0
24
0
Mengenal VPN dan fungsinya Dalam Akses Internet, Amankah?
3 weeks 'ago'

Virtual Private Network atau VPN adalah layanan yang memungkinkan pengguna untuk mengakses situs secara pribadi melalui server jaringan lain. Dengan kata lain, VPN menghubungkan komputer atau telepon genggam ke perangkat lain di tempat yang berbeda sehingga kamu bisa mengakses internet menggunakan koneksinya.

Dahulu, VPN lebih sering digunakan oleh perusahaan atau organisasi untuk melindungi data yang sensitif. Kini, layanan ini semakin banyak digunakan untuk mengakses situs yang memiliki batasan wilayah atau koneksi.

Lalu, apa saja kegunaan VPN?

Semakin banyak orang menggunakan VPN saat mengakses internet. Pasalnya, layanan ini memiliki beberapa kegunaan, antara lain:

  • Menyembunyikan atau mengubah alamat IP
  • Melindungi data yang ditransfer melalui WiFi publik
  • Menyembunyikan aktivitas browsing dari pengguna lain yang hendak memantaunya
  • Menyembunyikan lokasi sehingga kamu bisa mengakses konten yang dibatasi dalam beberapa negara
  • Melindungi pengguna dari hotspot WiFi yang tidak meyakinkan
  • Mengakses situs yang diblokir
  • Membuat pengguna menjadi anonim
  • Mencegah upaya masuk (log in) dari pengguna lain saat melakukan torrent

Sebagian besar pengguna VPN memanfaatkan layanan ini untuk mengakses situs yang diblokir serta konten yang dibatasi pada negara tertentu. Meskipun VPN dapat melindungi data saat kamu menggunakan WiFi publik, tidak banyak lagi yang menggunakan VPN untuk tujuan ini.

Bagaimana cara kerja VPN?

Saat kamu menghubungkan komputer, telepon genggam, atau gawai lainnya ke VPN, layanan ini langsung mengenkripsi data pada perangkat yang gunakan. Proses enkripsi bahkan jauh lebih cepat dibandingkan penyedia layanan internet yang terdapat pada WiFi.

Data dikirimkan melalui sambungan yang aman menuju VPN, kemudian diteruskan menuju destinasi online seperti situs atau aplikasi. Beragam destinasi ini menganggap bahwa data yang datang berasal dari server dan lokasi VPN, bukan dari lokasi aslimu.

Misalnya, kamu mungkin tinggal di Jakarta, tapi layanan VPN yang kamu gunakan bisa berasal dari Amsterdam, Singapura, atau kota lainnya di seluruh dunia. Lokasi inilah yang akan terdeteksi oleh destinasi online.

VPN merupakan pihak ketiga yang menghubungkanmu dengan situs yang hendak kamu akses. Data yang kamu kirimkan tidak dianggap berasal dari lokasi asal sehingga tidak ada yang bisa mengenali perangkatmu maupun sumber asal data.

Apakah VPN aman digunakan?

Aman atau tidaknya VPN tergantung pada jenis layanan VPN yang kamu gunakan. Setiap penyedia layanan VPN tentunya memiliki keunggulan dan tingkat keamanan yang berbeda.

Faktor yang memengaruhi keamanan VPN di antaranya:

  • Batasan teknologi yang dimiliki penyedia layanan VPN. Semakin aman protokol yang digunakan, maka semakin aman pula layanan VPN secara keseluruhan.
  • Batasan hukum dan kebijakan yang berlaku atas fungsi yang dapat dijalankan oleh layanan VPN. Semua penyedia layanan VPN akan berusaha sekeras mungkin untuk melindungi data dan privasi pengguna, tapi mereka tetap harus tunduk terhadap hukum yang berlaku.

Tergantung hukum yang berlaku pada negara tersebut, penyedia VPN bisa saja harus menyerahkan data mengenai aktivitas kamu di internet bila diperlukan. Beberapa negara juga dapat memiliki perjanjian internasional mengenai informasi pengguna internet.

Jadi, keamanan VPN hanya terjamin apabila penyedia layanan ini mau sekaligus mampu menjaga seluruh informasi tetap pribadi dengan cara yang legal. Tanpa adanya perjanjian hukum, layanan VPN menjadi ilegal.

Cara memilih layanan VPN

Kamu dapat menggunakan layanan VPN dari lingkungan kerja, mengadakannya di rumah, ataupun membuat server-nya sendiri. Namun, salah satu cara yang paling banyak digunakan adalah dengan memanfaatkan penyedia layanan VPN.

Layanan VPN tersedia secara gratis maupun berbayar. Kamu bisa mengunduhnya untuk Windows, Mac, Android, maupun iPhone. Fungsi dasar layanan VPN biasanya gratis, sedangkan fungsi lainnya yang lebih rumit terdapat pada layanan VPN berbayar.

Ada berbagai jenis penyedia layanan VPN yang bisa kamu akses secara gratis, seperti ExpressVPN, Tunnelbear, dan StrongVPN. Masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

VPN adalah layanan dengan banyak kegunaan. Tidak hanya membantu kamu mengakses situs tertentu, layanan ini juga dapat melindungi data-datamu selama aktivitas browsing.

Setelah memahami apa itu VPN, langkah selanjutnya adalah menentukan penyedia layanan VPN yang tepat. Pilihlah penyedia layanan VPN sesuai kebutuhanmu agar keunggulannya dapat terasa secara maksimal.

Follow Us On :
Ranking
1
2
azzahra
115
3
4
5
Lencana
Kongkow