999 +
0
46
0
APA ITU TANAMAN VARIEGATA ?
1 month 'ago'

APA ITU TANAMAN VARIEGATA ?

Pengertian Variegata yaitu bagian dari tanaman yang memiliki suatu perbedaan warna dengan warna aslinya , pada umumnya letaknya berdampingan pada satu bagian tubuh tanaman. Variegata diekspresikan dalam bentuk bagian tanaman berupa belang atau bercak warna yang berbeda dengan warna aslinya. Warna variegata pada umumnya yaitu kuning, putih,merah muda dan coraknya tidak beraturan, Namun ada juga variegata yang coraknya beraturan bahkan bisa terjadi pada seluruh bagian sehingga tampilan warnanya hanya kuning, putih, atau merah muda saja
Bagaimana proses terjadinya variegata? Variegata terjadi akibat hasil dari perubahan genetik atau mutasi pada sel-sel tanaman. Mutasi atau perubahan dapat terjadi secara alami ataupun dengan buatan. Mutasi yang terjadi secara alami sangatlah langka dan jarang, kisaran terjadinya 1 banding 1000000, sedangkan mutasi buatan lebih sedikit perbandingannya. Mungkin sebagian orang bertanya-tanya mengapa ada yang sengaja membuat mutasi? Karena tanaman varigata mempunyai nilai ekonomi tersendiri bahkan nominalnya bisa dikatakan tidak wajar karena diatas rata-rata. Tanaman varigata tertentu menjadi buruan para kolektor tanaman langka.

gambar sawo manila dan palem weregu variegata

sawo manila dan palem weregu variegata

Mutasi yang menyebabkan variegata adalah perubahan sebagian kecil dari gen (gen warna) pada sel titik tumbuh tanaman, sehingga menimbulkan pada perkembangan sel-sel tersebut bisa membelah dan semakin banyak. Di lain sisi sel yang normal atau sehat juga berkembang. Kedua jenis sel itu bersama-sama berkembang sampai membentuk organ seperti daun, pada kondisi itulah daun tersebut dinamakan dengan variegata.

contoh gambar bunga sepatu variegata

gambar bunga sepatu variegata

Pada pertumbuhan tanaman, warna variegata tidak selalu bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Terkadang bagian ini kembali berwujud seperti semula berwarna hijau. Ada dua kemungkinan hal ini bisa terjadi, yaitu disebabkan sel variegata mempunyai sifat mutasi dapat kembali normal (tidak permanen) dan yang kedua yaitu disebabkan sel variegate lemah atau tidak sempurna. Sifat lemah variegata bisa menyebabkan tanaman mudah terserang penyakit atau tidak dapat mampu bersaing dengan sel sehat/normal dalam menyerap suplai sari makanan, pada akhirnya sel tersebut tidak berkembang dan mati. Oleh karena itu kita dapat menjumpai tanaman hijau-kuning yang lama kelamaan kembali berwarna hijau.

bunga paarigata Ashoka daun lebar

bunga parigata Ashoka

Di dalam dunia tanaman hias, tanaman variegata mempunyai nilai lebih jika dibandingkan yang berwarna biasa. Mungkin dikarenakan coraknya yang lebih memiliki daya tarik dan langka karena diluar kewajaran tanaman pada umumnya. Namun jangan sampai terkecoh dalam menentukan tanaman tersebut variegata atau bukan, bisa saja sama-sama memiliki corak warna yang berbeda pada satu bagian tanaman tetapi ternyata tanaman tersebut berpenyakit atau karena kekurangan unsur hara.

Ciri-ciri yang paling terlihat dari variegata yaitu pada batas coraknya jelas dan saling terhubung dengan corak pada bagian yang lain sebab variegata tersebut terjadi dari mutasi sel. Coraknya bisa diidentifikasi mirip seperti batik karena batasnya jelas. Sedangkan perbedaan warna yang disebabkan dari penyakit atau kekurangan hara yaitu menyerupai bercak tumpahan kopi, terdapat tingkatan (gradasi) warna yang beda dan tak beraturan dan juga tidak saling terhubung antara beberapa bercak. Jika ditemui bercak yang tak terhubung bisa dicurigai hal tersebut mungkin bukan variegata.

contoh gambar sepatu filum variegata

gambar sepatu filum variegata

Ciri yang lain yaitu bercak variegata bisa terlihat sampai ke batang atau yang paling tidak terlihat sampai tangkai dan juga tulang daun, sedangkan yang terserang penyakit atau kekurangan unsure hara hanya terjadi pada daun saja (umumnya pada pinggir daun). Hal tersebut disebabkan mutasi sel berawal dari pucuk meristem (titik tumbuh) lalu terus tumbuh dan berkembang sampai membentuk daun. Dari hal tersebut sel-sel hasil pertumbuhan itu bisa terlihat di batang, tangkai dan sampai tulang daun.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow