Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Cara Tumbuhan Memikat Hewan untuk Memakan Buahnya Paling Lengkap

Cara Tumbuhan Memikat Hewan untuk Memakan Buahnya Paling Lengkap

- Kamis, 13 Juni 2019 | 09:35 WIB
Cara Tumbuhan Memikat Hewan untuk Memakan Buahnya Paling Lengkap

Related image

Manusia selalu punya cara unik untuk menarik lawan jenis. Lalu bagaimana dengan tumbuhan? tumbuhan juga merupakan salah satu makhluk hidup yang punya cara tersendiri untuk berkomunikasi.

Kebanyakan tumbuhan memikat hewan untuk memakan buahnya. Lalu bagaimana cara yang dilakukan tumbuhan memikat hewan untuk memakan buahnya?

  • Hewan dapat memengaruhi sifat buah, mulai dari bentuk, lokasi di pohon (apakah di bawah atau di pucuk), aroma dan warnanya

Tumbuhan menyadari, semakin mudah hewan pemakan buah mengidentifikasi buah-buahan matang, semakin tinggi kemungkinan tumbuhan tersebut untuk bertahan hidup.

Bisa dibilang, tumbuhan bereproduksi dan hewan bertugas layaknya tukang kebun yang makan dan menyebarkan benih tumbuhan. Itu sebabnya tumbuhan gak perlu repot-repot mengangkat akar, lagipula tumbuhan pun gak bisa melakukannya. perbedaan utama akar tunggang dan akar serabut bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

  • Tumbuhan mengembangkan cara berkomunikasi dengan hewan, salah satunya dengan warna buahnya

Dilansir dari The New York Times, Kim Valenta, ahli ekologi evolusi di Duke University dan rekannya meneliti hubungan antara warna buah dan penglihatan hewan dalam studi yang diterbitkan dalam Biology Letters.

  • Ternyata, buah memberi sinyal makan malam dengan menyesuaikan indra dan kemampuan fisik para hewan di hutan

Dalam penelitiannya, Valenta terkejut karena ternyata tumbuhan berkomunikasi dengan hewan menyesuaikan cara dan perilakunya. Lebih lanjut Valenta bersama rekannya, Omer Nevo, ahli ekologi evolusioner di Universitas Ulm di Jerman menerbitkan makalah lain tentang aroma buah di Science Advances.

Tumbuhan telah beradaptasi untuk menarik hewan agar mau menyebarkan benih mereka. Itu sebabnya, lebih dari satu abad, tumbuhan memiliki penampilan yang berubah dan berbeda, namun hewan masih tahu mana yang bisa dimakan. adaptasi morfologi pada tumbuhan bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

  • Dengan cara yang sama, bunga pun menyesuaikan kelopak, warna, tekstur, aroma dan rasa nektar untuk menarik spesies penyerbuk

Selama ini, bunga pun ternyata berusaha menarik perhatian penyerbuknya, seperti lebah dan kupu-kupu. Para ilmuan menemukan bahwa sifat-sifat bunga ini adalah hasil dari evolusi bersama hewan. Namun, hewan ada banyak spesies, lalu bagaimana caranya tumbuhan menyesuaikan dengan hanya satu jenis buah dan bunga?

  • Di Uganda, buah-buahan kontras dengan warna daun dalam spektrum merah-hijau

Contohnya buah beri merah dalam latar hijau. Dengan begitu, akan mudah untuk burung dan monyet melihat buah tersebut.

  • Sementara, di Madagaskar buah punya kontras kuning-biru dengan latarnya

Salah satu contohnya seperti buah beri kuning dapat dideteksi dengan baik oleh lemur yang buta warna merah-hijau. Selain itu, buah tin (atau dikenal dengan buah ara) pun punya aroma yang pekat sehingga memungkinkan lemur untuk menemukannya.

  • Paling sederhana, tanaman menyiasati warna buah yang kontras terhadap warna daunnya, kemudian menguatkannya dengan aroma buah

Para peneliti bereksperimen di taman-taman di Uganda dan Madagaskar karena tempat tersebut masih alami. Adapun, monyet dan kera di di Uganda memiliki visi tricolor seperti manusia. Sementara itu, burung-burung memiliki penglihatan yang lebih baik.

Di sisi lain, lemur Madagaskar hanya dapat melihat spektrum biru-kuning, mereka buta akan warna merah-hijau. Mereka lebih mengandalkan indra penciuman untuk bertindak dan berperilaku.

Para peneliti mengumpulkan buah dan dedaunan, baik yang matang maupun yang mentah lalu selanjutnya menganalisis warnanya dengan spektrometer. Dengan menyesuaikan visual hewan penyebar benih, tumbuhan menentukan siapa yang paling mungkin untuk mendeteksi warna buah, yang kontras dengan berbagai latar belakang.

Meski kelihatannya seperti tidak berdaya, ternyata tumbuhan juga punya kemampuan luar biasa untuk bertahan hidup dan memikat hewan agar memakan buahnya. Semoga beberapa informasi diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan serta kecintaan anda pada tumbuhan yang ada di sekitar anda. dan juga terimaksih sudah mumbaca artikel dari kami.

Demikian yang bisa penulis sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai cara tumbuhan memikat hewan untuk memakan buahnya. Semoga bisa membawa manfaat bagi anda semua.

Cari Artikel Lainnya