999 +
0
31
0
Biar Magang Tidak Hanya Bengong Saja, Yuk Cek Kiat Berikut Ini!
4 weeks 'ago'

Sekarang ini, banya sekali mahasiswa yang memanfaatkan semester akhir atau liburan semesternya untuk magang. Magang dilakukan baik di instasi pemerintah, perusahaan besar, maupun di organisasi social, mereka dapat mengaplikasikan ilmu yang mereka dapat di dalam dunia pekerjaan yang nyata. Tak hanya mengaplikasikan ilmu kamu juga bisa merasakan rasanya menjadi karyawan yang sesungguhnya. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan ketika magang.

Tapi tak semua aktifitas magang adalah pengalaman yang manis. Banyak juga dari pengalaman tersebut yang terbuang sia-sia, ini semua dikarenakan sedikitnya tugas yang harus kamu kerjakan. Jadi masa liburanmu akhirnya hanya terbuang sia-sia. Nah kalua kalian tidak mau waktu magangnya terbuang sia-sia, baca tips dibawah ini agar magangmu lebih bermakna!

  1. Pastikan instasi yang kamu incar memang sedang membutuhkan anak magang.

Tidak semua perusahaan siap menerima mahasiswa magang. Banyaknya perusahaan rintisan yang mempunyai sumber daya yang terbatas, sehingga yang bisa mereka kembangkakn hanyalah skill karyawan tetap mereka saja. Tak hanya itu saja, perusahaan besar atau instansi pemerintah yang sudah settled pun belum tentu akan menjamin masa magangmu menyenangkan. Perusahaan besar tersebut ada kemungkinan merasa bahwa karyawan mereka selama ini sudah mampu memenuhi semua kebutuhan perusahaan.

  1. Teliti program dari perusahaan yang akan kalian jadikan tempat magang

Agar pengalaman magangmu tidak terbuang sia-sia, ada baiknya kamu ajukan pertanyaan seperti berikut sebelum melamar magang di sebuah perusahaan:

  • Apakah perusahaan tersebut memang membuak program magang untuk mahasiswa, atau hanya kamu yang berinisiatif untuk melamar disana?
  • Apa perusahaan tersebut mempunyai mentor yang mampu dan mau mengembangkan bakat kamu?
  • Magang yang dibayar merupakan salah satu tanda terbaik bahwa program magang itu serius. Dengan cara itu kamu diharap bisa berkontribusi sesuai dengan kapasitasmu dan tanda lainnya juga bahwa kamu dihargai atas kontribusimu.
  • Skill apa saja yang ingin kamu kembangkan dari program magang itu?

Dan jangan lupa untuk perhitungkan apa perusahaan itu memang sama dengan pasioon kamu. Tinjaulah tujuan magangmu, jangan sampai sia-sia atasu sebatas kewajiban akademik saja.

  1. Sikap professional harus ditunjukan, karena magang tak seperti kuliah biasa

Untuk menjadi sukses di perusahaan membutuhkan lebih dari kecerdasan akademis dan pengetahuan yang luas. Bagi sebuah perusahaan pintarnya seseorang harus diimbangin dengan sikap atau attitude yang baik. Dalam sebuah perusahaan terdiri dari berbagai macam orang, denga latar, sikap yang beragam. Sebaiknya kita sebagai mahasiswa magang bisa menghormati tenaga kerja yang lain pada perusahaan tersebut.

Seandainya kamu magang denga posisi kerja lapangan, kamu harus bisa bersikap baik dengan klien-klien kamu di lapangan. Kakmu juga harus mematuhi pertaturan yang ada di dalam perusahaan. Jaika diperlukan, mintalah saran professional dari merka dengan tetap menghormati waktu dan tenaga terbatas yang mereka punya.

  1. Anak magang hanya mempunyai dua tangan

2 tangan? Maksudnya gimanasih? Kedua tangan yang kamu punya itu satu untuk membantu atasan dan tangan yang lainnya untuk membantu karyawan lain yang sedang membutuhkan bantuan.

Sebagai anak magang, jangan terlalu strict kepada job desc asli kita. Apabila pekerjaan pada area A telah selesai, jangan ragu untuk menawarkan bantuan di area B selama masih berkaitan dengan bidang kita atau pekerjaan yang sedang kita kerjakan. Semakin banyak menolong, semakin banyak pengalaman yang bisa kita dapatkan di tempat magang.

Jangan pernah ragu untuk bertanya akan sesuatu yang tidak kamu mengerti. Karenanya kamu harus memiliki inisiatif untuk bertanya pada orang-orang yang lebih tahu atau ahli. Hilangkan alasan “Aku tidak tahu karena tidak ada yang memberi tahu”, sebab bekerja menuntut lebih banyak inisiatifmu. Toh tidak semua poin-poin bisa disampaikan selama kamu dimentori. Ada saja yang luput. Jangan ragu dan takut salah ketika menghadapi pekerjaan. Jangan pula bertingkah sok tahu karena begitu inginnya mendapatkan penilaian positif di mata perusahaan.

  1. Magang merupakan kesempatan untuk menjaring koneksi

Jangan malu untuk berkenalan dengan banyak orang baru. Kamu disarankan untuk mengenali rekan-rekan dari berbagai divisi, bhakan diluar divisimu sendiri. Tunjukkan bahwa kamu mudah bersosialisasi dan beradptasi dengan mereka yang bekerja di perusahaan. Ada begitu banyak orang dalam perusahaan yang akan membantumu berkembang. Janganlah malu-malu berkenalan kalau mau dibantu. Bukan saat kamu sedang magang saja, namun mungkin juga di masa depan ketika kamu perlu mencari kerja.

Jangan lupa untuk meninggalkan kesan unik dan mengesankan selama menjalani periode magang. Bukan tak munkin kesan tersebut akan membuat nama kita selalu diingat perusahaan. Mengerjakan sesuatu yang disukai adalah hal paling penting dalam mengerjakan sesuatu. Termasuk magang. Sepanjang kita mengerjakannya berdasarkan kecintaan, yang kita dapatkan tak hanya sebatas lembaran nilai dari kampus. Ada pengalaman, arena bermain yang seru, wadah berekspresi, dan masa depan yang lebih baik. Selamat mencoba!

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow