0
17
0
4 Bahan Ini Ternyata Berbahaya Jika Dimasak dengan Madu
7 days 'ago'

Siapa sih yang nggak kenal madu? Sari bunga yang dihasilkan lebah ini kaya akan manfaat. Bahkan menjadi obat dari salah satu penyakit. Tapi adakalanya madu juga berbahaya jika diolah dengan beberapa bahan ini. Yang awalnya baik malah bisa jadi penyakit, sudah tahu bahan apa saja? Cari tahu dibawah ini yuk!

1. Daging sapi merah

Loh, kok bisa? Pasti kita sering melihat atau menikmati steak yang diolah dengan madu, kan? Kenapa yang ini malah tidak boleh?

Nah, hal yang tak boleh dilakukan adalah mengolahnya dengan salah. Pengolahan yang salah malah akan menimbulkan beragam penyakit yang tidak diinginkan, semisal masalah pencernaan bahkan penyakit jantung, loh.

Hal yang perlu diingat ketika memasak olahan ini adalah jangan mengolesi madu diawal pemasakan daging, sifat gula alami pada madu yang tercampur dengan daging akan cepat gosong. Nah, ini yang menyebabkan masalah kesehatan jika dilakukan terus menerus.

2. Air mendidih

Tahu nggak sih? Mengolah madu tidak sama dengan mengolah secangkir kopi yang aman-aman saja disirami air panas banget. Campuran madu dengan air mendidih akan meningkatkan hydroxymethyl furfuraldehyde. Sehingga kualitas madu rusak dan tidak baik lagi untuk dikonsumsi.

Pastikan jika ingin mencampurkan madu pada secangkir teh, kondisi air tidak dalam keadaan panas banget ya.

3. Lobak

Selanjutnya ada lobak yang gak boleh diolah dengan madu, nih. Lobak memang bagus nutrisinya, tapi jangan sekali kali terpikir mengolahnya dengan madu, deh. Ini dikarenakan, penggabungan antara keduanya akan meningkatkan racun dalam tubuh, loh. Ngeri ya!

4. Mentega dari lemak hewani

Mentega atau yang juga dikenal dengan nama butter ini terbuat dari lemak hewani seperti susu sapi, kambing atau domba dan unta. Mentega beda loh dengan margarin yang terbuat dari lemak nabati.

Nah, ternyata. Penggabungan mentega dari lemak hewani dengan madu ini juga akan meningkatkan racun dalam tubuh.

5. Tips memasak dengan madu

Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan jika ingin mengolah madu agar tetap aman dikonsumsi seperti di bawah ini:

  • Jika ingin mengolah madu dengan daging. Maka jangan mengoleskan madu diawal proses memasak agar tidak gosong. Tapi oleskan madu diakhir proses memasak ketika daging hampir matang.
  • Jika ingin memarinasi makanan dengan madu. Maka diamkan sebentar hingga kering sebagian sebelum memasak agar makanan tidak cepat gosong.
  • Jangan menempatkan atau menggunakan sendok berbahan stainless stell karena sifat madu yang asam bisa menguraikan logam dari sendok.

Nah, sekarang sudah tahu info seputar memasak madu dengan baik dan benar, kan? Selamat mencoba di rumah.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow