999 +
0
17
0
8 Tips Tidur Nyaman Selama Mudik Jarak Jauh, Segar Sampai Tujuan
2 weeks 'ago'

Tidur di atas kasur jelas jauh lebih menyenangkan dibanding di dalam kendaraan yang sedang melaju, utamanya transportasi umum. Tak jarang perjalanan mudik berjam-jam bikin tubuh makin lelah karena kenyamanan istirahat terganggu.

Tapi bukan berarti kamu gak bisa istirahat dengan tenang selama menuju kampung halaman. Berikut 8 tips yang bisa kamu terapkan supaya bisa tidur dengan nyaman saat mudik dengan transportasi umum.

1. Pilih tempat duduk di sisi dekat jendela

Dengan duduk di dekat jendela, posisi tidurmu bisa lebih bervariasi. Terutama jika kamu tak membawa bantal leher. Menyangga leher dengan jaket sembari bersandar ke jendela jadi pilihan tidur yang cukup nyaman.

2. Hindari lokasi kursi yang berpotensi mengganggu tidur

Hindari posisi kursi di area dengan mobilitas tinggi, misalnya pintu dan toilet. Di kereta, kursi dekat gerbong atau pintu bakal sangat berisik dan bisa mengganggu tidur nyenyakmu. Sedangkan dalam bus, pilih kursi di tengah karena guncangannya tak sebesar yang berada tepat di atas roda.

3. Siapkan bantal leher yang nyaman

Tanpa bantal leher, kemungkinan posisi kepala saat tidur jadi terlalu miring atau tertunduk dalam waktu lama. Gak pengin, kan malah sakit leher begitu bangun? Jadi, gunakan bantal leher yang sesuai dengan kebutuhanmu.

4. Gunakan penutup mata

Gak harus benar-benar eye mask, kamu bisa manfaatkan jaket untuk menutup area mata. Tujuannya supaya bayangan dan cahaya yang bergerak di atas mata tak mengganggu tidurmu, terutama saat naik mobil, bus, atau kereta api.

5. Atur posisi tidur

Tiap orang pasti memiliki posisi nyamannya masing-masing saat tidur di dalam kendaraan. Ada yang lebih suka tidur dengan memeluk tas atau bantal, ada yang suka bersandar ke jendela, dan lain-lain. Namun, sebaiknya jangan tidur dalam satu posisi terlalu lama untuk menghindari kaku di bagian tubuh tertentu atau kesemutan.

6. Perhatikan durasi tidur

Tidur jadi kegiatan paling ampuh buat killing time, apalagi kalau mudiknya butuh waktu belasan hingga puluhan jam. Tapi kalau tidur terlalu lama, bukan segar yang didapat tapi justru badan jadi pegal-pegal.

Hitung durasi tidurmu agar tak kebablasan. Selain itu selingi dengan berbagai kegiatan lain misalnya ngobrol dengan teman seperjalanan, mendengarkan musik, membaca buku, menonton film, dan sebagainya.

7. Pastikan tubuh terhidrasi

Dehidrasi bakal bikin kamu merasa lemas dan cepat lelah, meski sudah beristirahat dalam waktu lama. Jangan lupa penuhi asupan air mineral, tapi jangan berlebihan juga. Bolak-balik ke kamar kecil juga akan mengganggu kualitas tidurmu.

8. Amankan barang berharga

Transportasi umum, terutama bus dan kereta, kerap jadi sasaran empuk pelaku kejahatan, seperti copet. Perasaan was-was terhadap aksi kriminalitas jelas bikin tidur jadi gak nyaman.

Salah satu cara antisipasinya adalah letakkan barang berharga seperti dompet dan ponsel dalam satu tas selempang kecil, lalu selipkan di sisi tubuh yang tak terlihat.

Nah, kamu mau mudik ke mana nih? Share pengalaman mudikmu di kolom komentar ya!

Follow Us On :
Ranking
1
2
azzahra
115
3
4
5
Lencana
Kongkow