Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 10 Kebiasaan Sehari-hari Ini Bisa Meningkatkan Risiko Kanker Lho

10 Kebiasaan Sehari-hari Ini Bisa Meningkatkan Risiko Kanker Lho

- Minggu, 10 Oktober 2021 | 06:00 WIB
10 Kebiasaan Sehari-hari Ini Bisa Meningkatkan Risiko Kanker Lho

Kanker termasuk penyakit mematikan yang menyebabkan kematian paling besar. Kanker terjadi karena banyak hal. Berbagai jenis kanker tersebar dan bisa menyerang siapa saja, tidak mengenal umur, gender ataupun latar belakang. Kanker terkadang sulit diprediksi hingga banyak kasus terkena penyakit ini dalam tahap yang sudah serius dan parah. 

Sebenarnya kanker pun bisa muncul dari kebiasaan sehari-hari yang sering kita lakukan lho. Kamu harus tahu biar gak terus mengulangi kebiasaan yang bisa meningkatkan resiko kanker seperti di bawah ini.

1. Konsumsi rutin alkohol

Konsumsi rutin alkohol bukan berarti menjadi gaya hidup yang bisa kamu pertahankan dengan alasan penat atau demi menghilangkan stres. Celakanya alkohol tidak memberi ketenanganmu secara nyata, mereka hanya sementara dan menimbulkan banyak masalah di kemudian hari. Alkohol yang diminum setiap hari bisa menyebabkan kanker hati, tenggorokan, usus besar sampai kanker payudara. 

2. Terlalu lama duduk

Kanker usus besar akan menghantui kalian ketika terlalu banyak berdiam di tempat ataupun duduk dalam waktu yang lama. Minimnya pergerakan akan menimbulkan berbagai masalah seperti darah tersumbat, tubuh pegal dan lemas.

3. Menggunakan deodorant

Terdapat pemberitaan mengenai deodorant yang kini berkaitan erat dengan kanker payudara. Dan kenyataannya itu merupakan hal yang benar. Ketika keringat tercampur dengan deodorant senyawa alumunium yang terkandung di dalamnya akan berbahaya untuk diserap kulit. Kondisi ini akan merubah reseptor estrogen dan memicu terjadinya kanker.

4. Memakai produk kecantikan yang mengandung paraben

Ketika zat ini terserap dalam kulit kita maka itu sama saja memberi asupan makanan bagi sel kanker dalam tubuh. Penggunaan kosmetik dan bahan perawatan kecantikan yang mengandung paraben akan meningkatkan pertumbuhan sel kanker payudara secara dratis.

5. Berada di lingkungan berpolusi

Polusi udara tidak bisa dianggap remeh. Karena sepanjang tahun 2010 WHO telah mencatat kematian 223.000 orang akibat kanker paru-paru. Selain polusi dari lingkungan industri dan asap kendaraan, asap rokok menjadi hal penting yang harus kita hindari sedini mungkin. 

6. Tidak melindungi kulit dengan tabir surya

Sun screen atau tabir surya bukan hanya digunakan oleh perempuan yang peduli pada kecantikan. Formula ini dirancang untuk melindungi kulit siapapun dari paparan sinar matahari dan terlindungi dari kanker kulit. Demi menjaga kesehatan kulit kamu perlu menggunakan sun screen setiap berkegiatan di luar rumah.

7. Menggunakan barang-barang tidak ramah lingkungan

Barang yang sulit diterima bumi juga ternyata sulit diterima untuk tubuh manusia. Menggunakan wadah plastik atau sterofom yang mengandung BPA secara tidak langsung telah memperbesar terjadinya resiko kanker. Bahan kimia BPA bisa melemahkan keseimbangan hormon yang berpotensi menyebabkan kanker payudara. 

8. Mengonsumsi olahan daging bakar berlebihan

Mengolah daging dengan suhu tinggi dapat menciptakan bahan kimia yang bisa menyebabkan perubahan pada DNA. Dan hal itu merupakan kebiasaan kecil yang bisa menyebabkan datangnya kanker. Apalagi jika daging yang dibakar dengan sensasi hangus dan rasa pahit, yang merupakan tingkat paling berbahaya dalam memicu penyakit kanker.

9. Kurang minum air putih

Kopi kekinian mungkin terasa enak untuk dikonsumsi secara berkala, tapi pernahkah kamu berpikir itu bisa menyebabkan kanker kandung kemih? Yap, peran kopi lezat sekarang menggeser keberadaan air putih yang seharusnya dikonsumsi rutin per harinya. Kalau mau terhindar dari kanker kantung kemih, biasakan untuk mengganti kopimu dengan air putih ya.

10. Tertidur berdekatan dengan gadget

Radiasi yang terpapar dari ponsel akan bersarang dalam tubuh dan berkaitan erat dengan terjadinya kanker otak. Biasakan untuk tidur tanpa keberadaan gadget di sekitar kalian. Hal ini bisa memperkecil terjadinya kanker dan juga meningkatkan kualitas tidur kita.

Agar tidak menyesal di kemudian hari, pastikan kamu merubah kebiasaan seperti di atas tadi ya guys. Awalnya mungkin akan terasa berat, tapi percayalah ini semua kamu lakukan untuk masa depan kesehatan kalian. 

Cari Artikel Lainnya