0
65
0
7 Persiapan Wajib Yang Harus Kamu Persiapkan Menjelang Lebaran
3 months 'ago'

Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia, setelah berpuasa selama satu bulan penuh. Menjelang Lebaran tentu ada banyak persiapan yang harus kamu siapkan untuk menyambut hari kemenangan yang akan segera tiba. Apa saja? Intip persiapan lebaran yang wajib disiapkan berikut ini yuk!

Lebaran semakin dekat, namun masih banyak yang belum siap untuk menyambutnya dikarenakan masih banyak yang disibukkan dengan rutinitas kerja. Dalam menyambut Hari Lebaran, tentunya ada banyak hal yang harus dipersiapkan, Sobat. Untuk mempersiapkan beberapa hal menjelang lebaran tersebut tentunya membutuhkan biaya. Bagi Sobat yang sudah mendapatkan THR (Tunjangan Hari Raya) ini bisa dimanfaatkan untuk persiapan lebaran. Namun, kamu harus cermat menggunakannya.

Agar uang THR kamu tidak cepat habis, tentunya kamu harus membuat daftar persiapan apa saja yang harus kamu siapkan untuk Hari Raya Idul Fitri. Nah, Tunai Kita punya ulasan mengenai persiapan yang harus kamu siapkan menjelang lebaran. Simak ulasannya berikut ini ya.

Persiapan Lebaran 2019 yang Harus Disiapkan

1. Zakat

Zakat merupakan suatu kewajiban bagi umat islam. Nah, sebaiknya kamu persiapkan zakat sebelum lebaran tiba. Pisahkan biaya untuk membayar zakat, sebelum uang THR kamu digunakan untuk keperluan lain. Lakukan hitungan setidaknya seminggu sebelum lebaran tiba, hitungan berapa persen dari keuangan kamu yang mau dialokasikan untuk zakat. Usahakan mencatatkan pengeluaran dengan sebaik mungkin agar hal ini tidak terlewat.

2. Makanan Lebaran

Mempersiapkan makanan untuk Lebaran tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Mulai dari biaya untuk kue lebaran, bahan-bahan makanan untuk lebaran, hingga makanan ringan untuk disajikan pada saat hari Lebaran. Nah, untuk hal ini kamu tentunya harus mempersiapkan budget khusus. Agar lebih hemat, kamu bisa memasak makanan untuk Lebaran sendiri dan membuat kue Lebaran sendiri di rumah. Tentukan budget untuk mempersiapkan makanan Lebaran, kamu bisa membuat daftar belanjaan yang dibutuhkan. Agar lebih hemat, kamu bisa memanfaatkan promo atau diskon saat berbelanja.

3. Baju Baru

Baju Lebaran sudah menjadi tradisi orang Indonesia membeli baju baru untuk dipakai di Hari Raya Idul Fitri. Tidak hanya pakaian, biasanya dibarengi dengan membeli sepatu baru dan macam-macam aksesoris untuk menyempurnakan penampilan kamu di Hari Lebaran. Tidak heran banyak toko-toko pakaian di pusat perbelanjaan yang menawarkan promo menarik atau potongan harga yang menggiurkan, yang sayang jika kamu lewatkan. Untuk itu, siapkan dana tersendiri untuk keperluan baju lebaran, namun jangan sampai kamu lupa diri ya. Yang ada uang THR kamu akan habis hanya untuk baju lebaran.

4. Mudik

Mudik menjadi salah satu tradisi Lebaran yang paling menyenangkan, khususnya bagi para perantau. Karena bisa berkumpul bersama keluarga tercinta di kampung halaman saat Lebaran nanti.  Namun, banyak dari para perantau yang tidak bisa mudik karena keterbatasan finansial, dikarenakan harga tiket yang semakin mahal. Untuk itu, kamu bisa mempersiapkan dana khusus untuk mudik dengan menyisihkan sebagian uang THR kamu.

Pilih transportasi apa yang ingin kamu gunakan untuk mudik, jika kamu memilih menggunakan kendaraan pribadi hitung jumlah pengeluaran bensin yang akan kamu habiskan. Jika kamu menggunakan transportasi umum, seperti pesawat atau kereta api. Kamu bisa menyiasatinya dengan mencari tiket promo agar lebih hemat.

5. Angpao THR

Ini juga penting untuk kamu siapkan menjelang Lebaran. Berbagi kebahagian dengan membagikan angpao THR untuk keluarga, mulai dari Kakek, Nenek, hingga keponakan. Tidak perlu memperhatikan besar kecilnya THR yang akan kamu berikan, tapi makna berbagi yang perlu kamu ingat.

6. Menghias Rumah

Mempercantik hunian dengan ornamen spesial lebaran atau kamu bosan dengan warna cat tembok rumah yang sudah mulai kusam? Nah, Sobat momen Lebaran bisa menjadi waktu yang tepat untuk kamu mempercantik rumah. Menghias rumah dengan ornamen Lebaran akan memberikan suasana baru yang lebih indah. Untuk itu, kamu bisa siapkan budget khusus untuk menghias rumahmu di Hari Lebaran nanti.

7. Dana Darurat

Hal terakhir yang harus kamu siapkan menjelang Lebaran yaitu dana darurat. Pasalnya, kamu tidak akan pernah tahu kapan akan membutuhkan dana darurat. Kamu bisa menyiapkan dana darurat dalam bentuk tunai maupun di bank. Jika kamu menyimpannya di bank, pastikan bank tersebut tersedia di kampung halaman kamu. Jika uang THR dan uang gaji per bulan yang kamu dapatkan habis untuk keperluan lebaran, lalu dari mana kamu bisa mendapatkan dana darurat? Tenang Sobat, mengajukan pinjaman online bisa menjadi solusi yang pas untuk kamu yang membutuhkan dana darurat. Prosesnya yang cepat dan mudah akan sangat membantu kamu untuk melakukan pinjaman, kamu pun bisa mengajukan pinjaman kapan dan di mana saja.

Salah satunya TunaiKitaTunaiKita merupakan aplikasi pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK sehingga terjamin keamanannya. Pinjaman yang diberikan mulai dari Rp500 ribu hingga Rp20 juta dengan tenor yang diberikan hingga 6 bulan.

Ada dua jenis pinjaman yang bisa kamu pilih, yaitu jangka pendek dan cicilan. Kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhanmu. Jenis pinjaman jangka pendek dan cicilan terbagi lagi dari beberapa produk. Untuk pinjaman jangka pendek terdiri dari:

1. Sakti

Kamu bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp. 500 ribu hingga Rp. 5 juta dengan tenor 10-30 hari. Serta biaya jasa harian 0,4% hingga 0,5%. Jika kamu melakukan pembayaran kamu bisa mendapatkan yang namanya TK$ Rewards sebesar 4%  berlaku untuk pinjaman selanjutnya.

2. Fast

Sedangkan produk Fast, tidak jauh berbeda dengan Sakti. Kamu bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp. 500 ribu hingga Rp. 5 juta dengan tenor 10 hingga 30 hari. Dengan biaya jasa harian sebesar 0,5%. Kamu juga akan mendapatkan TK$ Rewards sebesar 4% berlaku untuk pinjaman selanjutnya.

Sedangkan untuk produk cicilan yang bisa kamu ajukan yaitu:

3. Sakti+

Jumlah pengajuan yang bisa kamu ajukan mulai dari Rp. 4 juta hingga Rp. 20 juta dengan tenor 3 hingga 6 bulan. Biaya jasa harian yang dikenakan 2,75% hingga 7,75%. Sama dengan produk jangka pendek kamu juga bisa mendapatkan TK$ Rewards sebesar 2% berlaku untuk pinjaman selanjutnya.

4. Premiere+

Produk berikutnya, jumlah pengajuan mulai dari Rp. 4 juta hingga Rp. 20 juta dengan tenor 3 hingga 6 bulan. Dengan biaya jasa harian yang dikenakan sebesar 3% hingga 8%. Dan kamu akan mendapatkan TK$ Rewards sebesar 3% yang berlaku untuk peminjaman selanjutnya.

Persiapkan Keperluan dengan Matang

Nah Sobat, yuk persiapkan beberapa hal di atas mulai dari sekarang, jangan sampai saat Hari Lebaran tiba kamu tidak ada persiapan apapun. Pikirkan juga dengan matang rencana keuanganmu menjelang Lebaran. Catatlah semua pengeluaran yang kamu butuhkan.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow