0
19
0
Tips Lebaran Tetap Asyik Meski Tanpa THR
2 weeks 'ago'

Lebaran memang momen yang tepat untuk merayakan kebahagiaan bersama keluarga dan sanak saudara. Kita juga bisa berbagi angpao Lebaran untuk anak-anak kecil, bahkan orangtua.

Pengeluaran yang banyak untuk Lebaran menjadi tidak masalah karena ada Tunjangan Hari Raya (THR) tahunan. Sayangnya, tidak semua mendapatkan THR saat menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Ada banyak penyebab kenapa seseorang tidak mendapatkan tunjangan hari raya, mulai dari masa kerja belum mencukupi atau karena memang bukan pekerja yang sesuai dengan ketentuan untuk memperoleh THR. Apapun itu, sejatinya Lebaran tetap bisa dirayakan dengan asyik meski tak mendapatkan THR.

Tidak mendapatkan THR untuk hari raya, bukan berarti Lebarannya dibatalkan. THR hanya sejumlah uang tambahan selain gaji yang diberikan pada pekerja setahun sekali.

Nah, jika tidak mendapatkan THR, kita masih bisa merayakan Lebaran dengan meriah dan asyik. Caranya? Jangan risau dan berkecil hati, berikut cara merayakan Lebaran dengan asyik meski tanpa memperoleh THR.

1. Menabung Khusus untuk Uang THR Sendiri dari Jauh-jauh Hari 

Karena tidak mendapatkan THR dari tempat bekerja, maka kita harus menyiapkan dana THR sendiri. Caranya, siapkan dana tersebut jauh-jauh hari dengan membuat tabungan khusus untuk Lebaran. Setidaknya 1 tahun sebelum Lebaran tiba.

Anda bisa menghitungnya kebutuhan Lebaran dengan membuat anggaran dan menuliskan kategori biaya apa saja yang diperlukan. Anda bisa sisihkan sebagian dari gaji Anda untuk disimpan dengan berbagai cara seperti tabungan khusus, investasi emas, atau dimasukkan ke dalam celengan di rumah, sesuai keinginan Anda.

2. Memanfaatkan Dana Lebih 

Coba cek keadaan keuangan Anda, apakah ada dana lebih? Biasanya dana lebih ini muncul dari sisa pengeluaran, seperti perbaikan kendaraan, renovasi rumah, belanja, dan sebagainya.

Jika memungkinkan, Anda bisa menggunakan dana lebih itu untuk THR Lebaran nanti. Untuk lebih teratur, tetap buatkan dahulu anggarannya.

3. Tidak Ada Sumber Dana, Berhematlah! 

Mau tidak mau, Anda harus berhemat jika belum bisa menganggarkan khusus untuk THR atau mengambil dari dana berlebih. Cek kembali pengeluaran Anda, apakah ada yang bisa dikurangi untuk berhemat.

Anda bisa menunda kebutuhan Lebaran yang besar. Anda bisa mengutamakan kewajiban menjelang Lebaran, seperti membayar zakat dan sedekah. Sebaiknya memilih menu makanan yang simple dan sederhana untuk lebaran. Fokus untuk memenuhi kebutuhan bulan berikutnya.

Berhemat dan Rayakan Lebaran dengan Suka Cita

Tanpa THR, bukan berarti kita tidak bisa merayakan hari raya dengan maksimal. kita masih bisa menyiasatinya dengan berhemat terhadap pengeluaran-pengeluaran yang bukan utama. Buatlah anggaran THR sendiri, yang sesuai keperluan Anda. Hindari pengeluaran yang bisa ditunda, agar Anda masih bisa fokus untuk memenuhi kebutuhan di bulan berikutnya, setelah Lebaran usai. Rayakan Lebaran dengan suka cita bersama keluarga secara sederhana.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow