0
75
0
5 Menu Selain Opor yang Cocok Disajikan Bersama Ketupat Saat Lebaran
4 months 'ago'

Ketupat dan opor ayam merupakan salah satu hidangan yang paling sering disajikan pada momen hari raya Idul Fitri. Perayaan Lebaran juga tak pernah lepas dari acara silaturahim dan makan bersama. Opor ayam sebenarnya termasuk menu favorit yang memiliki cita rasa menggoyang lidah. Akan tetapi, kalau setiap kamu mengunjungi rumah sanak saudara dan selalu disuguhkan dengan opor ayam, lama kelamaan kamu pasti juga menjadi bosan.

Nah, gak ada salahnya lho kamu menyajikan menu lain selain opor ayam. Bingung memilih menu apa yang cocok disajikan bersama ketupat? Jangan khawatir, berikut ini ada rekomendasi hidangan yang cocok disajikan bersama ketupat saat Lebaran.

1. Rendang

Di sejumlah daerah di Indonesia, rendang menjadi menu yang wajib dihidangkan di hari raya Idul Fitri bersama ketupat. Bumbu yang kuat dan rasa yang khas membuat sajian ini cocok jika disantap bersama ketupat. Cocok banget disajikan saat Lebaran.

2. Sayur lodeh

Terbuat dari berbagai macam bahan nabati seperti nangka muda, tahu, tempe, dan kacang panjang membuat sayur lodeh bisa menjadi menu yang lebih menyehatkan daripada opor ayam. Ditambah kuah santan pada lodeh sukses membuat masakan ini menjadi pasangan yang pas dengan ketupat.

3. Gulai kambing

Lezat dan gurihnya daging kambing serta cita rasa yang kuat nan khas dari kuah gulai membuat gulai kambing cocok dijadikan sajian di hari istimewa. Apalagi ketika disajikan bersama dengan ketupat, perpaduan keduanya dijamin membuat perayaan Lebaran tahun ini terasa lebih istimewa.

4. Soto

Buat kamu yang sedang menghindari kuah santan, soto bisa jadi alternatif pengganti opor ayam yang bisa kamu sajikan bersama dengan ketupat. Saat kebanyakan tetangga dan kerabatmu memasak berbagai makanan berat berkuah santan, gak ada salahnya kamu membuat menu yang lebih ringan dan sehat seperti soto. Dijamin, hidangan Lebaran di rumahmu bakal jadi yang paling berbeda.

5. Semur Betawi

Hidangan khas dari daerah Jakarta ini hampir dipastikan selalu ada di atas meja makan orang Betawi setiap hari raya Idul Fitri. Menggunakan bumbu yang kuat dan khas serta daging bertekstur lembut, membuat semur Betawi ini terasa lezat dan gurih. Terlebih jika disajikan bersama dengan ketupat pada momen perayaan Lebaran, dijamin acara Lebaranmu terasa makin spesial.

Jadi, mana yang akan kamu sajikan saat Lebaran nanti?

Follow Us On :
Ranking
1
Lencana
Kongkow