0
23
0
5 Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Berangkat Mudik, Penting!
4 weeks 'ago'

Puasa Ramadan tinggal beberapa hari lagi, itu artinya lebaran pun sudah bisa dihitung dengan jari. Tidak terasa sebentar lagi masyarakat Indonesia akan merayakan hari kemenangan dengan melakukan tradisi tahunan, yaitu mudik ke kampung halaman. Meninggalkan kota besar dan menuju kampung halaman.

Namun, mudik bukan hanya tentang ke mana dan bersama siapa. Ada banyak persiapan yang harus dilakukan menjelang mudik nantinya. Terlebih saat perjalanan yang harus ditempuh tidaklah sebentar, sudah pasti ada banyak hal yang perlu dipersiapkan.

Buat kamu yang mau mudik, perhatikan 5 persiapan ini, ya sebelum berangkat!

1. Mempersiapkan barang pribadi

Yang pertama dan paling diingat adalah barang pribadi. Seberapa lama kamu akan pergi dan menetap di kampung halaman, tentu harus diperhitungkan dengan barang apa saja yang akan kamu bawa.

Termasuk jika ada rencana untuk berlibur bersama sanak saudara nantinya. Sebelum melakukan packing pakaian ke dalam tas atau koper. Ada baiknya untuk menuliskan barang apa saja yang akan dibawa. 

Buatlah prioritas barang yang akan kamu bawa. Jika kamu bisa meminimalisir barang bawaan bukan tidak mungkin perjalananmu akan lebih nyaman. Sebab koper yang terlalu besar atau terlalu berat, akan menyusahkanmu selama perjalanan. Tidak perlu semua yang ingin kamu bawa benar-benar kamu boyong ke kampung halaman. Jika dirasa bisa membeli di sana, ada baiknya tidak memberatkanmu.

2. Melakukan bersih-bersih rumah

Meninggalkan rumah selama hampir sepekan, sudah pasti akan menyisakan debu dan kotoran lain di sudut-sudut rumah. Terlebih saat pembantu rumah tangga sudah mulai cuti beberapa hari sebelum Hari Raya tiba. Ada baiknya untuk membersihkan rumah lebih dulu sebelum melakukan mudik.

Ajak setiap anggota keluarga untuk bergotong royong membersihkan rumah. Mulai dari ruangan bersama sampai ruangan pribadi. Hal ini pun akan meringankan beban saat tiba waktunya untuk kembali ke rumah. Kamu dan orang rumah lain juga tidak akan kepikiran saat menikmati liburan nantinya.

3. Menyelesaikan semua tugas

Tentu saja minggu ini adalah minggu terakhir para pekerja berjibaku dengan tumpukan tugas sebelum akhirnya menikmati liburan. Setidaknya jika pekerjaan tidak benar-benar selesai, namun tugas yang dibutuhkan segera sudah tuntas kamu kerjakan. Tidak mungkin kamu membawa peralatan kerja saat pulang kampung. Kamu akan menghabiskan waktu bersama keluarga daripada menyentuh pekerjaan.

Alih-alih memikirkan liburan yang menyenangkan, ada baiknya kamu mulai menyelesaikan setiap tugasmu satu persatu. Tidak ada salahnya melanjutkan pekerjaan selepas kamu menunaikan ibadah tarawih di malam hari. Demi liburan yang tidak terganggu dengan deadline yang tidak berubah.

4. Cek lagi transportasi yang digunakan

Sebelum melakukan perjalanan panjang, ada baiknya kamu memeriksa kendaraanmu terlebih dahulu. Melakukan service ataupun cek lainnya. Hal ini akan membantu perjalanan terhindar dari berbagai kecelakaan dan kesulitan lainnya. Selain itu jangan lupa memeriksa kembali tiket yang akan kamu gunakan apabila kamu menggunakan transportasi umum. 

Melakukan semua ini bisa beberapa hari menjelang waktu mudik. Sebab, nantinya kamu akan lebih nyaman dan lebih fokus pada perjalanan. Jangan terlena dengan bayangan akan liburanmu. Namun juga pikirkan bagaimana perjalananmu nantinya.

5. Pemeriksaan kesehatan

Selain memeriksakan kendaraan ataupun tiket transportasi umum, kamu juga bisa mulai memeriksakan kondisi kesehatanmu. Tidak ada salahnya jika kamu melakukan hal ini jauh sebelum waktu mudikmu. Sebab kamu akan melakukan perjalanan panjang terlebih di saat kamu sedang berpuasa.

Jika kamu melakukan medical check up, bisa jadi ada saran asupan atau vitamin dari dokter yang bisa membantumu menjaga kesehatan selama perjalanan. Kamu pun bisa membawa obat-obatan pribadi selama perjalanan mudikmu nanti. Sebab, tidak akan ada yang menduga jika kondisimu bisa saja menurun selama di perjalanan.

Nah, jangan sampai luput untuk mempersiapkan 5 hal di atas ya sebelum mudik. Semoga perjalananmu menyenangkan dan selamat sampai tujuan!

Follow Us On :
Ranking
1
2
azzahra
115
3
4
5
Lencana
Kongkow