0
11
0
Yang Perlu Diperhatikan Ketika Jadi Mahasiswa Baru
4 weeks 'ago'

Menjadi mahasiswa baru adalah pengalaman yang ditunggu-tunggu bagi pelajar yang sudah lulus SMA. Transisi dari masa putih abu-abu ke masa perkuliahan, seringkali menimbulkan pertanyaan dan kekhawatiran tersendiri bagi para calon mahasiswa baru. Salah satu hal yang paling terasa perbedaannya ketika hari pertama menjadi mahasiswa baru adalah pergi ke sekolah kampus tidak lagi dengan putih abu-abu. Percayalah, dunia kampus tidak melulu seindah yang ditayangkan dalam layar televisi. Ketika mulai menjadi mahasiswa, Anda dituntut untuk cepat belajar, dimana Anda harus terbiasa beradaptasi oleh sistem belajar yang tentu berbeda dengan masa-masa SMA. Menjadi mahasiswa baru bagaikan bersiap untuk menggambar di kertas putih. Adalah pilihan Anda untuk mengisinya dengan tinta apa.

Berikut yang perlu diperhatikan ketika menjadi mahasiswa baru:
1. Perbanyak Teman

Masa-masa mahasiswa baru adalah momen lucu untuk dikenang ketika Anda memakai baju wisuda dan bernostalgia atas nama mahasiswa tingkat akhir. Mulai dari teman satu jurusan, satu fakultas, luar fakultas, kakak senior, dosen dan lain-lain. Tidak dipungkiri, banyak keuntungan yang kita dapatkan dari memperbanyak teman, di antaranya: semakin banyak teman, semakin luas jaringan untuk dapat bertukar informasi, sebagai tempat berbagi, bercerita dan saling menyemangati, menjadikan diri lebih produktif, dan lain-lain. Semakin kita banyak berinteraksi dengan orang lain, semakin kita belajar bagaimana cara memahami orang lain.

2. Segera Cari Kegiatan dan Lingkungan yang Positif
Mengapa segera? Salah seorang motivator Jamil Azzaini mengatakan, "Teman-teman yang ada di sekeliling Anda hari ini, bisa menjadi salah satu hal yang menentukan, akan seperti apa Anda di masa depan." Betapa lingkungan dapat berpengaruh bagi masa depan Anda. Saatnya untuk mulai mencari lingkungan yang positif. Ketika dikelilingi oleh orang-orang yang positif, bersemangat, mau belajar, tentu akan menjadi energi positif tersendiri untuk perkembangan dirimu.

3. Saatnya Untuk Unjuk Gigi
Pertama, susun strategi belajar agar mendapatkan IP (Indeks Prestasi) yang optimal. Pada umumnya, semakin tinggi semester semakin berat bobot pelajaran di dalamnya. Jadi, adalah strategi yang tepat jika di semester awal Anda berjuang untuk meraih IPK setinggi-tingginya. Jangan segan untuk bertanya kepada dosen dan aktif di kelas, mengerjakan tugas tepat waktu, dan kerahkan segenap passionmu.

Kedua, ikuti berbagai kompetisi. Bagi seorang mahasiswa baru, ini adalah kesempatan Anda untuk bisa mendobrak nama agar dikenal teman-teman, dosen, dan petinggi-petinggi fakultas. Jadilah mahasiswa yang pro aktif untuk mencari informasi lomba-lomba yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di media sosial, ataupun di papan pengumuman yang terdapat di koridor kampus. Dengan mengikuti berbagai kompetisi, Anda jadi bisa mengukur kapasitas diri dan mendapatkan banyak pengalaman. Tidak ada yang rugi dari sebuah kompetisi:

Nah, itulah yang perlu Anda perhatikan ketika menjadi mahasiswa baru. Inilah saat yang tepat untuk memulai merencanakan warna-warna yang indah di kehidupan kuliahmu.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow