0
21
0
Mau Bagi-Bagi Angapo Saat Lebaran? Jangan Lupa 4 Hal Ini
3 months 'ago'

Kalau kamu sudah bekerja dan menerima gaji, apalagi tunjangan hari raya (THR) tentu ada hukum tidak tertulis kalau kamu harus memberikan angpao atau sejumlah uang saat lebaran, khususnya ke ponakan atau kerabat kamu yang masih kecil. Belum lagi anak tetangga atau saudara-saudara yang lain.

Berikut sejumlah tips biar kamu bisa berhemat dan tetap berbagi angpao saat lebaran.

1. Beli amplop yang menarik

Biasanya anak kecil jauh lebih tertarik kepada desain atau motif dari amplop daripada nilai uang yang kamu berikan. Terlebih jika mereka belum mengerti uang.

Kamu bisa membelikan amplop bergambar kartun yang sedang populer dan bisa digunakan untuk anak perempuan atau laki-laki.

2. Bedakan memberi antara tetangga dan saudara

Perlu kamu perhatikan untuk tidak memberi uang kepada tetangga lebih banyak dari saudara atau keluarga kamu yang masih kecil. Kecuali kamu punya hubungan khusus atau tetangga kamu sering membantu kamu.

Nominal untuk tetangga bisa kamu anggarkan sekitar Rp5.000 atau Rp6.000 dalam bentuk lembar Rp2.000. Ingat, tidak semua tetangga atau anak tetangga harus kamu kasih, cukup yang kamu kenal atau berada dekat dari rumah kamu saja.

Untuk saudara, jumlahnya bisa dari Rp10.000 hingga Rp20.000. Kamu bisa berikan saat kumpul keluarga besar.

3. Berikan angpao khusus untuk saudara yang membutuhkan

Tidak semua saudara atau kerabat kamu seberuntung kamu dan memiliki kehidupan yang di atas cukup.

Beri mereka perhatian lebih dengan memberikan angpao dengan uang yang lebih, misal Rp50.000 atau Rp100.000.

4. Ingat mereka yang lebih membutuhkan dan telah membantu kamu

Terakhir, kamu bisa juga menyisihkan angpao untuk diberikan kepada orang-orang yang membantu kamu. Misalnya satpam penjaga komplek atau teman-teman yang siskamling saat malam. Kamu bisa juga memberikan ke petugas kebersihan yang mengangkut sampah tiap hari dan menyapu lingkungan kamu.

Nominalnya beragam, bisa dari Rp100.000 hingga Rp200.000. Agar lebih memudahkan, kamu bisa patungan atau urunan dengan teman-teman atau keluarga kamu untuk membantu mereka.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow