Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 5 Fakta Unik Burung Gagak, Si Pembawa Sial yang Ternyata Cerdas!

5 Fakta Unik Burung Gagak, Si Pembawa Sial yang Ternyata Cerdas!

- Senin, 10 Juni 2019 | 09:20 WIB
5 Fakta Unik Burung Gagak, Si Pembawa Sial yang Ternyata Cerdas!

Siapa yang tak kenal burung gagak? Burung ini terkenal dengan penampilannya yang 'sangar' karena bulunya yang hitam legam. Ada sekitar 40 spesies gagak di seluruh dunia, dan beberapa spesies hidup di Indonesia.

Di kebudayaan barat, burung gagak sering dihinggapi citra buruk. Mulai dari dianggap sebagai pembawa kematian, pembawa sial, bahkan simbol ilmu hitam. Tapi jangan buru-buru berburuk sangka terhadap gagak ya, karena si hitam ini punya sejumlah keunikan yang bisa membuatmu kagum! Yuk cek 5 di antaranya.

1. Burung gagak sangat cerdas

5 Fakta Unik Burung Gagak, Si Pembawa Sial yang Ternyata Cerdas!

Di dunia burung, gagak memiliki ukuran otak yang terbilang luar biasa lho. Gagak memiliki rasio massa otak dan tubuh sekitar 2,7 persen. Rasio itu lebih besar dari manusia lho, yang hanya mencapai 1,9 persen. Artinya, kalau gagak memiliki tubuh sebesar manusia, maka ukuran otak mereka akan lebih besar daripada otak manusia!

Memangnya seberapa cerdas sih gagak itu? Penelitian menunjukkan bahwa mereka bisa membuat dan menggunakan alat untuk mengambil makanan. Tidak hanya itu, beberapa spesies gagak bahkan mengerti cara membaca lampu lalu lintas lho. Wah, luar biasa ya!

2. Kelompok gagak di daerah berbeda punya logat yang berbeda pula

5 Fakta Unik Burung Gagak, Si Pembawa Sial yang Ternyata Cerdas!

Manusia biasanya memiliki aksen alias logat yang berbeda-beda di setiap daerah. Misalnya, meski sama-sama berbahasa jawa, orang di kawasan Jawa Tengah umumnya berbicara dengan logat yang berbeda dengan orang di Jawa Timur. Begitu pula dengan bahasa-bahasa lainnya.

Nah, ternyata perbedaan semacam itu juga berlaku di dunia gagak lho. Kawanan gagak yang tinggal di suatu wilayah ternyata memiliki aksen yang berbeda dengan kawanan gagak di wilayah lain. Dan seperti manusia pula, jika gagak berpindah lokasi dan bergabung dengan kelompok lain, gagak tersebut bisa menyesuaikan diri dengan logat setempat lho!

3. Seperti beo dan kakatua, gagak bisa menirukan suara manusia

5 Fakta Unik Burung Gagak, Si Pembawa Sial yang Ternyata Cerdas!

Selama ini burung yang terkenal bisa menirukan suara manusia adalah beo dan kakatua. Tapi tahukah kamu bahwa gagak juga bisa melakukannya? Bahkan bukan cuma suara manusia, gagak yang dipelihara bisa menirukan suara-suara lain, misalnya suara mesin mobil, suara toilet, dan suara binatang-binatang lain. Wow!

4. Gagak adalah sibling goal sekaligus anak berbakti

5 Fakta Unik Burung Gagak, Si Pembawa Sial yang Ternyata Cerdas!

Ada banyak hewan yang terkenal sebagai induk atau orangtua yang baik. Tapi bagaimana dengan saudara yang baik? Mungkin gagak adalah juaranya. Ilmuwan mengamati bahwa gagak remaja ternyata sering membawa makanan ke sarang untuk adiknya yang baru menetas, sesuatu yang biasanya hanya dilakukan oleh induk burung. Wah, sibling goal banget kan?

Gak cuma itu, gagak juga ternyata bisa berbakti kepada orangtua lho! Selain untuk adik-adiknya, gagak juga bisa membawakan makanan untuk orang tuanya, dan juga menjaga sarang orangtuanya dari serangan predator. Tuh kan, gagak aja berbakti, jadi kamu juga harus berbakti pada orangtua ya!

5. Gagak bisa menaruh dendam

5 Fakta Unik Burung Gagak, Si Pembawa Sial yang Ternyata Cerdas!

Kalau suatu saat kamu bertemu gagak, jangan diganggu ya. Bukan saja karena hal itu tidak baik, tapi juga karena si gagak bisa dendam kepadamu! Ya, si burung cerdas ini terbukti bisa mengenali dan mengingat wajah manusia lho.

Uji coba ilmuwan menunjukkan bahwa ketika seekor gagak diperlakukan tidak baik, gagak tersebut akan menyerang si pelaku, bahkan mengajak teman-temannya untuk menyerang bersama. Lalu 7 tahun kemudian, gagak tersebut masih mengenalinya dan lagi-lagi menyerang sambil dibantu teman-temannya! Makanya, jangan macam-macam dengan gagak ya.

Itulah lima fakta unik dari gagak, si burung hitam yang ternyata sangat cerdas. Gimana, ternyata gagak itu keren kan? Jadi jangan pernah berprasangka buruk terhadap burung cantik ini ya!

Cari Artikel Lainnya