0
17
0
Radiasi Ponsel Sebabkan Tulang Rapuh
2 weeks 'ago'

Studi baru menunjukkan bahwa radiasi elektromagnetik negatif dari telepon seluler dapat memengaruhi kekuatan tulang. Dikemukakan, pria kerap menaruh ponsel pada sabuk bisa mengalami pengurangan mineral tulang (BMC) dan kepadatan mineral tulang (BMD) di pinggul kanan, menurut penelitian oleh Dr Fernando D Sravi dari Universitas Nasional Cuyo , Mendoza, Argentina.

Dr Sravi mengukur BMC dan BMD di pinggul kiri dan kanan pada dua kelompok pria sehat yakni 24 laki-laki yang tidak menggunakan ponsel dan 24 laki-laki yang membawa ponsel mereka di ikat pinggang di sisi kanan untuk setidaknya selama satu tahun. Dengan menggunakan uji yang disebut dual energi x-ray absorptiometri, BMC dan BMD merupakan penanda standar kekuatan tulang.

Rata-rata hasil pengukuran BMC dan BMD tidak terlampau berbeda antara dua kelompok itu. Namun, pria yang tidak menggunakan ponsel memiliki BMC lebih tinggi pada leher femoralis kanan (dekat bagian atas tulang paha). Jadi, orang yang memakai ponsel mereka di sisi kanan mengalami penurunan relatif dalam BMC di pinggul itu.

Pengguna ponsel juga mengalami penurunan BMD dan BMC pada daerah trokanter kanan yakni bagian atas luar tulang paha, dekat dengan posisi ponsel biasa diletakkan pada sabuk.

Ada beberapa kekhawatiran tentang dampak buruk telepon seluler. Beberapa studi juga telah meneliti apakah medan elektromagnetik yang dipancarkan ponsel dapat memengaruhi mineralisasi tulang.

Dengan penggunaan telepon seluler yang semakn pesat, pengaruh signifikan terhadap BMD dapat berdampak besar terhadap tingkat osteoporosis. Meski terbilang kecil, studi ini meminculkan kemungkinan bahwa paparan jangka panjang radiasi elektromagnetik dari ponsel dapat berdampak negatif terhadap mineralisasi tulang. Studi ini dipublikasikan dalam Journal Craniofacial Surgery edisi Maret 2011.

Follow Us On :
Ranking
1
2
azzahra
115
3
4
5
Lencana
Kongkow