Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Udumbara, Bunga Cantik Legendaris yang Mekar 3000 Tahun Sekali

Udumbara, Bunga Cantik Legendaris yang Mekar 3000 Tahun Sekali

- Selasa, 18 Juni 2019 | 09:49 WIB
Udumbara, Bunga Cantik Legendaris yang Mekar 3000 Tahun Sekali

Alam memang tak pernah habis menyimpan misteri dan keindahan yang tiada terduga. Satu diantara keindahan alam yang mungkin belum banyak orang ketahui adalah bunga udumbara, jenis bunga langka yang konon hanya mekar dalam kurun waktu 3000 tahun sekali, karena kelangkaan dan segala legendanya bunga ini begitu menarik untuk diulik dan berikut ini beberapa fakta yang harus kamu tahu tentang bunga udumbara ini. Yuk simak!.

1. Disebut bunga dari surga

Udumbara, Bunga Cantik Legendaris yang Mekar 3000 Tahun Sekalifimela.com

Udumbara merupakan bunga yang namanya berakar dari bahasa sansekerta yang artinya bunga dari surga. Nama yang diberikan pada bunga ini mengisyaratkan makna dan legenda yang melekat kuat padanya. Oleh karenanya keberadaan bunga ini ketika muncul dan mekar di suatu tempat di anggap menjadi sesuatu yang akan membawa keberuntungan, warnanya yang putih bersih juga menandakan kesucian yang membawa berkat dari surga.

2. Dapat tumbuh di berbagai permukaan

Udumbara, Bunga Cantik Legendaris yang Mekar 3000 Tahun Sekalien.minghui.org

Keistimewaan lain yang terdapat pada bunga udumbara ini adalah ia kerap kali ditemukan mekar pada berbagai permukaan benda tak hanya pada tanah, namun juga pada logam, kayu, permukaan daun bahkan juga pernah ditemukan tumbuh melekat pada wajah patung budha. Bunga udumbara termasuk kategori parasit yang akan tumbuh dan menyerap nutrisi dari inangnya walaupun memang tak akan terlalu berpengaruh dan merugikan karena ukurannya yang memang sangat kecil.

3. Walaupun kecil, wanginya semerbak

Udumbara, Bunga Cantik Legendaris yang Mekar 3000 Tahun Sekalihttp://mobsea.com

Keberadaan bunga udumbara ini sangat sulit untuk dilihat dengan mata telanjang kecuali dengan bantuan kaca pembesar atau jika diteliti dengan seksama. Bahkan kadang keberadaan bunga ini sering dikecoh karena bentuknya yang mirip telur serangga. Walaupun ukurannya sangat kecil bunga ini termasuk bunga kuat yang tahan banting dan mampu mekar cukup lama. Dan juga salah satu ciri yang mengisyaratkan keberadaan bunga udumbara ini adalah bau wanginya yang semerbak dan kuat.

4. Lekat dengan kebudayaan dan agama budha

Udumbara, Bunga Cantik Legendaris yang Mekar 3000 Tahun Sekalithuvienhoasen.org

Keberadaan bunga udumbara beberapa kali disebutkan dalam kitab budhissme seperti dalam Kitab Suci Buddhis aliran Mahayana, Sutra Teratai yang berbunyi  “Sebuah bunga legendaris, mekar setiap 3.000 tahun sekali, memberitakan datangnya Sang Raja Roda Emas”.

5. Konon merupakan pertanda telah datangnya pemimpin yang adil

Udumbara, Bunga Cantik Legendaris yang Mekar 3000 Tahun Sekaliabovetopsecret.com

Dalam kepercayaan budha juga munculnya bunga udumbara yang langka disandingkan dengan kepercayaan bahwa telah datanga seorang pemimpin yang adil dan bijaksana. Hal tersebut tertulis dalam kitab suci budhis Huilin Phonetics and Interpretations, “Bunga Udumbara adalah produk dari adanya pertanda gaib dan tidak baik; sebuah bunga langit yang tidak dapat ditemukan di dunia manusia. Apabila Raja Roda Emas turun ke dunia manusia, bunga ini akan muncul mengikuti kemunculan kebajikan serta berkah yang melimpah ini.”

Cari Artikel Lainnya