0
36
0
Nih 7 Makanan yang Bisa Meningkatkan Jumlah Sel Darah Putih
3 months 'ago'

Pada dasarnya, sel darah putih membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan memerangi virus. Karena itu, sel darah putih penting dalam tubuh. Ketika seseorang memiliki jumlah sel darah putih yang rendah, orang tersebut rentan terkena penyakit.

Kurangnya sel darah putih dalam tubuh bisa melemahkan kekebalan tubuh kamu, membuat kamu lebih rentan terhadap virus dan bakteri penyebab penyakit. Peningkatan jumlah sel darah putih dapat mengurangi kemungkinan kamu terkena penyakit dan mampu mempengaruhi tingkat energi dalam tubuh kamu juga.

Kamu dapat meningkatkan sel darah putih dengan mengonsumsi makanan sehat tertentu. Berikut ini daftar-daftar makanan terbaik yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan jumlah sel darah putih dan tambahkanlah menu makanan sehat ini ke dalam menu makanan kamu.

1. Makanan yang mengandung asam lemak omega-3

Pada umumnya, asam lemak omega-3 dapat membantu meningkatkan produksi fagosit tubuh, sejenis sel darah putih, yang bisa melawan zat asing yang berbahaya dalam tubuh. Kamu harus memasukkan minyak biji rami, biji chia, minyak ikan, kenari, tiram, salmon, bayam, dan kacang kedelai dalam makanan sehari-hari kamu karena makanan ini kaya akan kandungan asam lemak omega-3 yang bisa melawan zat-zat asing berbahaya yang ada dalam tubuh kamu.

2. Teh hijau

Teh hijau telah digunakan sejak lama untuk mengatasi berbagai penyakit. Teh hijau sarat dengan antioksidan, yang membantu tubuh melawan infeksi, serta bisa meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Teh hijau bisa membantu meningkatkan jumlah sel darah putih dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, bersamaan dengan asam amino L-theanine yang hadir dengan bantuan teh hijau dalam memproduksi senyawa melawan kuman di sel-T. Kamu dapat minum teh hijau setiap hari untuk hasil yang terbaik.

3. Bawang putih

Bawang putih bermanfaat untuk meningkatkan jumlah sel darah putih dan meningkatkan aktivitas sel pembunuh alami. Selain itu, bawang putih yang kaya akan sulfur dapat membantu meningkatkan kekebalan dan jumlah sel darah putih.

Sifat antimikroba dan kandungan vitamin C yang tinggi dalam bawang putih menjadikannya penguat sistem kekebalan yang kuat dan signifikan dan sangat efektif melawan infeksi virus, jamur, bakteri, dan parasit.

4. Pepaya

Pepaya adalah salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan jumlah sel darah putih. Buah ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi sel darah putih atau limfosit dalam tubuh karena sarat dengan vitamin A. Plus, limfosit baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan kanker.

Selain itu, buah ini juga diperkaya dengan vitamin C. Buah ini juga mengandung enzim pencernaan bernama papain, yang memiliki efek antiinflamasi. Bersamaan dengan itu, buah ini bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh kamu secara keseluruhan karena buah ini kaya akan vitamin folat, kalium, dan vitamin B.

5. Kacang dan biji-bijian

Vitamin E memiliki kemampuan untuk membuat kekebalan kamu lebih kuat dan mengandung sifat antioksidan. Ini membantu untuk merangsang produksi sel pembunuh, yang menghancurkan sel kanker dan kuman. Produksi sel-B, yang berasal dari imunitas, juga ditingkatkan oleh vitamin E. Sel ini membantu menghasilkan antibodi, yang bermanfaat untuk membunuh bakteri.

Biji-bijian, kacang-kacangan, dan minyak nabati dikemas dengan vitamin E. Konsumsilah makanan seperti almond, selai kacang, biji bunga matahari, brokoli dan bayam untuk mendapatkan vitamin E. Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen Vitamin E.

6. Makanan yang mengandung vitamin B6, B12 dan asam folat

Asam folat, vitamin B6 dan B12 membantu menghasilkan sel darah putih dalam tubuh. Makanan yang kaya vitamin B6 terdiri dari biji bunga matahari, ayam, kalkun, kacang kering, alpukat, bayam, dan pisang. Makanan tinggi asam folat seperti kacang polong, brokoli, bayam, asparagus dan okra, serta buah jeruk.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen asam folat. Makanan tinggi vitamin B12 yaitu susu rendah lemak, ayam, kerang, dan salmon. Konsumsilah makanan-makanan yang kaya akan vitamin B6, B12, dan asam folat untuk meningkatkan sel darah putih dalam tubuh kamu guna meningkatkatkan sistem kekebalan tubuh kamu.

7. Yogurt

Yogurt kaya akan probiotik, yang bermanfaat untuk memerangi bakteri jahat. Selain itu, juga membantu meningkatkan sel darah putih dengan merangsang sistem kekebalan tubuh kamu.

Menurut sebuah penelitian, orang yang sering mengonsumsi minuman dengan probiotik, kandungan sel darah putihnya lebih tinggi karena tidak banyak bakteri jahat yang ada di saluran pencernaan. Selain itu, yogurt juga kaya akan vitamin D, yang membantu mengatur kekebalan tubuh dan meningkatkan pertahanan alami tubuh terhadap penyakit.

Sehat-sehat semuanya ya, makanya seringlah mengonsumsi tujuh makanan ini!

Follow Us On :
Lencana
Kongkow