonjol berwarna hitam ditengah ini tumbuh dengan baik ditanah tandus Australia. Kota Australia Selatan bahkan menggunakan bunga ini sebagai lambang kotanya pada tanggal 23 November 1961.  Nah saking cintanya Australia Selatan sama bunga ini, mereka membuat aturan untuk melarang orang-orang memetik dan memangkas tumbuhan ini tanpa izin dari pemerintah. Jadi kalau kamu berkunjung ke Australia Selatan, hati-hati ya jangan sampai kamu terpikat cantiknya bunga ini. Bisa-bisa kamu berurusan sama polisi.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow