0
49
0
Suka Makanan Pedas? Nikmati Khasiatnya!
4 months 'ago'

Apakah Anda termasuk pecinta makanan pedas? Jika ya, Anda boleh merasa senang karena cabai mengandung zat yang baik untuk tubuh. Asal tak berlebihan, makan makanan pedas juga bisa memberi efek positif terhadap kesehatan Anda lho. Bahkan diyakini dapat mengurangi berat badan.

Bagaimana sebenarnya peran cabai dalam membantu kesehatan badan kita? Berikut manfaatnya:

1. Mencegah kanker

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa capsaicin dalam cabai juga memiliki kemampuan untuk membunuh beberapa sel kanker. Selain itu, cabai juga dapat membantu memerangi pilek, mencegah stroke dan obesitas.

2. Menurunkan berat badan

Ini pasti merupakan manfaat yang paling disukai oleh mereka yang memiliki berat badan berlebih. Ya, dikatakan konsumsi makanan pedas juga bisa membantu menurunkan berat badan dengan cara mengikis timbunan lemak dalam tubuh. Sesuai penelitian, cabai memiliki capsaicin, sebuah senyawa yang memberikan efek thermogenik dan membuat tubuh membakar kalori lebih banyak.

3. Menjaga kesehatan jantung

Cabai dan sensasi pedasnya dikenal juga mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah pada seseorang. Cabai mampu menurunkan risiko penyakit jantung dengan cara mengurangi efek perusak kolesterol LDL atau kolesterol jahat dalam darah. Capsaicin memiliki kemampuan untuk meredakan peradangan, yang merupakan faktor utama dalam masalah jantung.

4. Mengurangi emosi dan kemarahan

Konsumsi makanan pedas diyakini dapat meningkatkan produksi serotonin. Hormon serotonin ini sendiri dipercaya sebagai pemberi perasaan nyaman dan senang. Oleh sebab itu, konsumsi makanan pedas cukup dianjurkan bagi mereka yang mengalami depresi.

5. Menurunkan tekanan darah

Sebuah studi telah menunjukkan bahwa senyawa dalam cabai memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah. Konsumsi makanan pedas juga diyakini dapat membuat pembuluh darah menjadi lebih santai dan rileks.

 

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow