0
61
0
6 Bahasa Resmi PBB, Tak Ada Ruginya Kamu Pelajari!
4 months 'ago'

Orang yang tertarik pada bahasa asing juga cenderung tertarik pada kancah internasional. Oleh karena itu, Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) cenderung dilihat sebagai istana megah yang berdiri di puncak bukit. Organisasi dunia PBB tidak saja menjadi standar emas dalam diplomasi internasional, namun juga standar dalam keterampilan linguistik.

Ada enam bahasa yang digunakan secara resmi di PBB. Arab, Cina, Inggris, Perancis, Rusia, dan Spanyol. Sebagian besar dari bahasa-bahasa ini menjadi bahasa resmi karena paling banyak digunakan di dunia. Namun, semua ini juga tidak terlepas dari sejarah politik di balik terpilihnya enam bahasa yang digunakan oleh PBB. 

Walaupun belakangan ini sudah banyak aplikasi penerjemah, tidak ada salahnya kalau kamu tetap mempelajari salah satu dari keenam bahasa ini. Selain mempermudah dan mempercepat komunikasi, kemampuan bahasamu bisa menjadi nilai plus tersendiri. Entah untuk kualifikasi melamar kerja di perusahaan maupun di PBB, mengambil kesempatan belajar dan tinggal di luar negeri, hingga solo travelling. Sudah banyak aplikasi untuk belajar bahasa baru. Jadi, tidak ada lagi alasan untuk tidak belajar!

Sesuai slogan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, "Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, Pelajari Bahasa Asing!"

1. Bahasa Inggris: "Hello!"

Kita sudah mempelajari Bahasa Inggris mulai sejak pendidikan dasar, menengah, hingga perguruan tinggi. Bahasa Inggris sudah menjadi bahasa wajib untuk berkomunikasi di dunia internasional. Kehidupan kita juga tidak bisa lepas dari Bahasa Inggris. Coba lihat setiap aplikasi di gawai milikmu. Apakah ada yang tidak memakai Bahasa Inggris?

Pada tahun 1946 setelah berdirinya PBB, kelima bahasa pada saat itu (kecuali Bahasa Arab) diadopsi sebagai bahasa resmi, bahkan Bahasa Inggris dan Perancis diadopsi sebagai bahasa kerja. Perbedaannya, bahasa kerja adalah "bahasa pertukaran profesional sehari-hari," sedangkan bahasa resmi adalah bahasa di mana semua dokumen resmi harus ditulis.

Sebagai bahasa internasional, kamu wajib mempelajari Bahasa Inggris. Pergaulan internasional mengharuskan kamu untuk aktif berbahasa Inggris. Beruntung bagi kamu yang saat ini tengah menimba ilmu di negeri orang dan sehari-harinya berbicara dalam Bahasa Inggris. Kamu sudah memiliki modal awal yang baik. Sebaiknya, kamu belajar bahasa lainnya untuk menambah peluangmu masuk dan bekerja di PBB yang bermarkas di New York.

2. Bahasa Perancis: "Bonjour!"

Bahasa Perancis menjadi salah satu bahasa resmi dan bahasa kerja di PBB pada tahun 1946. Memasukkan Bahasa Perancis menjadi hal yang masuk akal, karena bahasa ini  banyak digunakan di dunia. Tidak hanya di Eropa, di Afrika (Selatan) pun menggunakan Bahasa Perancis sebagai bahasa nasional mereka.

Namun, Bahasa Perancis menjadi sangat sulit dimengerti jika kamu baru mempelajarinya. Apalagi, penulisan dan pengucapan dalam Bahasa Perancis adalah dua hal yang berbeda. Apa yang kamu tulis, tidak sama dengan apa yang harus diucapkan. Tetapi, jangan patah semangat. When there is a will, there is a way!

Dinamika peradaban di dunia ini memang tidak terlepas juga dari sejarah Perancis. Persatuan Bangsa-Bangsa di dunia mewajibkan kamu yang ingin bergabung bersama mereka untuk berbahasa Perancis. Kalau kamu memiliki kemampuan berbahasa lebih dari dua bahasa internasional, maka kamu layak bekerja di PBB. Sebagai langkah awal, ada baiknya kamu mencari makna pepatah tua ini: "Abondance de bien ne nuit pas." Tidak ada salahnya mempersiapkan semuanya sejak awal!

3. Bahasa Spanyol: "Hola!"

Masih ingat dengan ekspansi Bangsa Spanyol sejak abad 14? Pada saat itu, Spanyol dan Bangsa Portugal berbagi wilayah di dunia untuk dikuasai. Kesepakatan itu dibuat pada tahun 1494 dan dikenal dengan nama The Treaty of Tordisillas. Perjalanan Columbus menjelajahi dunia menjadi dasar kesepakatan tersebut, yaitu untuk meletakkan dan memperluas pengaruh Spanyol. Jauh sebelum kesepakatan tersebut dibuat, Columbus telah mengklaim San Salvador, Kuba and Hispaniola sebagai wilayah baru yang ditemukannya. Setelah Christopher Colombus menemukan Amerika di tahun 1492, penaklukan wilayah baru meluas ke wilayah selatan dan tengah Amerika, sebagian Karibia, Meksiko dan sebagian besar Amerika Serikat. Bayangkan seberapa besar pengaruh Spanyol dalam peradaban dunia. 

Walaupun kriteria bahasa resmi adalah bahasa dari negara-negara yang paling berpengaruh secara politis dan kuat di masa pasca perang, Bahasa Spanyol dimasukkan karena merupakan bahasa kedua yang paling banyak digunakan di dunia.

Bahasa Spanyol menjadi bahasa yang dipakai hampir di seluruh wilayah Amerika sehingga jelas posisinya sebagai salah satu bahasa internasional yang wajib digunakan di PBB. Bagi kamu yang ingin memulai belajar Bahasa Spanyol, kamu bisa menonton Dora the Explorer. Dalam setiap episode pasti kamu akan menemukan bagimana cara memperkenalkan diri dalam Bahasa Spanyol. "Hola, soy Dora!" atau "Hola, mi nombre es Dora." Kata-kata lain yang selalu ada dalam film Dora, seperti amigosla familiaabuelavamonos, dan sebagainya. Dengan menguasai bahasa ini, kamu berpeluang besar untuk bergabung menjadi staf PBB.

4. Bahasa Rusia: "Привет!"

Sebelum Rusia terpecah menjadi negara-negara baru, Rusia dikenal dengan nama Uni Soviet atau Union of Soviet Socialist Republics, disingkat menjadi  USSR. Di era perang dingin, hegemoni kekuasaan ada di antara Amerika Serikat dan Rusia. Kedua negara tersebut dianggap sebagai negara adidaya. Meskipun pengaruh Rusia di dunia global tidak sebesar dulu, pengaruhnya masih terasa hingga saat ini. Negara Rusia juga menjadi negara anggota tetap di Dewan Keamanan yang ada di PBB. Jadi, wajar saja bila Bahasa Rusia menjadi salah satu bahasa wajib di PBB.

Bahasa Rusia menjadi bahasa resmi baik dalam Majelis Umum maupun Dewan Keamanan PBB pada tahun 1968 dan 1969 setelah deklarasi Brezhnev Doctrine, sebuah doktrin yang menegaskan hak Uni Soviet untuk campur tangan dalam persoalan luar negeri.

Pernahkah kamu menonton film James Bond 007 yang berjudul Golden Eye? Film ini bercerita tentang era akhir perang dingin dan kejatuhan Rusia. Ada beberapa kata dalam Bahasa Rusia yang familiar di telinga jika kita menonton film tersebut. Misalnya спасибо yang dibaca spaseeba, "пожалуйста" yang dibaca pazhalusta dan "не стоит" yang dibaca ni stoit. Spaseebaartinya terimakasih, pazhalusta "terimakasih kembali," dan ni stoit yang artinya "tidak perlu berterimakasih".

5. Bahasa Cina: "你好!"

Bahasa Cina merupakan bahasa paling yang tidak kalah sulit untuk dipelajari. Bagi kamu yang sangat menyukai tantangan, Bahasa Cina menjadi bahasa yang tepat untuk kamu pelajari. 

Yang menjadi standar Bahasa Cina di PBB adalah Bahasa Mandarin, salah satu dalam kelompok Bahasa Tionghoa yang paling umum dan banyak digunakan di dunia. Setiap suara dalam sistem transkripsi fonetik pinyin Mandarin memiliki empat cara pengucapan yang berbeda. Belum lagi, Bahasa Mandarin adalah bahasa yang kaya homofon, penuh dengan idiom, dan kata-kata mutiara dari sejarahnya yang panjang.

Mengucapkan sepatah kata, seperti "Ma," dengan nada yang berbeda membuat perbedaan tipis antara kosakata "ibu" dan "kuda". Hal ini membuat Bahasa Mandarin menjadi bahasa yang paling sulit di dunia untuk dipelajari, khususnya oleh penutur Bahasa Inggris. But don't worry!

一步一个脚印, atau dibaca "Yibu yige jiaoyin," bermakna setiap langkah akan meninggalkan jejak. Jadi, lakukan segala sesuatu dengan sungguh-sungguh, maka perubahan yang baik akan terjadi!

6. Bahasa Arab: "مرحبا"

Bahasa Arab baru ditambahkan pada tahun 1973. Sementara, bahasa resmi lainnya dipilih ketika PBB didirikan (Inggris dan Perancis), pertimbangan historis (Spanyol) dan pertimbangan politis secara global (Rusia dan China). Sementara itu, Bangsa Arab berhasil menegosiasikan cara untuk menjadi bahasa resmi di PBB. Mereka bahkan mendorong semua negara anggota PBB yang berbahasa Arab bersedia untuk membayar biaya pengenalan Bahasa Arab selama tiga tahun kepada PBB. 

Bangsa-bangsa yang tinggal di kawasan Asia Barat umtumnya menggunakan Bahasa Arab. Pertimbangan banyaknya pengguna Bahasa Arab di dunia ini juga yang sesungguhnya membuat bahasa tersebut pantas menjadi salah satu bahasa resmi di PBB.

Perkembangan selanjutnya. Bahasa Arab menjadi bahasa tersulit kedua setelah Mandarin. Dalam bahasa Arab, sebagian besar huruf ditulis dalam 4 bentuk berbeda. Tergantung di mana huruf itu ditempatkan dalam sebuah kata. Yang lebih menyulitkan, huruf vokal tidak dimasukkan saat menulis. Hal ini membuat penerjemahan menjadi tugas yang jauh lebih sulit dalam bahasa Arab daripada bahasa-bahasa lainnya.

Selain itu, Bahasa Arab memiliki banyak dialek yang berbeda. Bahasa Arab yang digunakan di Mesir tentunya berbeda dari yang digunakan di Arab Saudi. Namun seperti semboyan dalam Bahasa Arab,  اتَّكَلْنا منه على خُصٍّ الاتحاد قوة  yang artinya unity is power, mereka bersatu untuk tampil di dunia internasional.

Dengan mempelajari salah satu dari keenam bahasa di atas, kamu tidak hanya dapat memahami dialek-dialek yang berbeda. Saat kamu bergaul secara internasional, kamu tidak akan lagi menemui kendala bahasa.

If you want the adventure, plan it right now! Mulailah belajar, karena suatu saat mungkin saja kamu akan keluar-masuk markas PBB untuk berkarir di sana.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow