0
39
0
5 Pekerjaan Freelance Ini Bisa Kamu Kerjakan di Rumah
3 months 'ago'

Berkembangnya teknologi memudahkan manusia dalam beberapa aspek kehidupan. Dengan hal tersebut memaksa masyarakat untuk paham dengan teknologi yang semakin canggih. Walau demikian, teknologi telah membuka pekerjaan yang dulu tidak pernah terbayangkan serta membantu dalam melakukan bisnis sehari-hari seperti melakukan pertemuan dengan klien secara digital, pembayaran instan langsung ke akun bank, dan sebagainya.

Untuk kamu yang lelah bekerja full time dan ingin mencoba freelance. Yuk, ikuti beberapa pekerjaan freelance yang dapat Kamu lakukan di rumah sebagai berikut. 

1. Desain grafis

Kamu dapat mencari pekerjaan desain grafis pada website job freelance seperti fastwork.com, upwork.com, Freelancer.com,dll. Terkadang ada beberapa pekerjaan yang mengharuskan Kamu untuk melakukan penawaran terlebih dahulu. Maka tawarlah sesuai dengan tingkat kesulitan pekerjaan serta waktu yang diperlukan. Kamu juga dapat bernegosiasi dengan klien untuk merundingkan persyaratan sebelum mulai bekerja. Biasanya untuk pekerjaan ini memiliki ratediantara IDR 200.00 - IDR 2.000.000.  

2. Online writer

Dengan banyaknya website yang membutuhkan informasi, maka para penulis menuangkan maksud adanya website tersebut menjadi sebuah main content. Pekerjaan menulis terdiri dari beberapa pekerjaan yaitu ghostwriter, content writer, article, dll. Untuk memulai menjadi seorang penulis, pastikan topik yang akan kamu bahas telah dikuasai. Hal ini akan menjadi ciri khas Kamu ketika telah memiliki nama serta brand sendiri. Bangun portofolio penulismu dengan baik dan pilih viewer serta komen terbaik yang pernah kamu dapatkan.

3. Internet Assessor

Pekerjaan internet assesor ataupun web search evaluator merupakan pekerjaan freelance yang cukup unik untuk diikuti. Secara umum, freelance ini memiliki tujuan untuk menciptakan lingkungan internet lebih baik dengan mengevaluasi setiap konten yang ada dengan dibatasi oleh parameter. Untuk internet assesor sendiri dilakukan evaluasi terhadap website hasil pencarian google apakah pengguna merasa puas dengan hasil tersebut sesuai dengan keywords yang di input. Jangan khawatir jika Kamu belum pernah melakukannya, dikarenakan perusahaan pemberi pekerjaan bukan mencari seorang profesional melainkan mereka yang paham akan guideline pekerjaan. Jika Kamu lolos kualifikasi serta ujian yang diberikan maka Kamu dapat menjadi bagian dari pekerjaan ini. 

4. Blog

Blog menjadi sebuah pilihan jika kamu memiliki hobi dan ingin menuliskannya untuk memberikan informasi pada pengguna internet lainnya. Untuk memulai membuat blog, pastikan Kamu mengikuti kaidah SEO dalam menulis main content. Dengan hal tersebut maka blog Kamu dapat menempati urutan pertama dalam pencarian Google. Untuk menjadikan blog sebagai penghasilan maka Kamu harus membeli host domain terlebih dahulu yang telah disiapkan pada beberapa platform. Setelah itu daftarkan blogmu pada lembaga iklan seperti googleads. Pembayaran akan dilakukan berdasarkan monetisasi iklan dari jumlah viewer.

5. Virtual assistant

Virtual assistant atau lebih akrab dengan customer service. Dimana tujuan dari freelance ini memberikan informasi kepada user serta membantunya dalam hal teknikal maupun administrasi. Kesulitannya adalah kamu harus memahami secara umum tentang perusahaan tempat kamu bernaung.Tidak hanya itu, dengan jam kerja yang telah ditetapkan maka kamu dituntut untuk siap. Di Indonesia, pekerjaan ini belum cukup familiar namun kamu dapat apply pada perusahaan international untuk mendapatkannya. Sehingga bahasa Inggris yang baik menjadi salah satu persyaratan wajib.

Setelah kamu mengetahui berbagai macam pekerjaan freelance tersebut. Pekerjaan mana yang menjadi pilihanmu?

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow