0
37
0
10 Profesi Ini Sangat Menyehatkan, Terbukti Membuat Kamu Jarang Sakit
4 months 'ago'

Kesehatanmu sedikit banyak pasti berhubungan dengan pekerjaan yang kamu lakukan. Buktinya saat kamu bekerja di sebuah perusahaan, kamu mendapatkan asuransi kesehatan. Benar bukan?

Di sisi lain, asuransi juga bisa mengindikasikan seberapa tinggi risiko penyakit yang bisa kamu dapatkan dalam profesi itu. Berikut ini adalah pekerjaan-pekerjaan yang sekiranya paling sehat dan jarang terkena penyakit.

1. Petani

Petani banyak melakukan pekerjaan fisik. Walaupun seharian melakukannya, namun itu meninggikan tingkat fitness. Selain itu petani juga kebanyakan memakan makanan yang segar, tidak yang terproses seperti orang-orang kota dan sering diasosiasikan dengan risiko penyakit. Belum lagi ditambah petani sering berada di luar ruang, membuat mereka mendapatkan udara segar.

2. Instruktur fitness

Ini sudah jelas profesi yang secara otomatis akan menyehatkan mereka yang bekerja. Seorang instruktur fitness tentu saja harus paham dengan praktik-praktik untuk melatih badan dan untuk menguasai hal itu, mereka juga harus melatih tubuhnya sendiri. Hampir tidak mungkin dan meyakinkan kalau seorang instruktur fitness memiliki tubuh yang obesitas.

3. Software engineer

Ini mengagetkan, tapi ada buktinya. Sebagai pekerjaan yang sering kali berhadapan dengan layar dan duduk di kursi selama berjam-jam, iya, itu tidak sehat.

Namun Google bisa menapis hal itu. Dengan menyediakan adanya ruang olahraga, meja berdiri dan sebagainya, permasalahan kesehatan mereka bisa hilang. Selain itu rata-rata software engineer suka dengan apa yang mereka kerjakan jadi pekerjaan ini jelas bisa jadi menyehatkan.

4. Nutrisionis

Bukan berarti seorang nutrisionis memiliki akses yang lebih luas untuk menjangkau makanan sehat ketimbang yang lain. Mereka hanya memiliki pengetahuan yang lebih luas terkait nilai gizi, membuat mereka sendiri bisa lebih baik dalam memilih makanan dan lebih memungkinkan menjalankan diet sehat. Bekerja sebagai nutrisionis membuatmu menjalin hubungan yang sehat dengan makanan.

5. Instruktur yoga

Mirip dengan instruktur fitness, namun perbedaannya instruktur yoga lebih berfokus pada ketenangan pikiran ketimbang pembentukan bentuk badan. Banyak pekerjaan yang menekan, tetapi tidak demikian dengan satu ini. Sebagai seorang instruktur, kamu akan banyak menghabiskan waktumu meningkatkan mental dan kesehatan fisik orang lain yang pastinya berpengaruh ke diri sendiri.

6. Dosen

Dalam hal ini lebih mengarah kepada mereka yang mendapatkan jabatan profesor di sebuah kampus. Mereka tergolong pekerjaan paling menyehatkan karena rendahnya tekanan di pikiran. Salah satu faktor penyebab yang merendahkan beban itu adalah tingginya gaji, lingkungan yang menyenangkan, serta jam kerja yang cukup bebas.

7. Tukang kebun pertamanan

Tukang kebun pertamanan juga punya aktivitas fisik yang cukup tinggi. Mereka juga sering menghabiskan waktu di luar, membuatnya sering terpapar cahaya matahari. Sebenarnya berada di luar ruangan, khususnya di taman, dapat menenangkan pikiran dan secara tidak sadar melakukan meditasi secara alami.

8. Pegawai perusahaan kecil

Menjadi seorang pegawai dari bisnis yang kecil sebenarnya memiliki ikatan hubungan yang lebih dekat dengan perusahaannya sendiri. Itu membuat mereka lebih terinspirasi dan dihargai, dan itu baik bagi kesehatan mental. Studi di Amerika saat 2012 mencatat perusahaan lokal memiliki tingkat kesehatan pegawai yang lebih tinggi daripada rata-rata.

9. Chiropractor

Atau semacam dokter tulang. Ada beberapa alasan yang membuat mereka pemilik profesi chiropractor menjadi sehat. Yang pertama, seorang chiropractor tidak duduk sepanjang hari. Mereka aktif bergerak karena harus membenarkan tubuh klien. Yang kedua, rata-rata chiropractor bekerja sendiri dan tidak memiliki bawahan ataupun bos. Itu menjadikan mereka tidak mendapatkan stres dari pekerjaan.

10. Penjual bunga

Ini juga akan menjadi karir yang mengagetkanmu, tetapi kenyataannya memang penjual bunga cenderung senang dan sehat. Alasan utamanya adalah menjadi penjual bunga harus menguasai tentang bunga itu sendiri dan itu membuat mereka lebih dekat dengan alam. Kedekatan itu merendahkan tingkat stres serta tekanan darah. Belum lagi penjual bunga juga sering bertemu dengan orang lain dan itu adalah hal yang positif.

Itulah pekerjaan yang dirasa paling sehat. Tentu saja masalah sehat atau tidaknya tergantung dari budaya atau tempat asal pekerjaan itu. Software engineer bisa menjadi pekerjaan yang paling tidak menyehatkan jika pihak perusahaan tidak peduli dengan kesehatan karyawannya.

Petani tidak bisa menjadi sehat jika bahan pangan yang diproduksi olehnya dihargai rendah sehingga susah membeli makan. Semuanya sangat tergantung situasi dan kondisi.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow