Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Dampak Buruk dari Tidur Terlalu Malam

Dampak Buruk dari Tidur Terlalu Malam

- Sabtu, 09 Oktober 2021 | 07:00 WIB
Dampak Buruk dari Tidur Terlalu Malam

Bagi Anda yang suka begadang atau mungkin suka tidur terlalu larut malam, mulai sekarang biasakan tidur lebih awal. Tidur terlalu larut malam bisa memicu beragam penyakit bersarang dengan mudah di dalam tubuh. Tidak sedikit penelitian menyebutkan bahwa tidur terlalu malam mampu menurunkan kesehatan hati, ginjal dan jantung. Ketika tidur terlalu malam telah menjadi kebiasaan dan terjadi secara terus menerus, ada banyak nutrisi dan energi dalam tubuh yang tidak bisa bekerja dengan baik di tubuh. Dan beberapa penyakit yang dapat terjadi ketika tidur terlalu malam telah menjadi kebiasaan adalah penyakit jantung, diabetes, kanker hati dan berbagai masalah lain.

Seorang profesor bernama Philippe Froquel dari Imperial College di London menyebutkan bahwa "kontrol gula darah adalah salah satu dari banyaknya proses yang diatur oleh jam biologis tubuh". Kita bisa tahu bahwa salah satu jam biologis seseorang adalah saat tidur. Jika tidur seseorang tidak maksimal, maka dapat dipastikan bahwa satu jam biologis seseorang tersebut bisa cacat atau tidak maksimal. Dan inilah yang dapat membahayakan tubuh serta menyebabkan beragam masalah kesehatan muncul.

Jam 9 - 11 malam

Waktu ini adalah waktu utama untuk memulai tidur. Pada waktu ini, proses pembuangan zat-zat tidak berguna pada tubuh di bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening) sedang berlangsung. Jadi, di waktu ini seseorang sudah mulai bisa beristirahat dengan baik agar pembuangan racun dalam tubuh bisa berjalan maksimal.

Jam 11 - 1 pagi

Pada waktu ini proses de-toxin tubuh untuk bagian hati. Saat de-toxin ini berlangsung, sangat disarankan bagi seseorang dalam keadaan tidur.

Jam 1 - 3 pagi

De-toxin akan bekerja di paru-paru. Ketika seseorang memiliki penyakit batuk, maka tidak heran pada jam-jam ini seseorang akan mengalami batuk hebat. Selama waktu ini, proses de-toxin telah sampailah kepada saluran pernafasan. Untuk penderita batuk, pada waktu tidak dianjurkan untuk meminum obat karena dapat memicu tindak kegagalan proses pembersihan pada paru-paru. Sangat disarankan di waktu ini seseorang bisa beristirahat dengan baik dan maksimal serta sangat tidak disarankan berada di luar ruangan.

Jam 4 - 7 pagi

Proses de-toxin telah pada fase usus besar. Seseorang akan secara alamiah merasakan ingin buang air besar ataupun air kecil. Untuk itu, diharuskan untuk buang air kecil atau air besar pada waktu ini untuk menjaga kesehatan tubuh. Di waktu ini pula, seseorang disarankan untuk segara bangun dari tidur.

Jam 7 - 9 pagi

Waktu ini adalah waktu penyerapan gizi makanan untuk tubuh lewat usus kecil. Agar tubuh tetap terjaga pada waktu ini seseorang diharuskan untuk sarapan pagi. Di waktu ini, sistem pencernaan sedang memulai aktivitasnya dan diharapkan saat proses ini, perut dalam keadaan terisi makanan. Study menyebutkan bahwa sangat tidak baik di waktu ini seseorang tertidur.

Jika seseorang tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang, maka akan mengacaukan sistem de-toxin dalam tubuh dan hal inilah yang bisa memicu seseorang terkena resiko penyakit yang lebih berat. Jadi, usahakan untuk memiliki waktu istirahat yang tetap dan teratur.

Cari Artikel Lainnya