Home » Kongkow » Kesehatan » 5 Manfaat Mengonsumsi Jagung Rebus untuk Kesehatan

5 Manfaat Mengonsumsi Jagung Rebus untuk Kesehatan

- Kamis, 20 Juni 2019 | 10:45 WIB
 5 Manfaat Mengonsumsi Jagung Rebus untuk Kesehatan

Jagung rebus merupakan makanan yang nikmat disantap ketika hujan atau berada di daerah yang dingin. Panasnya jagung rebus dipadu dengan dinginnya suasana sekitar pasti menjadi pengalaman yang tak terlupakan untuk dinikmati. Tapi tahukah anda? Bukan saja lezat disantap, jagung manis yang telah direbus juga memiliki banyak kegunaan untuk kesehatan tubuh.

Manfaat jagung rebus bagi kesehatan
Inilah beberapa manfaat jagung rebus bagi kesehatan tersebut:

1. Menjaga sistem pencernaan 
Mengonsumsi jagung akan membuat sistem pencernaan anda menjadi lebih sehat. Hal itu disebabkan karena jagung memiliki kandungan serat yang tinggi. Selain itu, jagung juga dapat menyerap kolesterol jahat dan membuangnya dari tubuh. Jagung rebus akan membuat metabolisme tubuh anda menjadi semakin lancar.

2. Mencegah kekurangan darah 
Anemia bisa terjadi ketika anda kekurangan sel darah merah, penyakit ini biasanya ditandai dengan pusing secara tiba-tiba. Mengonsumsi jagung rebus akan membuat anda memiliki sel darah merah yang cukup. Di dalam jagung terdapat Vitamin B12, senyawa asam folat, dan juga zat besi yang berfungsi untuk membantu menghasilkan hemoglobin yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga anda dapat beraktivitas dengan lebih semangat serta tidak mudah lelah.

3. Sebagai menu diet 
Jagung rebus memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang dapat menggantikan nasi. Ketika mengonsumsi jagung rebus, anda akan lebih lama merasakan kenyang karena ada kandungan karbohidrat di dalamnya. Selain itu, jagung memiliki kandungan kalori yang lebih sedikit dibanding nasi sehingga tidak mengakibatkan obesitas.

4. Mencegah penyakit diabetes
Dalam biji jagung terdapat zat fitokimia yang mampu mengatur penyerapan dan pelepasan insulin di dalam tubuh. Oleh karena itulah jagung dinobatkan sebagai makanan sehat yang kaya nutrisi.

5. Menjadikan kulit awet muda
Antioksidan yang terdapat pada jagung rebus akan menangkal radikal bebas yang sering menyerang tubuh. Kulit merupakan bagian terluar tubuh yang sering terpapar oleh zat-zat luar yang berbahaya. Mengonsumsi jagung rebus dapat menjadi solusi bagi anda yang ingin memiliki kulit yang tetap awet muda.

Itulah 5 manfaat jagung rebus untuk kesehatan yang perlu anda tahu. Jadi, tahu kan sekarang kalau jagung rebus bukan hanya nikmat tapi juga kaya manfaat?

Cari Artikel Lainnya