999 +
0
43
0
Bingung THRmu Udah Habis Aja? Ikutin 6 Tips Simpel Ini Buat Nambah Penghasilan!
3 months 'ago'

Liburan sudah usai, THR sudah ludes tak bersisa. Sementara kita harus kembali ke aktivitas biasa, dan mungkin baru sadar kalau tanggal gajian masih lama. Coba kamu bisa punya penghasilan tambahan di luar gaji. Pasti lebih tenang dan nggak kalang-kabut melihat rekening semakin berkurang.

Namun untuk kerja sambilan tentunya butuh waktu yang lumayan. Kadang kamu kesulitan mengatur waktu luang yang nggak terlalu banyak juga. Nah, kali ini Hipwee akan kasih kamu tips cara menambah penghasilan dengan simpel dan tanpa modal usaha. Apa saja? Yuk simak, siapa tahu bisa jadi penyelamat di tanggal tua.

1. Cek koleksi bajumu. Bila ada baju-baju tak terpakai, jual online saja sebagai preloved

Baju adalah salah satu barang yang paling banyak dikoleksi. Kayak ada yang kurang aja gitu kalau nggak beli baju baru buat ikutin tren mode masa kini. Kalau sudah begini, baju-baju lama bakal jarang dipakai lagi. Nah daripada memenuhi lemari, mendingan baju-baju yang sudah tak terpakai kamu jual sebagai preloved via online saja. Lumayan bisa buat nambah uang jajan ~

2. Hal yang sama juga berlaku untuk kamu yang suka baca buku. Daripada menuhin lemarimu, kenapa nggak dijual saja?

Kamu yang hobi baca buku biasanya kesulitan memendam hasrat untuk nggak beli buku baru. Walaupun buku yang lama belum habis dibaca. Nah, ini yang bikin lemarimu penuh banget. Solusinya ya beli rak baru, atau menjual buku-buku lama yang kayaknya nggak bakal kamu baca ulang nih. Daripada mubazir kan? Rak buku jadi lebih longgar, dan kamu pun dapat penghasilan.

Apalagi sekarang jualan semakin gampang aja karena apa-apa tinggal online. Cukup dipost di IG, atau buka toko di e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, atau Bukalapak, kamu sudah bisa jualan buku-buku bekas ini. Lumayan kan?

3. Lagi ada event Jakarta Fair nih. Bisa banget manfaatkan buat buka jastip saja

Jakarta Fair atau yang dulu dikenal sebagai PRJ, selalu menarik dikunjungi. Selain banyak pertunjukkan, banyak juga barang-barang diskon bertebaran. Nah, selain jalan-jalan ke sana habiskan waktu liburan, kamu bisa sekalian bikin jastip ke teman-teman atau keluarga untuk barang-barang yang lagi diskon itu. Jangan salah, banyak lo yang mau. Kamu bisa beri infonya lewat grup WhatsApp atau share di Instagram. Nantinya, uang jastip kamu bisa buat nambahin bayar kosan atau beli pulsa internet lo.

Eh tapi gimana kalau pas kamu udah di lokasi tapi barang yang diinginkan temanmu nggak ada? Gampang. Daripada chat temanmu dan kamu harus nunggu karena dia balesnya lama, telpon aja. Kan ada Free Voice dari Smartfren yang bisa kamu pakai kapan saja. Kamu bisa nelpon sepuasnya gratis tanpa ada batasan waktu. Jadi bisa cepat dapat kepastian deh ~

4. Kalau followers-mu cukup banyak, coba promosikan usaha teman. Siapa tahu nanti jadi tempat mereka endorse beneran

Kalau ada teman yang mulai usaha, kamu bisa bantu dia promosikan. Semisal lewat unggahan di Instagram, terutama kalau followers-mu cukup banyak. Kalau usaha teman sudah beneran dibisniskan, siapa tahu nanti akunmu jadi tempat dia endorse beneran. Nggak cuma dapat barang gratisan, tapi kamu juga dibayar. Ya… meski kadang harganya juga “harga teman”. Hehehe.

5. Punya kendaraan nganggur? Sewain aja deh

Punya kendaraan nganggur? Atau saat weekend motor-mobilmu nggak terpakai? Daripada diam di garasi, lebih baik kamu sewain saja. Penghasilannya bisa buat nambah servis kendaraan sewaktu-waktu atau uang bensin tiap minggu. Jadi, pengeluaranmu lebih hemat deh.

6. Jual keahlianmu seperti jago fotografi buat jepretin prewedding teman. Lumayan buat nambah tabungan

Keahlianmu jangan sampai terlupa. Misalkan punya skill fotografi yang keren, kamu bisa manfaatkan kemampuan satu ini buat dijadikan usaha jual jasa prewedding. Kamu bisa mulai dari tawarkan teman yang mau menikah. Walau belum sekelas fotografi profesional, tapi kalau hasilnya bagus kenapa nggak kamu tawarkan saja? Pasti banyak yang tertarik.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow