0
61
0
7 Patung Tertinggi di Dunia, Keren, Ternyata No.2 dari Indonesia
5 months 'ago'

Pembangunan sebuah patung tentunya tak hanya sekadar menjadi karya seni dan juga untuk menghormati sejarah di negara tersebut. Tak ayal, patung-patung tersebut juga menjadi salah satu daya tarik untuk menarik banyak kunjungan wisata.
Nah, berbicara mengenai patung, sebenarnya banyak hal yang bisa kita bahas. Namun, yang akan menjadi topik utama pembahasan pada kesempatan kali ini yaitu mengenai 7 patung tertinggi di dunia, garuda wisnu kencana jadi salah satunya.

Tahukah anda, jika beberapa patung di dunia ini dibuat dengan ukuran yang tidak biasa? Ada yang berukuran kecil dan ada juga yang berukuran besar sampai hampir setara dengan gedung pencakar langit.

Lalu apa saja nama patung tertinggi di dunia? Daripada penasaran, langsung saja yuk silahkan anda simak sedikit informasi berikut ini mengenai daftar 7 patung tertinggi di dunia.

Daftar Patung Tertinggi di Dunia

1. The Spring Temple Buddha (Cina)

The Spring Temple Buddha ( 中原大佛 ) adalah patung tertinggi no 1 di dunia yang tercatat di 'Guinness World Records'. Berada di Provinsi Henan, tinggi patung ini yaitu 153 meter, berat 1000 ton, dan dibangun dari 1.100 kepingan tembaga.

Pembangunan patung ini dimulai pada tahun 1997 dan selesai pada tahun 2008, menghabiskan biaya $ 55,000,000 (atau sekitar 800 miliar rupiah).

 

2. Garuda Wisnu Kencana (Indonesia)

Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) ini berdiri megah didalam kompleks Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana dan juga merupakan hasil karya pematung terkenal Bali, yaitu I Nyoman Nuarta.

Patung ini sendiri mengambil wujud dari Dewa Wisnu yang sedang mengendarai burung Garuda. Jika didalam ajaran agama Hindu, Dewa Wisnu merupakan Dewa Pemelihara.

Patung ini memiliki tinggi 120 meter dan berat 4000 ton, peletakan batu pertama pembangunan patung ini dilakukan pada tahun 1997. Patung ini sendiri selesai dibangun pada tahun 2018 dan menghabiskan biaya sekitar 450 miliar rupiah.

 

3. Ushiku Daibutsu (Jepang)

Patung Ushiku Daibutsu ini terletak di Ibaraki, Jepang. Patung ini mempunyai tinggi 120 meter, serta patung ini juga dikenal secara umum dengan nama Sanskerta-nya Amitabha.

Pembangunan patung yang terletak di Jepang ini berlangsung sejak tahun 1995 dan selesai dibangun pada tahun 2002.

 

4. The Laykyun Sekkya Buddha (Myanmar)

Patung yang ada di urutan keempat tertinggi di dunia adalah The Laykyun Sekkya Buddha yang terletak di Myanmar. Patung ini mempunyi tinggi 116 meter dan mulai dibangun pada tahun 1996, selesai pada tahun 2008.

Patung ini banyak sekali menarik minat wisatawan karena selain tinggi, patung ini juga unik. Tidak seperti patung-patung tertinggi lainnya, patung ini mempunyai dua patung besar yaitu yang berdiri dan yang berbaring.

 

5. Liberty Statue (USA)

Patung ini adalah salah satu patung yang sangat terkenal di dunia. Patung Liberty terletak di Amerika Serikat, selesai dibangun pada tahun 1886. Patung ini mempunyai tinggi 93 meter, serta merupakan patung yang dihadiahkan oleh Perancis kepada Amerika Serikat.

Patung perunggu yang diresmikan pada tanggal 28 Oktober 1886 ini merupakan hadiah untuk 100 tahun kemerdekaan Amerika Serikat, dan juga merupakan ungkapan persahabatan antara kedua negara tersebut.

 

6. The Motherland Calls (Rusia)

Patung The Motherland Calls ini dibuat dari beton setinggi 85 meter, dan dengan berat sekitar 8.000 ton. Patung ini terletak di Mamayev Kurgan di Rusia, dan selesai dibangun pada akhir tahun 1960. Patung ini dirancang oleh pematung Yevgeny Vuchetich, dan insinyur sipil Nikolai Nikitin.

Bentuk patung ini memperlihatkan seorang perempuan yang memegang pedang tinggi-tinggi. Patung ini dibangun untuk memperingati pengorbanan tentara Soviet dalam Pertempuran Stalingrad pada Perang Dunia Kedua.

7. Christ the Redeemer (Brasil)

Patung ini juga merupakan salah satu patung yang terkenal, karena seringkali muncul didalam film-film yang diproduksi Hollywood. Patung setinggi 39,6 meter ini terletak di Rio de Janeiro, Brasil. Selesai dibangun pada tahun 1931.

Patung yang mempunyai berat 700 ton ini menjadi simbol Kekristenan di seluruh dunia, serta juga menjadi ikon budaya Rio de Janeiro dan Brasil.

Demikian penjelasan diatas mengenai jajaran patung tertinggi di dunia. Semoga bermanfaat!

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow