0
47
0
5 Pola Pikir yang Harus Diperbaiki Agar Hidupmu Sukses & Bahagia
5 months 'ago'

Sudah sering terdengar sebuah pernyataan bahwasanya manusia itu hanya hidup satu kali. Oleh karenanya kita terkesan sedikit pesimis karena merasa bahwa hanya memiliki satu kesempatan di dalam hidup. Namun bagaimana jika konteksnya di balik menjadi sebenarnya manusia itu hidup berkali-kali setiap harinya dan hanya akan mati satu kali. Ini adalah sebuah cara untuk mengubah pandangan hidup agar kita menjadi pribadi yang lebih optimis di dalam hidup.

Kita bangun setiap pagi dan menikmati hidup setiap hari, bertahun-tahun semenjak kita dilahirkan ke dunia. Pada dasarnya manusia telah diberikan banyak kesempatan untuk menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya. Pertanyaannya apakah kita sudah mampu untuk menjadi lebih baik dari hari ke hari? Pola pikir yang selama ini ditanamkan tidaklah salah, namun mungkin harus di balik agar kita lebih termotivasi lagi dalam menjalani hidup. Berikut merupakan beberapa pola pikir yang mampu membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

1. Kesempatan itu sebenarnya datang berkali-kali, hanya kita sering tidak melihatnya datang dari berbagai cara

Banyak orang bilang kesempatan itu hanya datang satu kali jadi jangan disia-siakan. Tidak ada yang salah dengan itu, dengan begitu akan membuat orang termotivasi untuk mempersembahkan yang terbaik dalam percobaan pertamanya. Namun, apa jadinya jika ia gagal maka ia akan berpikir bahwa tidak akan ada lagi kesempatan untuknya.

Padahal sebenarnya kesempatan itu ada banyak, di sekitar kita tersebar banyak kesempatan yang dapat kita pilih tentunya dengan berusaha keras. Hanya saja doktrin bahwa kesempatan hanya datang sekali dalam hidup, membuat kita cenderung menutup mata dan tidak melihat sekitar kita atas kesempatan yang juga dapat diraih.

Oleh karenanya, carilah setiap peluang yang ada, sekecil apapun itu kita tetap harus berusaha meraihnya dan setiap kesempatan itu berharga.

2. Setiap orang punya masanya sendiri untuk berada di titik yang ingin dia capai

Jangan terpaku dengan timeline orang lain, kita tidak bisa menyamakan apa yang telah diraih orang lain dan membandingkannya dengan kita. Setiap orang punya masanya masing-masing, ada yang mampu meraihnya dengan cepat ada pula yang lambat. Misalkan persoalan pekerjaan, pasangan hidup, kehadiran seorang anak dan banyak hal lainnya. Kita tidak bisa hidup atas tuntutan orang lain, karena mereka tidak tau apa yang telah kita lalui dan perjuangkan.

Jadi berhentilah mengurusi hidup orang lain dan fokuslah menjalani apa yang kita jalani saat ini. Jangan lupa untuk bersyukur atas apa yang telah kita miliki karena kebahagiaan itu tidak dapat dicari, tetapi bahagia itu kita yang ciptakan sendiri.

3. Tidak ada jalan pintas menuju kesuksesan, tapi dengan kerja keras kita dapat mencapai kesuksesan lebih cepat

Kesuksesan memang hanya milik orang-orang yang mau berusaha dan bekerja keras. Bagaimana bisa sukses jika hanya menunggu kesuksesan itu turun dari langit dan datang menghampiri kita.

Memang tidak mudah untuk meraihnya, tetapi bukan berarti tidak mungkin. Kerja keras akan membuahkan apa yang sedang diperjuangkan, asal jangan pernah menyerah. Namun juga jangan terlalu ambisius, karena terkadang kegagalan akan datang menghampiri dan kata menyerah terdengar lebih baik.

Orang-orang sukses tak akan pernah mudah untuk menyerah dan berputusa asa. Teruslah berusaha untuk mencapai kesuksesan karena Tuhan selalu membersamaimu.

4. Gagal bukanlah sebuah kekalahan, namun ketika kamu berhenti berusaha itu adalah kekalahan yang sebenarnya

Setiap orang yang berusaha pasti pernah merasakan kegagalan. Terkadang ingin menyalahkan keadaan karena tidak terima dengan datangnya kegagalan. Kita sudah berusaha maksimal tapi tetap saja gagal, apa yang salah dengan kita? Sesungguhnya tidak ada yang salah, tetapi Tuhan hanya ingin menyiapkan kita menjadi pribadi yang lebih penyabar.

Jika kita berusaha dan gagal sekali, maka kita harus bangkit dua kali. Kegigihanmu akan menjadikanmu menjadi pribadi yang tak terkalahkan, karena mentalmu telah ditempa dengan sangat kuat dan siap untuk meraih kesuksesan yang telah disiapkan untukmu. Jangan pernah berhenti ketika gagal, karena kamu akan kalah jika kamu memilih untuk berhenti.

5. Ingatlah yang mampu mengalahkanmu adalah dirimu sendiri yang mudah menyerah dan pesimis dalam hidup

Ketika kita telah merasakan sebuah kegagalan dalam hidup, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah bangkit kembali. Bangkitlah menjadi pribadi yang lebih kuat lagi, belajarlah dari kesalahanmu dan perbaiki apa yang salah dari sebelumnya. Tenang saja, karena kamu bukanlah satu-satunya orang yang gagal di muka bumi ini.

Tidak akan ada yang mampu mengalahkanmu selain dirimu sendiri. Jadi, tidak ada yang perlu kamu takutkan dan teruslah bangkit. Semua yang kamu takutkan sejatinya hanyalah imajinasimu sendiri dan pikiranmu membuatnya lebih buruk lagi. Maka dari itu berhentilah terlalu over thinking dan mulailah membuat perubahan dalam dirimu.

Sejatinya setiap manusia yang dilahirkan adalah seorang pemenang, tergantung bagaimana seseorang menyikapinya. Perjalanan hidup orang berbeda-beda maka terus berusahalah menjadi lebih baik sekalipun terasa tidak mudah.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow