0
48
0
Untuk Para Pemula Magang : Bagaimana Bersikap Saat Magang?
5 months 'ago'

Magang merupakan cara terbaik untuk mengalami dan beljar tentang dunia pekerjaan yang sesungguhnya. Magang bisa menjadi hal yang menakutkan bagi kamu yang pertama kali akan melakukan magang. Banyak hal-hal yang kamu takuti, mulai dari supervisor, pekerjaan yang akan ditugaskan ke kamu sampai dengan cara bersikap yang baik dan benar saat magang.

Dibawah ini adalah SOLUSI untuk permasalahan cara bersikap saat magang. Inilah 4 sikap-sikap yang harus kamu perhatikan saat kamu magang di sebuah perusahaan:

1. Banyak Bertanya
Saat kamu magang di sebuah perusahaan mungkin kamu khawatir dengan banyak hal dan tidak berani untuk bertanya, justru jika kamu bersikap demikian, para karyawan di sekitar kamu akan merasa bahwa kamu sudah tahu semuanya dan tidak membutuhkan bantuan. Bertanya itu adalah hal yang wajar saat pertama kali kamu melakukan hal yang baru karena akan ada banyak hal-hal baru yang akan kamu temui.

Jika kamu takut untuk bertanya, kamu tidak akan bisa belajar dan beradaptasi. Supervisor kamu akan lebih senang jika kamu jujur saat kamu tidak mengerti dan bertanya agar kamu dapat melakukan hal yang benar sesuai dengan perintah yang diberikan, jadi SILAHKAN BERTANYA !

2. Bersikap Professional 

Bersikap layaknya seorang professional merupakan suatu hal yang harus kamu lakukan meskipun kamu tidak memiliki pengalaman kerja atau magang. Dalam hal ini, bersikap menghargai dan menghormati adalah kuncinya. Kamu juga harus tahu kapan kamu dapat berbicara dan kapan kamu harus mendengarkan. 

Saat kamu magang, kamu akan dilihat sebagai seseorang yang tidak tahu apa-apa tentang dunia pekerjaan, dengan bersikap professional, kamu dapat mematahkan prasangka tersebut. Hal ini sangatlah penting dalam dunia pekerjaan karena memang sikap yang seharusnya ditunjukkan adalah selalu bersikap professional.


3. Selalu Berkata IYA!

Dalam poin kali ini, berkata IYA bukan hanya tunjukkan dengan perkataan yang kamu ucapkan akan tetapi juga dengan body language. Saat supervisor kamu memberikan tugas kepada kamu meskipun yang tidak masuk akal sekalipun, selalu katakan IYA baik dengan mulut dan body language.

Body Language yang dimaksud adalah jika kamu mengatakan kamu bersedia untuk melakukannya, tunjukkanlah! Supervisor kamu akan memperhatikan body language kamu, jika kamu mengatakan kamu bersedia akan tetapi kamu bersikap seperti seseorang yang berbeban untuk melakukan hal tersebut, supervisor kamu akan merasa bahwa kamu tidak memiliki semangat bekerja dan kamu tidak akan dihargai.


4. Bersikap Ramah

Ketiga poin diatas mungkin membuat kamu merasa bahwa dunia pekerjaan adalah environment yang serius dan menakutkan, karena itu poin terakhir ini merupakan poin yang akan merubah pemikiran kamu.

Salah satu alasan sebuah perusahaan membuka peluang magang adalah sebagai pengubah suasana di tempat pekerjaan. Saat kamu merupakan karyawan magang dalam suatu perusahaan, ingatlah untuk bersikap RAMAH! Melakukan pekerjaan sebaik-baiknya memang sangat penting akan tetapi jangan lupa untuk juga bersosialisasi dengan orang-orang yang ada disekitar kamu.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow