Home » Kongkow » kongkow » Mengapa Proses Perkecambahan Lebih Cepat pada Area yang Gelap

Mengapa Proses Perkecambahan Lebih Cepat pada Area yang Gelap

- Kamis, 13 Juni 2019 | 08:52 WIB
Mengapa Proses Perkecambahan Lebih Cepat pada Area yang Gelap

Image result for perkecambahan ditempat gelap

Bagi anda yang terbiasa menanam tumbuhan dan paham tentang cara tumbuhan memikat hewan untuk memakan buahnya, mungkin anda sudah pernah mengamati proses pertumbuhan tanaman yang anda tanam tersebut. Ada sebuah fakta yang menyebutkan bahwa ternyata pada tahap proses pertumbuhan, yaitu saat terjadinya proses perkecambahan akan lebih acepat apabila tanaman atau tumbuhan di tanam di area yang gelap alias minim pencahayaan. Mungkin bagi sebagian masyarakat awam belum mengetahui atau menyadari hal ini yakni tumbuhan paling berbahaya di dunia. Lantas mengapa sih proses perkecambahan lebih cepat pada area yang gelap. Bagi anda yang penasaran dan ingin lebih mengetahui mengenai hal ini, maka anda tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini, penulis akan  memberikan sedikit ulasan mengenai mengapa proses perkecambahan lebih cepat pada area yang gelap.

Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya sinar matahari sangat mempengaruhi proses perkecambahan yang terjadi lebih cepat pada tumbuhan sebagaimana proses terbentuknya plastik. Mungkin bagi petani yang sudah lama bergelut di bidang pertanian, sudah tahu alasan mengapa hal ini dapat terjadi. Lantas apa sih yang menyebabkan proses perkecambahan terjadi lebih cepat pada tanaman  yang di tanam di area yang lebih gelap? Bagi anda yang penasaran maka anda tidak perlu khawatir. Mengapa demikian, karena saat ini sudah sangat mudah untuk memperoleh informasi melalui internet. Salah satunya adalah dengan membaca artikel ini. Baiklah langsung saja berikut ini merupakan sedikit ulasan mengenai mengapa proses perkecambahan lebih cepat pada area yang gelap, yaitu:

Karena hormon auksin terurai oleh matahari pada area yang terang. Jadi, mengapa proses perkecambahan lebih cepat pada area yang gelap jawabannya adalah pada area yang terang salah satu hormon yang ada pada tumbuhan atau tepatnya yang bernama hormon auksin terurai oleh sinar matahari sehingga proses perkecambahan akan lebih lambat. Nah mengapa bisa demikian? Hal ini karena hormon auksin memiliki fungsi salah satunya sebagai pemicu pertambahan panjang batang tanaman. Selain itu, perlu anda ketahui bahwa hormon auksin juga memiliki beberapa fungsi lainnya. Berikut ini merupakan fungsi dari hormon auksin antara lain:

  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk membantu protes pembelahan sel pada tumbuhan.
  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk memetahkan dominasi apical atau pucuk. Hal ini merupakan sebuah kondisi dimana pucuk tanaman atau bisa juga akar tanaman tidak bisa lagi berkembang sebagai mana seharusnya.
  • Sebagai hormon yang berfungsi mempercepat proses perkecambahan. Dominasi benih akan dipatahkan oleh hormon auksin ini serta mempercepat proses perangsangan perkecambahan benih pada tanaman. Hormon yang satu ini bisa meningkatkan kualitas panen dengan cara perendaman benih pada hormon auksin.
  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk merangsang kambium dalam pembentukan jaringan xilem dan floem.
  • Serta sebagai hormon yang berfungsi untuk menghambat terjadinya kerontokan buah.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai mengapa proses perkecambahan lebih cepat pada area gelap yang dapat penulis sampaikan dalam artikel yang berhasil saya buat masa kesempatan kali ini. Terima kasih karena anda telah meluangkan waktu sejenak untuk sekedar membaca artikel ini. Semoga saja dengan adanya artikel ini, penulis dapat memberikan sedikit manfaat bagi anda. Dan semoga melalui artikel ini pula, juga dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi anda. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati sobat dalam penulisan artikel ini. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan, tentunya pada artikel-artikel penulis selanjutnya. Sekian dan Terima kasih.

Cari Artikel Lainnya