0
17
0
6 Aktivitas Online Penambah Pahala Jelang Akhir Ramadan, Yuk Terapkan!
4 weeks 'ago'

Tanpa terasa bulan Ramadan sebentar lagi akan berakhir. Selama sebulan penuh berpuasa dan beribadah, kira-kira kamu sudah mengumpulkan pahala seberapa banyak?

Nah, jelang akhir bulan Ramadan, masih ada kesempatan nih buat kamu untuk panen pahala. Terutama buat kamu yang kesehariannya gak bisa lepas dari gadget dan beraktivitas online. Apa saja kegiatannya? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Membuat konten positif

Kamu punya akun media sosial atau blog pribadi dan suka menulis? Artinya, kamu bisa gunakan dua hal tersebut untuk menciptakan tulisan atau konten bermanfaat. Gak mesti menyangkut tentang bulan Ramadan, kok. Kamu bisa menulis dengan tema apa pun asal kandungan tulisanmu positif dan tidak memicu kontroversi.

Selain tulisan, kamu pun bisa membuat konten positif lain dalam bentuk foto, video, atau vlog.

2. Share atau re-post unggahan bernilai positif

Sebaliknya, kalau kamu sulit menuangkan ide dan pikiran lewat tulisan atau bentuk konten lainnya, kamu bisa lakukan share atau re-post unggahan bermanfaat yang kamu jumpai saat sedang beraktivitas online. Tapi ingat, jangan main copy-paste karya orang lain, ya. Apalagi sampai menghilangkan nama pembuat karya asli atau mengakuinya sebagai karyamu. Big no!

3. Melakukan window donation

Jika biasanya kamu kerap window shopping di mall atau marketplace, coba deh sesekali kamu lakukan window donation. Aktivitas ini mengajakmu untuk mengunjungi website atau aplikasi donasi yang isinya tentang orang-orang yang membutuhkan uluran bantuan kamu.

Harapannya setelah kerap window donation, hati kamu akan lebih sering tergerak untuk membantu sesama yang membutuhkan donasi kamu.

4. Mengikuti tantangan kebaikan Ramadan

Belum terlambat buat kamu untuk ikutan tantangan melakukan kebaikan di bulan Ramadan. Biasanya, banyak akun tertentu di Instagram yang mengajak pengguna Instagram mengikuti challenge yang dibuatnya. Misalnya, tentang sedekah setiap hari, menulis konten positif selama sepekan, atau jenis tantangan lainnya.

5. Mengikuti kajian online di channel YouTube

Apa sih yang gak ada di Youtube? Dari mulai vlog para vlogger terkenal, resep masakan, hingga tausiah para pendakwah. Jika kamu belum berkesempatan mendatangi kajian langsung, sempatkan untuk mengikuti kajian online, yuk. Banyak sekali channel di YouTube yang mengunggah kajian para ustaz/ustazah kondang. Dengan rutin mengikuti tausiah mereka, tentu bakal menambah pahala dan wawasanmu seputar agama.

6. Hitung zakat dan bayar zakat secara online

Terakhir, kamu bisa memanfaatkan beberapa layanan online untuk menghitung berapa zakat yang harus kamu keluarkan. Jangan sampai hartamu yang sudah mencapai nisab tidak dibersihkan dengan membayar zakat, ya.

Gimana, cukup mudah dan banyak kan peluang untuk mendulang pahala di bulan Ramadan dari beraktivitas online? Selagi ada kesempatan berbuat kebaikan, segera lakukan! Mumpung masih bulan Ramadan, pahalamu akan berlipat-lipat digandakan. Insya Allah.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow