0
24
0
10 Kampus Hukum Terfavorit di Indonesia, Pencetak Alumni Berprestasi
1 month 'ago'

Salah satu program studi yang selalu dibanjiri peminat tiap penerimaan mahasiswa baru adalah Hukum. Prodi dari bidang sosial humaniora ini punya daya tampung yang cukup besar di tiap universitas.

Berikut ini sepuluh kampus Hukum terfavorit di Indonesia yang dihimpun dari berbagai sumber. Selain nilai akreditasinya baik, kesepuluh kampus berikut juga banyak mencetak alumni berprestasi. Apakah salah satunya adalah kampus impianmu?

1. Universitas Indonesia

Fakultas Hukum Universitas Indonesia menempati peringkat pertama dengan nilai akreditasi A. Pada SBMPTN 2019 ini, disediakan 167 kursi bagi calon mahasiswa yang lolos seleksi.

Beberapa alumni penting dihasilkan oleh kampus ini. Alya Rohali, artis yang pernah menyabet gelar Puteri Indonesia 1996, menempuh pendidikan Magister Hukum di UI dengan indeks prestasi kumulatif hampir sempurna.

Selain itu, ada Adnan Buyung Nasution. Anggota Dewan Pertimbangan Presiden tahun 2007-2009 ini juga merupakan alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

2. Universitas Padjajaran

Di posisi kedua ada Universitas Padjajaran yang sudah mengantongi predikat A untuk Fakultas Hukum. Daya tampung mahasiswa Hukum Unpad pada SBMPTN 2019 ini sebanyak 180 kursi.

Tokoh penting yang pernah mengenyam pendidikan Hukum di Unpad, di antaranya adalah Bagir Manan, Ketua Mahkamah Agung periode 2001-2008. Selanjutnya ada Eman Suparman yang menjabat sebagai Ketua Komisi Yudisial periode 2010-2015.

3. Universitas Katolik Parahyangan

Masih dari Bandung, Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan juga dikenal lewat prestasi dan reputasinya. Prodi ini juga sudah mendapat nilai akreditasi A.

Ada dua pengacara ternama yang merupakan alumni Fakultas Hukum Universitas Parahyangan, yaitu Hotman Paris Hutapea dan OC Kaligis.

4. Universitas Gadjah Mada

Jumlah calon mahasiswa yang mengincar Universitas Gadjah Mada gak pernah sepi dari tahun ke tahun, salah satunya menyasar Prodi Hukum. Daya tampung Hukum UGM di SBMPTN 2019 ini berjumlah 149 kursi.

Kredibilitas Prodi Hukum UGM gak perlu diragukan lagi. Selain sudah mengantongi predikat A, para alumninya mendominasi jajaran nama hakim di Kementerian Hukum dan HAM Indonesia.

5. Universitas Trisakti

Setelah Universitas Katolik Parahyangan, Trisakti menjadi perguruan tinggi swasta kedua yang paling diincar Prodi Hukumnya. Beberapa publik figur yang sempat mengenyam pendidikan di sana adalah Alya Rohali, Gista Putri, dan Youtuber Arief Muhammad.

6. Universitas Pelita Harapan

Sering dijuluki sebagai kampusnya para artis, Universitas Pelita Harapan memiliki Program Studi Hukum yang dikenal ramai peminat. Prodi ini sudah mengantongi predikat A, lho.

7. Universitas Diponegoro

Bergeser ke Jawa Tengah, Universitas Diponegoro menempati peringkat ketujuh dalam deretan kampus Hukum terfavorit di Indonesia. Salah satu alumni pentingnya adalah Tjahjo Kumolo, Mendagri yang masih aktif menjabat saat ini.

8. Universitas Atma Jaya Jakarta

Prodi Hukum Universitas Atma Jaya Jakarta adalah satu-satunya kampus berakreditasi B dalam peringkat sepuluh besar ini. Namun dari segi peminat dan prestasi akademiknya, Hukum Atma Jaya Jakarta punya reputasi sangat baik.

9. Universitas Sumatera Utara

Gak heran kalau orang Sumatera Utara banyak yang berprofesi sebagai pengacara andal dan praktisi hukum. Ternyata, Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara menempati peringkat kesembilan kampus Hukum terfavorit di Indonesia.

Beberapa alumni pentingnya adalah Surya Paloh, politisi yang kini menjabat sebagai Ketua Umum Partai Nasdem, dan Yasonna Laoly, Menteri Hukum dan HAM periode 2014-2019.

10. Universitas Airlangga

Di peringkat kesepuluh ada Universitas Airlangga yang berlokasi di Surabaya. Prodi Hukum Universitas Airlangga sudah berpredikat A dan membuka 104 kursi untuk calon mahasiswa yang lolos pada SBMPTN 2019.

Prodi Hukum Unair juga melahirkan alumni hebat yang kini memegang peran penting dalam sistem pemerintahan negara. Ada Soekarwo, Gubernur Jawa Timur yang menjabat dua periode dari tahun 2009-2019. Disusul Muhammad Hatta Ali yang menduduki kursi Ketua Mahkamah Agung RI untuk periode 2012-2017 dan 2017-2022.

Di antara sepuluh kampus Hukum terfavorit di atas, ada kampus impianmu gak? Semoga mimpimu bisa berkuliah di sana segara terwujud, ya!

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow